Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menambahkan Fitur “Click to Tweet” di Post WordPress

Menambahkan beberapa icon sosial media yang jika di klik maka artikel Anda akan dibagikan ke sosial media memang dapat membantu meningkatkan trafik blog Anda dan ini bukan rahasia umum lagi, banyak tutorial yang membahas tentang menambahkan icon sosial media, bahkan tema wordpress saat ini kebanyakan sudah menambahkan fitur ini secara default pada tema dan memang praktek ini yang selalu di sarankan oleh para ahli SEO dan blogger profesional.

click to tweet wordpress

Namun, apakah Anda pernah mengunjungi beberapa situs dan melihat terdapat box pada artikel dengan tulisan tampak berbeda dan terdapat tulisan “Click to Tweet” ? Jika Anda pernah melihat dan ingin menambahkan fitur tersebut pada situs WordPress Anda, maka pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda tutorial WordPress Cara Menambahkan Fitur “Click to Tweet” di Postingan WordPress.

Baca : Plugin Share Konten WordPress Keren Selection Sharer

Fungsi Kotak “Click to Tweet”

Sebuah kotak dengan berisikan kutipan atau quote yang terdapat link “Click to Tweet” ini biasanya ditambahkan untuk menyorot frase, kalimat, atau paragraf tertentu dari posting yang menarik dan mungkin pembaca Anda jika membacanya quote tersebut mereka ingin berbagi di Twitter. Dalam kotak quote tersebut Anda juga dapat menambahkan hashtag, link ke posting blog Anda dan sebagainya.

Banyak blogger dan maupun situs berita terkenal menggunakan fitur kotak quote “Click to Tweet” setiap mereka menulis beberapa kalimat keren.

Secara umum, dengan menambahkan kotak quote “Click to Tweet” adalah merupakan cara yang baik untuk meningkatkan pembaca dan lalu lintas blog. Strategi ini menciptakan ketertarikan yang kuat untuk menarik  pengguna, membuat mereka lebih mungkin untuk berbagi kutipan khusus melalui Twitter mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan visibilitas situs Anda.

Baca : 5 Manfaat Media Sosial Untuk Perkembangan Bisnis Online

Cara Menambahkan kotak “Click to Tweet” di Post WordPress

Ada banyak plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat kotak “Click to Tweet”, tapi pada tutorial ini saya akan memilih salah satu yang paling populer yang bisa Anda download disini. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :

Seperti biasanya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menginstall plugin Click to Tweet dan mengaktifkannya. Setelah Anda mengaktifkan plugin tersebut, Anda dapat melihat menu baru ditambahkan pada Settings » Click to Tweet.

click to tweet settings

Anda akan melihat halaman pengaturan seperti gambar diatas, pengaturan plugin ini sangat mudah karena Anda hanya perlu untuk memasukkan username twitter Anda pada kolom “Your Twitter Handle”. Username ini akan ditambahkan secara otomatis saat tombol “Click to Tweet” di klik oleh pengunjung Anda. Jika sudah selesai jangan lupa untuk menekan tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan Anda.

Cara Membuat “Click to Tweet” dalam postingan

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat kotak quote “Click to Tweet” dalam posting Anda. Silahkan buat postingan baru atau mengedit postingan yang sudah ada.

icon click to tweet wordpress

Lihat pada deretan icon di toolbar editor visual Anda maka akan terdapat icon baru dengan logo Twitter. Kemudian, taruh kursor pada tempat dimana Anda ingin menampilkan kotak quote “Click to Tweet”. Dan klik ikon click to tweet yang berlogo twitter tersebut dan Anda akan melihat kotak dialog popup muncul. Dalam kotak ini, masukkan teks yang Anda inginkan untuk di masukkan kedalam box “Click to Tweet” dan pilih tombol “Ok”.

masukkan kalimat tweet

Jika sudah maka kalimat tadi di masukkan sebagai shortcode. Jika diperlukan, Anda dapat membuat modifikasi lebih lanjut untuk pesan tweet ini. Jika tidak, simpan atau perbaharui posting untuk menyimpan dan melihat hasilnya sehingga terlihat seperti contoh pada gambar dibawah ini.

click to tweet

Untuk mencobanya klik pada link teks atau link yang terdapat pada pojok kanan bawah. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Twitter dan melihat kotak tweet. Lihat apakah pesan ditampilkan dengan benar. Jika ya, maka Anda sudah berhasil menambahkan fitur “Click to Tweet” di situs WordPress Anda.

Baca : Cara Memasang Tombol Pay With a Tweet di WordPress

Semoga tutorial ini bermanfaat buat Anda, dan dengan fitur ini semoga situs Anda mendapatkan kunjungan yang melimpah dari social media twitter. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Budi Siregar Sp

    Mantap Kang John… Langsung Action.

Must Read...!
Theme WordPress Gridsby Responsive Free

Gridsby adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain seperti layout gallery pinterest, tema...

Berikut 6 Kesalahan yang Membuat Bisnis Gagal

Anda ingin bisnis Anda sukses…? Tentu saja setiap pelaku bisnis menginginkan kesuksesan dalam menjalankan...

Close