Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menambahkan Fitur Terms Of Services di WordPress

Seringkali jika kita mengunjungi beberapa website saat melakukan pembelian, pendaftaran maupun mengisi formulir lainnya pada akhir formulir selalu terdapat persyaratan layanan atau terms of services dan kebijakan privasi sebelum pengguna menggunakan layanan dari situs tersebut, lalu bagaimana menambahkan requirement term of services maupun kebijakan privasi di situs WordPress Anda? Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan ketentuan perjanjian layanan (term of services) dan kebijakan privasi di WordPress.

term of services agreement

Siapa yang membutuhkan untuk Menambahkan Term of Services Agreement di WordPress?

Perlu Anda ketahui bahwa WordPress dapat digunakan untuk membuat hampir semua jenis website. Dalam rangka memenuhi persyaratan hukum, beberapa pemilik situs mungkin perlu pengguna untuk menyetujui syarat dan perjanjian dari pemilik situs.

Syarat dan ketentuan ini dapat melindungi pemilik situs dari masalah hukum di masa depan. Konten website yang menangani informasi pribadi, forum, dan eCommerce, atau situs publishing yang memuat situs yang ditujukan untuk pengunjung dewasa bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan fitur ini.

Salah satu cara untuk memenuhi persyaratan hukum ini Anda hanya perlu menambahkan halaman layanan dan menambahkan link ke dalam footer website Anda. Namun, dalam banyak kasus, Anda mungkin perlu pengguna untuk menyetujui sebelum mereka dapat melanjutkan.

Mari kita lihat bagaimana Anda dapat dengan mudah menambahkan ketentuan perjanjian layanan di WordPress.

Baca : Cara Pasang CAPTCHA di Login dan Register WordPress

Menambahkan Syarat dan Ketentuan di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Agreeable. Setelah Anda mengaktifkan plugin tersebut, Silahkan masuk ke menu Settings » Agreeable untuk melakukan pengaturan plugin.

agreeable-settings

Pertama kali silahkan berikan pesan kesalahan jika pengguna lupa atau tidak mencentang kotak persetujuan. Setelah itu, Anda harus memilih halaman Term of Services Agreement dari menu drop down.

Jika Anda belum membuat halaman Term of Services Agreement, silahkan Anda buat terlebih dahulu dengan masuk ke menu Page » Add New dengan nama Term of Services Agreement atau kebijakan privasi. Karena plugin ini tidak menciptakan halaman secara otomatis, jadi Anda harus membuatnya sendiri sesuai dengan syarat dan ketentuan situs Anda. Setelah Anda selesai membuat halaman dan isi dari tem of services agreement, pastikan bahwa Anda mempublikasikan halaman yang sudah Anda buat tersebut. Setelah Anda publish, kembali ke pengaturan plugin Agreeable dan pilih halaman dari menu drop down.

Berikutnya, Anda perlu memasukkan pesan untuk pengguna agar pengguna melihat perjanjian layanan tersebut. Anda juga perlu mencentang kotak untuk mengingat perjanjian pengguna selama 30 hari. Hal tersebut bertujuan agar pengguna tidak perlu mencentang setiap kali mereka mengunjungi situs Anda.

Plugin Agreeable ini juga menyediakan link yang menuju ke halaman penuh untuk membaca secara lengkap syarat dan kebijakan privasi dari situs Anda, pengguna hanya perlu mengklik pada link, dan halaman akan terbuka di tab baru di mana pengguna. Anda juga dapat memilih untuk membuka halaman dalam bentuk popup lightbox.

Jika Anda ingin menggunakan lightbox popup untuk menampilkan isi dari term of services agreement, centang kotak Active? di bawah lightbox option. Anda juga dapat memilih teks dan warna latar belakang yang akan digunakan dalam lightbox popup.

agreeable settings tampilan

Dan terakhir dalam langkah pengaturan Anda juga dapat memilih di mana Anda ingin menampilkan syarat dan ketentuan kotak centang tersebut ditampilkan. Anda dapat memilih untuk menampilkannya pada form login, registrasi, dan komentar.

Jika Anda menggunakan pada halaman login front-end atau widget, maka plugin otomatis akan menampilkan kotak centang tersebut.

login wordpress term of services

Jangan lupa untuk mengklik Save Settings untuk menyimpan pengaturan Anda. Sekarang Anda dapat mengunjungi halaman login, pendaftaran, atau form komentar untuk melihat kotak centang syarat ketentuan dan kebijakan privasi Anda ditampilkan.

Saya berharap artikel ini membantu Anda menambahkan term of services agreement di WordPress. Silahkan di coba dan semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Zoo-Clinic Responsive Free

Zoo-Clinic adalah Theme Wordpress responsive gratis yang di desain dengan warna-warni untuk tema situs...

10 Tools Keren Firefox Developer yang Perlu Anda Coba

Mozilla Firefox menjadi "Browser pengembang" memiliki banyak tools keren yang sengaja diciptakan untuk membantu...

Close