Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mengganti Nama dan Alamat Email Default WordPress

Memiliki situs website atau blog yang dibangun dengan WordPress maka secara otomatis Anda akan memiliki fitur pengiriman email keluar. Namun nama pengirim email keluar dari WordPress masih menggunakan nama default milik WordPress.

nama-alamat-email-wordpress

Jika Anda saat ini masih menggunakan dan menerima nama email default WordPress yaitu “WordPress” sebagai nama pengirim dan Anda ingin mengubah nama pengirim default tersebut maka pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda 2 cara mengubah nama pengirim di WordPress email dengan nama yang sesuai dengan keinginan Anda. Dua cara tersebut yaitu menggunakan plugin dan menambahkan sedikit kode pada functions. Anda bisa mencoba salah satu yang menurut Anda mudah.

Baca : WordPress Popup – Plugin Untuk Membangun Daftar Email dan Media Sosial

Mengapa Anda Harus Ubah Default Nama Pengirim Email di WordPress?

Pada WordPress secara default nama pengirim adalah menggunakan nama ‘WordPress’ yang mengirimkan email dari alamat email dengan alamat seperti berikut (wordpress@namadomain.com).

Hal tersebut harus Anda ganti dikarenakan saat ini banyak program filter spam yang memblokir email dengan nama WordPress, email dengan nama WordPress tersebut biasanya langsung di masukkan pada folder Spam dan bahkan kadang-kadang juga langsung terhapus.

Selain itu dengan mengganti nama pengirim dan alamat email dari situs WordPress Anda menggunakan nama domain Anda atau nama dari merek Anda juga sangat penting, hal tersebut dapat menjadikan email Anda terlihat lebih profesional dan terpercaya di mata penerima email. Juga dapat meningkatkan keaslian merek Anda dan meningkatkan pengenalan nama di kalangan pengguna Anda. Nama email ini sangat berpengaruh dengan bisnis Anda.

Karena pentingnya nama sebuah pengirim email, silahkan untuk Anda melihat panduan dibawah ini untuk cara mengganti nama pengirim default dan alamat email di notifikasi email keluar pada WordPress.

Baca : Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Cara 1 : Mengubah default Nama Pengirim Email dengan Plugin

Plugin yang akan saya gunakan disini adalah CB Change Mail Sender yang gratis untuk Anda gunakan. Untuk menggunakan plugin tersebut hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin CB Change Mail Sender. Jika Anda belum paham cara instal plugin, maka silahkan baca artikel saya terlebih dahulu tentang Panduan lengkap cara install plugin WordPress.

Setelah plugin CB Mail Sender Anda aktifkan, Anda akan melihat item menu baru dengan nama “CB Mail Sender” di sidebar menu admin WordPress Anda. Dan silahkan klik menu tersebut untuk melakukan pengaturan plugin.

cb-change-mail-sender-settings

Pada halaman pengaturan tersebut tidak Anda pengaturan yang rumit tapi sangat sederhana sekali. Yang perlu Anda lakukan adalah hanya memasukkan nama dan alamat email Anda yang ingin Anda gunakan untuk nama dan alamat email keluar di situs WordPress Anda.

Setelah konfigurasi selesai Anda lakukan, jangan lupa untuk mengklik tombol “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan Anda.

Dan itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan plugin CB Mail Sender untuk mengaanti nama pengirim dan alamat email keluar. Dan sekarang Anda bisa mencoba untuk melakukan pengetesan apakah email Anda sudah berganti dengan nama yang sesuai dengan keinginan Anda.

Baca : Cara Cepat Menerjemahkan Email Pada Gmail

Cara 2: Mengubah Nama dan Alamat Email Manual

Cara kedua ini memang tidak semudah cara pertama dengan menggunakan plugin, karena cara ini mengharuskan Anda untuk menyisipkan kode ke file WordPress Anda. Jika Anda baru untuk menambahkan kode di WordPress, maka Anda harus berhati-hati.

Untuk mengganti nama dan alamat email pengirim, Anda hanya perlu menambahkan kode berikut dalam file functions.php yang terdapat pada tema WordPress yang Anda gunakan.

// Function to change email address

function wp_sender_email( $original_email_address ) {
    return 'johnmamad@centerklik.com';
}

// Function to change sender name
function wp_sender_name( $original_email_from ) {
	return 'John Mamad';
}

// Hooking up our functions to WordPress filters 
add_filter( 'wp_mail_from', 'wp_sender_email' );
add_filter( 'wp_mail_from_name', 'wp_sender_name' );

Silahkan copy dan paste kode diatas kedalam file function Anda, dan jangan lupa untuk mengganti nama dan alamat email dengan miliki Anda. Anda dapat mencoba melakukan pengetesan apakah sudah berubah dengan menambahkan user baru, mengubah password, atau tindakan lain yang dapat mengirim email pemberitahuan WordPress ke alamat email Anda.

Baca : Cara Mudah Membuat Email Template di WordPress

Saya berharap artikel ini membantu Anda dalam mengubah nama pengirim dan alamat email di email keluar WordPress. Silahkan ikuti panduan diatas dan pilih salah satu cara yang menurut Anda mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Mufi Muhammad

    min cara buat widget popular pos dan recent pos jadi satu itu gimana ya? share dong

    • gunain plugin popular post milik mythemeshop

Must Read...!
Theme WordPress JustBlue Responsive Free

Justblue adalah theme wordpress responsive gratis yang dirilis oleh MyThemeShop. Sebuah blog dengan standar...

Cara Membuat Maintenance Mode Pada WordPress

Saat Anda mengunjungi beberapa situs, tentunya Anda pernah mendapati situs yang memberikan pesan "Situs...

Close