banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

8 Software Editor HTML Gratis Terbaik Perlu Anda Coba

8 Software Editor HTML Gratis Terbaik Perlu Anda Coba – Mengenal dan mempelajari kode HTML bisa sangat membantu Anda di zaman sekarang ini, terutama di era online seperti saat ini. HTML adalah salah satu bahasa terpenting untuk pembuatan situs web dan ada banyak potensi bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya. Jika Anda baru saja mempelajarinya, perlu diketahui bahwa Anda tidak harus melakukan semua pekerjaan itu dengan susah payah. Ada alat berguna yang tersedia untuk memandu Anda di sepanjang jalur pengetahuan HTML. Salah satu contoh yang harus Anda manfaatkan adalah editor HTML, software yang hebat untuk pembuatan kode.

Editor HTML memberi Anda banyak tool yang diperlukan untuk mengelola kode. Ini dapat menjadi alat yang berdiri sendiri, tetapi dalam banyak kasus, editor hanya dapat menjadi bagian dari lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang merupakan perangkat penting yang harus dipahami oleh setiap pengembang. Dari pengeditan hingga kompilasi dan interpretasi serta debugging, IDE dapat melakukan keajaiban untuk kode Anda.

HTML editor code terbaik gratis

Apa itu Editor HTML?

Mengetik kode sebenarnya dapat dilakukan di software pengolah kata apa pun, lalu kenapa Anda harus menggunakan editor HTML? Nah, jika Anda peduli dengan kualitas kode Anda, maka sangat penting untuk menggunakan editor khusus. Ini dapat membantu memastikan bahwa kode Anda ditulis dengan benar karena adanya fitur koreksi sintaks. Kemampuan bermanfaat lainnya adalah pelacakan sintaks yang memberikan berbagai bagian kode Anda aspek yang lebih baik untuk membuatnya lebih menyenangkan secara visual dan lebih intuitif untuk digunakan.

Loading...

Editor HTML adalah alat atau software yang sangat berguna. Bahkan pembuat kode master dapat membuat kesalahan sederhana dari waktu ke waktu. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat membuat frustrasi untuk menyisir baris kode yang tak terhitung jumlahnya hanya untuk menemukan satu kesalahan kecil dalam kode yang sudah diketik tersebut.

Jika Anda ingin memanfaatkan kemudahan editor HTML, Anda tidak perlu membayar. Ya, ada editor HTML premium yang menyediakan fitur lebih canggih dengan biaya tertentu, tetapi Anda juga dapat menemukan pilihan gratis yang layak dari alat ini. Untuk memudahkan pencarian Anda dalam menemukan editor HTML gratis terbaik, saya telah mengumpulkan daftar 8 Software Editor HTML Gratis Terbaik perlu Anda coba. Mari kita lihat potensi dari setiap editor untuk memenuhi kebutuhan pengkodean HTML Anda.

1. NotePad ++

Jika Anda pengguna Windows, NotePad ++ pasti menjadi salah satu pilihan terbaik Anda untuk editor HTML gratis. Ini adalah software yang disempurnakan dari program Notepad default yang ada di Windows. Ini adalah editor kode sumber gratis yang menawarkan antarmuka yang sangat dapat disesuaikan.

Anda dapat dengan mudah memutuskan bagaimana Anda ingin menyorot dan melipat sintaks. Ada banyak alat kecil yang berguna yang tidak dimiliki aplikasi Notepad klasik seperti kode warna dan petunjuk. Secara keseluruhan, ini adalah editor HTML yang ideal jika komputer Anda menggunakan Windows. Gratis, mudah digunakan, dan dilengkapi dengan beberapa fungsi yang solid.

2. Komodo Edit

Setiap pengembang HTML akan menghargai kemampuan solid dari software Komodo Edit yang merupakan open source dan sepenuhnya gratis untuk digunakan. Ada juga lisensi berbayar, tetapi versi gratisnya memberikan fungsionalitas yang cukup untuk membantu Anda dalam mengetik kode. Beberapa contohnya adalah fitur debugging yang hebat dan penyelesaian otomatis.

Satu hal yang saya sukai, khususnya, adalah cara editor memungkinkan untuk menyertakan ekstensi bahasa lainnya. Anda juga dapat mengintegrasikan fitur tambahan lain yang dapat berguna dalam kasus tertentu, misalnya, Anda dapat menambahkan karakter khusus. Secara keseluruhan, Komodo Edit adalah editor HTML gratis terbaik lainnya yang kompetitif dan sangat disarankan untuk pembuat kode yang bekerja dalam XML karena dirancang secara ideal untuk tujuan itu.

3. Bluefish

Bluefish adalah pilihan menarik lainnya untuk editor HTML gratis terbaik. Ini memberikan dukungan protokol yang bagus untuk HTTP, FTP, HTTPS, dan berjalan tanpa masalah di Windows, Mac OS X, dan Linux. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang mengerjakan proyek yang lebih besar karena dapat dengan mudah menangani ratusan dokumen yang dibuka pada waktu yang sama.

Ini juga dirancang untuk melindungi perubahan yang Anda buat dalam dokumen jika terjadi kerusakan sistem. Data secara otomatis dipulihkan jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Anda mungkin akan senang mengetahui bahwa Bluefish menerima beberapa pembaruan yang solid dan banyak bug lama telah diperbaiki.

Meskipun bukan editor web secara khusus, alat ini memiliki potensi besar mengingat keserbagunaan dan pemilihan fitur canggih yang terintegrasi di dalamnya. Beberapa contoh penting adalah pemeriksaan ejaan sensitif, pelengkapan otomatis, dan manajemen proyek. Satu-satunya kelemahan adalah jika Anda membutuhkan antarmuka yang lebih berfokus pada web, ini mungkin bukan pilihan terbaik.

4. CoffeeCup

CoffeCup adalah editor HTML yang dipecah menjadi dua versi terpisah. Ada yang versi berbayar, tapi kita akan melihat kemampuan dari versi gratisnya yang juga layak, meskipun bisa sangat membatasi dalam beberapa hal. Anda dapat mengharapkan editor menjanjikan beberapa fitur menarik hanya untuk menyadari bahwa Anda harus membayar untuk versi lengkap.

Alat ini dapat digunakan untuk membuat file HTML atau mengedit file yang sudah ada. Ini berfungsi dengan baik untuk file CSS juga, dan keuntungan lainnya adalah kemampuan untuk menjaga konten diperbarui dengan bantuan Component Library yang andal. Ada dukungan WYSIWYG tetapi sayangnya, ini tidak tersedia untuk versi gratis.

Loading...

Desainer web pasti akan mendapatkan banyak manfaat dari editor ini sedangkan pengembang web tidak boleh melihatnya sebagai pilihan utama. Versi gratisnya memiliki beberapa batasan. Meskipun demikian, ini layak mendapat tempat di daftar editor HTML gratis terbaik ini mengingat itu mengemas fitur yang solid untuk pemula atau pemilik bisnis kecil.

Baca : 10 Perusahaan Pembuat Software Terbesar di Dunia

5. Eclipse

Eclipse dengan update terbarunya yang disebut ‘Oxygen’ adalah IDE yang cukup kompleks yang dapat mewakili solusi yang baik untuk pembuat kode yang menggunakan lebih banyak platform dan banyak bahasa pemrograman. Karena dilengkapi dengan struktur plugin, Anda dapat dengan mudah memilih plugin yang tepat untuk proyek pengeditan Anda.

Ada editor HTML yang disertakan dalam toolkit IDE ini serta banyak plugin lain seperti CSS dan JavaScript. Ini adalah alat yang sangat mumpuni untuk digunakan, tetapi jika Anda seorang pemula, mungkin itu bukan pilihan yang ideal. Pengguna yang kurang berpengalaman dapat menemukan antarmuka yang membingungkan jika mereka hanya berencana mengedit kode HTML.

Fleksibilitas Eclipse adalah poin kuat yang dapat menarik lebih banyak pengguna tingkat lanjut. Ini benar-benar dapat memberi Anda semua alat yang diperlukan untuk membuat web serta aplikasi seluler. Dengan plugin yang tepat dan di tangan yang tepat, lingkungan pengembangan ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

6. BlueGriffon

Jika Anda tertarik dengan editor HTML laman web gratis, salah satu alat terbaik untuk dipertimbangkan adalah BlueGriffon. Ini berjalan di semua sistem operasi populer termasuk Linux dan menawarkan dukungan untuk berbagai bahasa.

BlueGriffon dapat dianggap sebagai editor WYSIWYG penuh. Ini berarti merupakan solusi yang kuat untuk pengguna pemula atau mereka yang menikmati antarmuka yang lebih visual untuk mendesain halaman web. Penting untuk disebutkan bahwa BlueGriffon juga hadir dengan versi berbayar, tetapi itu tidak akan terlalu memengaruhi pengguna gratis.

Versi gratisnya cukup layak dalam hal fitur pengeditan yang memungkinkan tampilan kode sumber yang mumpuni. Siapa pun dapat membuat situs terlihat lebih bagus dengan bantuan editor ini yang juga dapat menangani tugas pengeditan CSS dan SVG. Direkomendasikan untuk mereka yang tidak menyukai opsi lain yang terlalu fokus pada antarmuka kode.

7. Studio Aptana 3

Meskipun tidak sepenuhnya berfokus pada pengeditan HTML, alat ini adalah IDE source code yang kuat yang menawarkan kemampuan ekstensif untuk membangun PHP, aplikasi Python, dan lainnya. Ini sangat cocok sebagai editor HTML dan juga dapat menangani pengeditan JavaScript dan CSS untuk merancang aplikasi web yang lebih kompleks.

Alat yang disediakan oleh Aptana Studio cukup kuat, meskipun Anda harus menyadari bahwa update software ini sangat lambat tapi Software tersebut berfungsi dengan baik, tetapi tampaknya belum di update beberapa lama, jadi Anda mungkin bisa mencoba editor HTML lain jika Anda merasa tidak nyaman.

8. NetBeans

Opsi terakhir untuk dilihat jika Anda memutuskan untuk mencoba editor HTML gratis terbaik adalah NetBeans. Ini sebenarnya adalah Java IDE tetapi Anda dapat dengan bebas mengembangkannya dalam HTML, C ++, PHP, dan banyak bahasa pemrograman lainnya. Beberapa alat paling menarik yang ditemukan di sini adalah template kode dan generator. Mereka yang bekerja dalam tim yang lebih besar juga akan menyukai tool manajemen proyek yang komprehensif.

Dalam hal plugin, ada cukup banyak pilihan. Senang rasanya melihat pengembang didorong untuk mengambil inisiatif dan membagikan plugin mereka sendiri. Kelemahan NetBeans adalah kurva pembelajaran yang agak lebih rumit. Tidak selalu seintuitif editor web sederhana, jadi jika Anda membutuhkan hal yang lebih sederhana, maka ini kurang cocok untuk Anda.

Baca : Codelobster IDE Editor PHP, HTML, CSS, JavaScript Gratis

Dan itulah 8 software editor HTML gratis terbaik yang perlu Anda coba, silahkan untuk memilih sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Tambahkan Sistem Pembayaran COD di WooCommerce

COD (Cash On Delivery) adalah metode pembayaran yang mulai dikenal ketika jual beli online...

7 Software USB Over Ethernet Terbaik

7 Software USB Over Ethernet Terbaik - Intinya, hardware USB ke IP dapat berguna...

Close