How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Mengintegrasikan MailChimp dengan WordPress

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas 5 Platform layanan email marketing terbaik yang patut Anda coba, pada artikel tersebut saya menempatkan MailChimp pada posisi pertama karena memang itu adalah platform yang menurut saya terbaik dan pada kenyataanya memang MailChimp digunakan oleh banyak pengguna, selain itu MailChimp juga memiliki versi gratis yang menguntungkan bagi para pengguna karena mengijinkan pengguna gratis dengan subscribe sampai 2.000 dan mengirim email sebanyak 12.000 email per bulan. Tentu ini menjadikan MailChimp pilihan bagi pengguna pemula yang ingin mencoba layanan gratisnya, selain itu MailChimp juga memiliki interface yang user friendly sehingga pengguna pemula sekalipun dapat mengoperasikan MailChimp dengan mudah.

Bagi Anda seorang yang akan atau sudah terjun dalam bisnis online, membangun daftar email adalah penting karena dengan memiliki daftar email yang banyak akan semakin mudah bagi kita untuk mempromosikan produk atau layanan yang akan kita jual. Dan perlu Anda ketahui bahwa dengan cara ini akan bisa meningkatkan penjualan mencapai 40% dan itu adalah angka yang besar yang harus Anda terapkan dalam strategi marketing online yang Anda jalankan. Selain itu strategi pemasaran melalui email juga merupakan cara yang sangat efektif yang dapat meningkatkan profit dengan cepat. Tapi yang menjadi masalah adalah bagaimana menggabungkan atau mengintegrasikan MailChimp dengan website Anda? Jika Anda adalah pengguna WordPress dan saya tau WordPress merupakan platform web yang paling banyak digunakan di seluruh dunia begitu juga pengguna di indonesia, maka dari itu saya akan memberikan solusi untuk itu.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara termudah dalam mengumpulkan daftar email dari pengunjung blog WordPress Anda dan nantinya email tersebut akan terintegrasi dengan platform email marketing MailChimp. Dan caranya adalah menggunakan plugin MailChimp Form WD yang dibuat oleh pengembang Web Dorado.

MailChimp Form WD

Plugin MailChimp Form WD

MailChimp Form WD adalah plugin yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna WordPress dalam mengintegrasikan formulir subscribe dan unsubscribe dari layanan MailChimp dan mengelola daftar subscriber MailChimp langsung dari situs WordPress. Plugin MailChimp Form WD ini dibuat dengan cara yang user friendly agar memudahkan pengguna dalam melakukan setup karena sudah menggunakan drag and drop dan memudahkan pengguna dalam mengumpulkan calon pelanggan menjadi subscriber.

MailChimp Form WD

Beberapa hal penting yang bisa Anda dapatkan sesaat setelah menggunakan plugin MailChimp Form WD ini adalah :

  • Anda dapat memunculkan daftar subscriber MailChimp ke website Anda.
  • Anda dapat membangun formulir berlangganan / berhenti berlangganan tanpa batas dengan menggunakan daftar field MailChimp Anda.
  • Anda dapat mempublikasikan atau menampilkan formulir indah untuk membiarkan pengguna untuk berlangganan (atau berhenti berlangganan dari) daftar Anda.
  • Anda dapat mengelola alamat email berlangganan langsung dari website Anda, dan masih banyak lagi.

Plugin MailChimp Form WD ini dapat Anda gunakan secara gratis yang bisa Anda download langsung dari libary WordPress.org, dengan versi gratis Anda juga sudah bisa menggunakan banyak fitur seperti dapat memanfaatkan banyak untuk membuat form opt-in dan opt-out, Captcha field, Custom CSS, daftar MailChimp dan masih banyak lagi. Tapi jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap lagi agar Anda dapat membuat formulir yang lebih indah dengan 10 kustom template, terintegrasi dengan PayPal, menampilkan pop up, toolbar dan scrollbar maka Anda bisa mengupgrade plugin MailChimp Form WD versi PRO.

Dan berikut ini adalah fitur lengkap yang bisa Anda dapatkan dari plugin MailChimp Form WD :

  • Unlimited opt-in and opt-out forms
  • Mobile-friendly design
  • MailChimp list integration and management
  • Captcha fields
  • Conditional formatting
  • Actions after submissions
  • Customizable messages after submission
  • Submissions management
  • Submissions export (CSV and XML)
  • MailChimp lists export (CSV)
  • Custom CSS theme
  • Drag & Drop
  • Block/Unblock IP addresses

Dan fitur tambahan jika Anda mengupgrade plugin ke versi PRO :

  • 10 customizable themes
  • Popup, Toolbar and Scrollbar display options
  • Custom Fields ( Custom HTML, Text input, Multiple and single choice, Survey tools, Time and date, Select box, File upload, Section break, Page break, PayPal fields, Buttons)
  • PayPal integration
  • Customizable form header with animation effects
  • Custom Emails

Plugin MailChimp Versi PRO bisa Anda dapatkan dengan harga hanya $30 untuk 1 domain, 6 bulan update dan support. Selengkapnya bisa Anda lihat pada tabel harga digambar berikut :

Harga MailChimp Form WD

Diatas adalah daftar harga dari plugin MailChimp Form WD dengan harga termurah $30 dan untuk termahal yaitu paket Developer $60. Yang membedakan tiap paket adalah pada lama mendapatkan dukungan, periode update dan banyaknya plugin Anda install.

Cara Integrasi MailChimp di WordPress dengan MailChimp Form WD

Untuk mengintegrasikan atau menggabungkan layanan MailChimp dengan website WordPress Anda, silahkan untuk menginstall plugin MailChimp Form WD. Jika Anda belum bisa menginstall plugin WordPress, silahkan baca panduan saya di ⇒ Panduan Lengkap Cara install Plugin WordPress.

Setelah plugin Anda aktifkan akan terdapat menu baru pada sidebar admin WordPress dengan nama “MailChimp WD” dan klik menu MailChimp WD tersebut dan Anda akan melihat halaman yang mengharuskan Anda menghubungkan plugin dengan layanan MailChimp dengan dua langkah yaitu memasukkan API key dan Memilih Daftar Subscriber Anda.

Untuk mendapatkan API key, Anda hanya perlu klik link yang sudah disediakan dan Anda akan dibawa ke halaman API Key di akun MailChimp Anda, silahkan copy API Key tersebut dan masukkan pada kolom API Key di Plugin tersebut dan klik tombol “Connect to MailChimp”.

MailChimp Form WD 1

Setelah itu pada langkah kedua silahkan pilih Subcribe List Anda yang sudah Anda buat di akun MailChimp dan tombol “Create Form”.

MailChimp Form WD 2

Dan sekarang plugin MailChimp Form WD di situs Anda sudah terintegrasi dengan akun MailChimp milik Anda. Selanjutnya Anda bisa membuat Formulir yang nantinya akan Anda tampilkan pada situs web Anda.

Silahkan mengisi nama form dan mengatur Field. Field yang aktif adalah sesuai dengan field yang sebelumnya sudah Anda buat di MailChimp. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini saya hanya membuat 3 field yang terdiri dari Email Address, First Name dan Last Name. Secara default field yang sudah aktif adalah Email Address, Anda harus mengaktifkan field-field lainya dengan cara klik pada field yang belum masuk. Dan untuk mengatur posisi field Anda hanya tinggal drag and drop pada posisi sesuai keinginan Anda.

MailChimp Form WD Create Form

Selain itu Anda bisa juga bisa menambahkan action formulir seperti Captcha dengan klik tombol “Add Captcha” dan memilih jenis rintangan dan mengatur posisi maupun mengatur bagaimana Captcha ditampilkan.

MailChimp Form WD Captcha

Pada pengaturan “Display Options” Anda bisa mengatur berbagai jenis formulir seperti Embeded, Pop up, Top bar dan Scroll box. Jika Anda membeli plugin versi PRO maka semua akan aktif dan Anda bisa memilihnya, tetapi jika versi gratis maka hanya akan terdapat satu jenis form yaitu Embeded saja.

MailChimp Form WD display options

Pada pengaturan “Form Options” Anda bisa mengatur banyak hal dibagian ini seperti memilih Theme, mengatur email, mengatur pesan, PayPal, Java Script dan Conditional Fields.

MailChimp Form WD General Options

Jika sudah maka formulir untuk menjaring subsriber baru Anda sudah siap untuk Anda tampilkan. Untuk menampilkan form MailChimp Form WD ini sangat mudah, Anda bisa memasang melalui di area sidebar Anda dengan melalui Appearance » Widgets dan taruh widget “MailChimp Form WD” pada area yang Anda inginkan.

MailChimp Form WD Captcha Widget

Selain itu Anda juga bisa menampilkan Form tersebut di berbagai tempat sesuka Anda dengan memanfaatkan fasilitas Shortcode atau PHP Functions. Dan berikut screenshot dari tampilan form pop up yang dihasilkan oleh plugin MailChimp Form WD. Untuk melihat lebih banyak lagi bagaimana plugin ini bekerja, Anda bisa melihat secara langsung melalui halaman demo disini ⇒ Demo MailChimp Form WD.

MailChimp Form WD pop up

Kesimpulan

Menerapkan strategi email marketing merupakan bagian penting untuk meningkatkan penjualan, tapi untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan kerja keras untuk mengumpulkan daftar email dari pelanggan maupun calon pelanggan dan untuk memuluskan strategi email list building tersebut kita harus cerdas dalam memilih platform layanan email marketing yang terbaik sekaligus menggunakan sistem penjaring email yang fungsionalitas untuk situs kita. Kedua hal tersebut bisa Anda dapatkan dari layanan email marketing terbaik yaitu MailChimp dan plugin yang dapat mengintegrasikan dengan situs WordPress Anda yaitu MailChimp Form WD. Dengan gabungan dua sistem tersebut akan menjadikan strategi email marketing akan berjalan sesuai dengan target yang ingin dicapai bahkan melebihi.

Baca : Cara Memasang Google Analytics di WordPress Dengan Google Analytics WD

Dan itulah penjelasan lengkap mengenai bagaimana mengintegrasikan atau menggabungkan layanan MailChimp dengan WordPress menggunakan plugin MailChimp Form WD dari web dorado. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Photo Magic Responsive Free

Foto Magic adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang dirancang oleh pengembang kompeten, Tema ini...

Cara Aman Berselancar di Internet Dengan Hide All IP VPN

Internet selain memudahkan kita dalam banyak hal seperti mengakses informasi, berbelanja, bertransaksi dan masih...

Close