How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

ARVE ~ Plugin Terbaik untuk Memasang Embed Video di WordPress

Sejak YouTube di ambil alih oleh Google, YouTube berkembang sangat pesat dan menjadi booming diseluruh dunia. Siapa saja bisa membuat video dan mengupload video di YouTube secara gratis dan juga bisa meraup uang dari iklan melalui video YouTube. Namun, karena begitu banyaknya orang yang mengupload video di YouTube membuat persaingan semakin sulit, untuk mendapatkan penonton dan subscriber juga tidak mudah jika Anda tidak membuat konten video yang benar-benar bagus. Tapi beruntunglah jika Anda memiliki website atau blog karena Anda bisa menggunakan website atau blog Anda untuk meningkatkan viewer dan juga subscriber channel Anda.

Memasang video di posting blog Anda (atau halaman arahan atau magnet prospek online) adalah cara yang paling bagus dan menguntungkan untuk mengintegrasikan pemasaran konten dan video YouTube Anda. Karena saat Anda menempatkan video di posting blog, posting Anda menjadi lebih dinamis dan menarik. Dengan menulis posting blog dan membuat video komplementer, Anda bisa mendaur ulang ide konten dengan cara yang baru dan lebih seru. Selain itu, posting blog dengan video juga menghasilkan lebih banyak inbound link dan peningkatan viewer daripada yang tidak.

Memasang video YouTube di blog juga sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengambil kode embed dan meletakkan kode di postingan Anda. Anda bisa membaca artikel saya tentang ⇒ Cara Memasang Video YouTube di WordPress. Namun, perlu Anda ketahui bahwa memasang video YouTube di blog Anda akan menjadikan blog terasa lambat ketika dimuat dan juga Anda tidak bisa menampilkan dengan cara lain seperti video ditampilkan dalam bentuk lightbox ketika di putar dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini saya akan memperkenalkan sebuah plugin yang dapat membantu Anda menampilkan video dari berbagai sumber seperti YouTube, Vimeo, Facebook, Instagram dan masih banyak lagi di blog WordPress Anda agar tampil lebih bagus, responsive dan tidak memperlambat blog Anda ketika dimuat, plugin tersebut adalah ARVE (Advanced Responsive Video Embedder).

Visit ARVE

Apa itu ARVE?

ARVE adalah kepedekan dari Advanced Responsive Video Embedder, seperti namanya Anda bisa memasang berbagai video embed dari berbagai sumber platform video di blog WordPress Anda dan video akan mendukung format tampilan responsive sehingga pas dengan ukuran layar. Tapi plugin ini memiliki fitur yang jauh daripada itu. Dengan ARVE anda dapat menampilkan video embed menjadi lebih bagus dan tidak memperlambat kecepatan website WordPress Anda.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder 1

Selain itu, dengan plugin ARVE Anda juga dapat mengkonfigurasi beberapa pengaturan kustom lain seperti alignment, lebar maksimum, mengaktifkan autoplay, mengganti thumbnail, judul, deskripsi dan masih banyak lagi.

Fitur-Fitur Unggulan ARVE

ARVE merupakan plugin pemutar video WordPress yang mengklaim sebagai satu-satunya plugin yang Anda butuhkan untuk menyematkan video di situs Anda. Banyak sekali fitur-fitur yang dibawa plugin ini untuk memudahkan Anda memasang video dari berbagai platform ke postingan blog Anda. Berikut beberapa fitur dari ARVE :

  • SEO friendly, memungkinkan Anda menentukan judul, deskripsi, tanggal upload untuk menyediakan mesin pencari dengan data schema.org yang mereka inginkan untuk pengindeksan yang lebih baik.
  • Dukungan WYSIWYG. Tidak ada lagi main-main dengan shortcode dan preview.
  • Dialog baru yang disempurnakan untuk menyematkan video.
  • ARVE membuat url video embed responsif.
  • Tidak ada ‘lock in’ jika tidak menggunakan shortcodes dan menggunakan provider WordPress yang sudah support.
  • Mendukung hampir semua host video yang mendukung kode embed iframe (allmyvideos.net, Alugha, Archive.org, Break, Brightcove, CollegeHumor, Comedy Central, Dailymotion, Facebook, Funny or Die, IGN, Kickstarter, LiveLeak, Livestream, kla.tv, Metacafe, Movieweb, MPORA, Myspace, Snotr, Spike, TED Talks, Twitch, Ustream, RuTube.ru, Veoh, Vevo, Viddler, vidspot.net, Vine, Vimeo, VK, Vzaar, Wistia, XTube, Yahoo, Youku, YouTube, YouTube Playlist, HTML5 video files directly, Google_drive, Dropbox, Ooyala)
  • Menyematkan video dengan menempelkan URL di barisnya sendiri seperti WordPress!
  • Opsional menggunakan Shortcode yang sangat kuat.
  • Bersihkan kode pendek sintaks, tidak ada pembungkus shortcode yang tidak diperlukan.
  • Satu tombol tunggal untuk semua penyedia layanan.
  • Penyisipan responsif dengan CSS, jauh lebih baik dari pada JavaScript.
  • Mencoba untuk menampilkan video yang tidak terkesan mencolok dari sumbernya, mengatur variabel ‘hide brand’ jika didukung, menonaktifkan video terkait agar pengunjung tetap memutar video di situs Anda daripada pergi ke YouTube.
  • Jika provider Video mendukung Autostart, maka mobile browsers dapat mencegah hal ini.
  • Parameter URL khusus untuk dapat digunakan oleh semua penyedia video.
  • Pilihan pengaturan maksimal lebar video.
  • Video penyelarasan
  • Pilihan Detail deskripsi di tempat.
  • Rasio aspek dan rasio otomatis.
  • Nonaktifkan tautan dalam embeds, Misalnya: Mengeklik judul di embed YouTube tidak akan membuka new tab / jendela baru. Cegah host video untuk mengarahkan pengunjung menjauh dari situs Anda
  • Mode Lazyload : Jadikan situs Anda memuat lebih cepat dengan hanya memuat gambar dan bukan keseluruhan pemutar video pada pemuatan konten.
  • Lazyload ⇒ Lightbox : Menampilkan Video dalam Lightbox setelah mengklik gambar pratinjau
  • Link ⇒ Lightbox : Gunakan tautan sederhana sebagai pemicu untuk video lightbox
  • Gambar thumbnail otomatis atau dapat Anda memilih secara manual
  • Judul otomatis atau khusus di atas gambar mini Anda
  • Fitur ‘Expand on click’
  • 3 gaya hover dan 2 gaya ikon putar yang bisa dipilih
  • Thumbnail responsif menggunakan teknologi HTML5 mutakhir
  • Dapat menampilkan video terbaru dari saluran YouTube dengan menggunakan URL channel (diperbarui / cache per jam)

Harga ARVE

Plugin ARVE dapat Anda gunakan secara gratis dan download langsung di library plugin resmi di WordPress.org, Namun untuk mendapatkan fitur lebih dan kustomisasi yang luas dari plugin ARVE, Anda harus membeli lisensi dan Add Ons Pro dari plugin ini.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder Price

Berikut beberapa rencana harga yang ditawarkan oleh plugin ARVE :

  • €35 untuk 1 Situs
  • €85 untuk 2-5 Situs
  • €150 untuk situs tak terbatas
  • €500 untuk situs tak terbatas dan mendapatkan update dan dukungan selamannya

Buy ARVE Pro Addons

Semua opsi pembelian akan ditagih setiap tahun kecuali yang lifetime. Dan Anda dapat membatalkan langganan Anda setiap saat. Dan jika Anda tidak memperpanjang lisensi tahunan maka akan tetap dapat menggunakan plugin dan Addons tapi tidak akan mendapatkan dukungan dan update. Dan jika Anda ingin mendapatkan potongan atau diskon sebesar 30%, Anda bisa menambahkan kode kupon ketika membeli ARVE Pro, berikut kode kupon untuk ARVE Pro 30% ⇒ (centerklik).

Cara Menggunakan Plugin ARVE

Untuk menggunakan plugin ARVE, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin ARVE (Advanced Responsive Video Embedder) melalui dashboard WordPress Anda dengan masuk pada menu Plugins » Add New. Silahkan ketikkan kata kunci “ARVE” pada kolom pencarian plugin maka plugin ARVE (Advanced Responsive Video Embedder) akan muncul pada pilihan pertama, silahkan install dan aktifkan plugin ARVE tersebut.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder

Selanjutnya pada bagian menu “Settings” Anda akan melihat dua menu baru ditambahkan dengan nama ARVE License dan ARVE. Jika Anda membeli lisensi plugin ini, Anda dapat memasukkan lisensi key pada bagian ARVE License.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder License

Dan Anda dapat menginstall Add Ons Pro seperti Anda menginstall plugin pada umumnya melalui menu Plugins » Add New, pilih upload dan Install dan aktifkan Add Ons ARVE tersebut.

Install Plugin Shortcake Shortcode UI

Untuk menggunakan plugin ARVE secara sempurna, Anda juga diharuskan untuk menginstall plugin tambahan yang bernama “Shortcake Shortcode UI”. Silahkan masuk ke menu Plugins » Add New dan ketikkan nama Shortcake pada bagian menu pencarian plugin dan Klik install, lalu aktifkan.

Plugin Shortcake UI

Konfigurasi Plugin ARVE

Setelah proses diatas selesai Anda lakukan, sekarang saatnya untuk masuk pada menu Settings » ARVE, pada bagian ini Anda dapat melakukan konfigurasi ARVE agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat Anda buka halaman ARVE, Anda akan melihat beberapa menu tab sebagi berikut :

Main Options

Pada bagian menu tab “Main Options” ini Anda dapat melakukan beberapa pengaturan seperti memilih Mode (Normal, LazyLoad, LazyLoad Lightbox, Link Lightbox), pengaturan aligment atau posisi video, lebar maksimal video dan masih banyak lagi.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder Main Options

URL Parameters

Pada bagian ini Anda dapat menambahkan beberapa URL parameters pada masing-masing sumber video pada kolom yang sudah disediakan. Parameter ini akan ditambahkan ke URL src iframe, Anda dapat mengontrol perilaku pemutar video dengan mereka. Pada halaman pengaturan ini juga sudah disediakan link dokumentasi untuk Anda pelajari.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder URL Parameters

Shortcode Tags

Pada bagian ini berisikan kode pendek atau shortcode untuk kompatibilitas saja. Tidak disarankan untuk menggunakannya sama sekali, Anda disarankan untuk menggunakan shortcode [arve]. Dan Anda dapat mengubah tag shortcode lama di sini. Bagian ini sebenarnya hanya Anda perlukan untuk melakukan pergantian untuk mencegah konflik shortcode dengan plugin lain yang ingin Anda gunakan.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder Shortcode Tags

Pro Options

ARVE Advanced Responsive Video Embedder Pro Options

Pada bagian ini terdapat beberapa pengaturan kustom seperti menggunakan gambar thumbnail fallback, menyembunyikan judul video, play button, hover effect, disable links, dan lainnya.

Memasang Video Embed di WordPress dengan ARVE

Pada contoh ini saya akan mencoba untuk memasang video YouTube dengan plugin ARVE. Pertama silahkan untuk mengambil dulu URL video yang Anda minati untuk dipasang.

Selanjutnya, buat baru atau edit postingan atau halaman di situs WordPress Anda. Dan Anda akan melihat tombol baru muncul diatas menu editor WordPress dengan nama “Embed Video (ARVE)”. Silahkan klik tombol tersebut dan Anda akan melihat pengaturan dalam popup seperti berikut.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder Detail

Pada pengaturan popup tersebut, silahkan Anda paste URL video embed yang sudah Anda copy tadi ke kolom URL/Embed Code, dan dibagian bawahnya Anda dapat memilih mode, Alignment, link, Thumbnail, Title, Descriptions, Mengatur lebar maksimal dan masih banyak lagi. Dan jangan lupa klik tombol “Update” untuk memasang video embed di postingan WordPress Anda.

ARVE Advanced Responsive Video Embedder Contoh

Kesimpulan

Menggabungkan konten teks dan video di konten blog akan menambah nilai lebih dan keberagaman pada konten Anda, sehingga pengunjung merasa mendapatkan lebih dari apa yang mereka cari. Dengan bantuan plugin ARVE, Anda dapat dengan mudah memasangkan video embed di WordPress dari berbagai sumber platform video, fitur-fitur keren juga dapat Anda temukan di plugin ini seperti yang sudah saya sebutkan diatas dan yang paling penting adalah Anda tidak perlu khawatir lagi ketika menambahkan banyak video embed di situs Anda karena ARVE memiliki fitur khusus agar video embed tidak membebani kerja situs WordPress Anda.

Baca : Cara Menambahkan Thumbnail Video di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Launcher Responsive Free

Launcher adalaha theme WordPress responsive gratis yang bisa anda gunakan Ketika Anda segera meluncurkan...

Beberapa Alasan Kenapa Google Tidak Mengindeks Website Anda

Mengapa website saya tidak diindeks? Mungkin ini adalah beberapa pertanyaan bagi beberapa pemilik website...

Close