How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Pilihan Server DNS Publik Tercepat dan Aman

5 Pilihan Server DNS Publik Tercepat dan Aman – DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menerjemahkan nama domain yang Anda masukkan di browser ke alamat IP yang diperlukan untuk mengakses situs-situs tersebut.

Google Publik DNS Tercepat

ISP Anda akan menetapkan server DNS setiap kali Anda terhubung ke internet, tetapi ini mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Server DNS yang lambat dapat menyebabkan akses internet Anda juga lambat, dan jika server Anda kadang-kadang turun, Anda mungkin tidak dapat mengakses situs apa pun.

Beralih ke server DNS publik gratis dapat membuat perbedaan nyata, dengan penjelajahan yang lebih responsif dan catatan waktu aktif 100% yang panjang yang berarti ada lebih sedikit peluang masalah teknis.

Loading...

Beberapa layanan juga dapat memblokir akses ke situs phishing atau yang terinfeksi, dan beberapa menawarkan pemfilteran konten untuk menjaga anak-anak Anda dari konten yang buruk dari web.

Anda harus memilih layanan Anda dengan hati-hati – tidak semua penyedia DNS tertentu akan lebih baik daripada yang disediakan oleh ISP Anda – tetapi untuk membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar, artikel ini akan memberikan daftar 5 server DNS publik gratis terbaik yang terkenal tercepat dan aman.

Baca : 5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan Command Prompt

Apa itu DNS?

Domain Name System (DNS) merupakan buku telepon untuk internet, kerangka kerja yang menerjemahkan nama domain, seperti facebook.com atau twitter.com ke dalam alamat IP untuk dikenali oleh perangkat komputer Anda untuk memuat sumber daya internet tersebut.

Mekanisme DNS bisa sangat rumit, karena informasi tidak disimpan dalam database tunggal, melainkan didistribusikan dalam direktori di seluruh dunia termasuk sejumlah besar server DNS.

Untungnya, rata-rata pengguna internet biasanya tidak harus terlibat dalam detail teknis tersebut. Biasanya ISP Anda secara otomatis memberi Anda akses ke server DNS mereka setiap kali Anda online, dan setiap kali Anda memasukkan URL ke browser Anda, ini akan menemukan alamat IP yang relevan untuk Anda. Dan Anda bisa mengganti DNS publik Anda seperti gambar dibawah ini.

setting public dns

Loading...

Dan berikut 5 daftar server DNS Publik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan internet Anda dan agar akses internet Anda lebih aman. Dimana semua DNS publik dalam daftar ini adalah yang tercepat atau memiliki kecepatan diatas rata-rata dan aman:

Baca : Penjelasan Lengkap Teknologi Internet Nirkabel 5G

1. Cloudflare

  • Server DNS primer : 1.1.1.1
  • dan sekunder : 1.0.0.1

Terkenal karena jaringan pengiriman kontennya (CDN) yang memiliki kecepatan tinggi, Cloudflare telah memperluas jangkauannya untuk memasukkan layanan DNS publik baru, 1.1.1.1.

DNS ini tidak memiliki fitur seperti DNS lain. Tidak ada anti-phishing, tidak ada pemblokiran iklan, tidak ada pemfilteran konten atau upaya lain untuk memantau atau mengontrol apa yang dapat Anda akses, dan apa yang Anda tidak bisa.

Melainkan Cloudflare lebih fokus pada fundamental. Ini dimulai dengan kinerja dan kecepatan, dimana situs pengujian independen seperti DNSPerf menunjukkan Cloudflare adalah layanan DNS publik tercepat.

Loading...

2. Public DNS Google

  • Server DNS primer : 8.8.8.8
  • Dan sekunder: 8.8.4.4

Google sangat populer di dunia web, dan DNS publik server juga sangat mendominasi, dimana DNS publik gratis milik Google sangat populer digunakan di indonesia dan ini juga terkenal sebagai server DNS publik tercepat, ini juga pengganti DNS yang efektif untuk nameserver ISP Anda sendiri.

Layanan DNS publik Google mencatat informasi alamat IP lengkap dari perangkat query selama sekitar 24 hingga 48 jam untuk tujuan pemecahan masalah dan diagnostik. Log ‘permanen’ menjatuhkan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dan mengurangi detail lokasi ke tingkat kota, dan semua kecuali sampel acak kecil dari ini akan dihapus setelah dua minggu.

3. OpenDNS

  • Server DNS primer: 208.67.222.222
  • dan sekunder : 208.67.220.220

Didirikan pada tahun 2005 dan sekarang dimiliki oleh Cisco, OpenDNS adalah salah satu nama terbesar dalam DNS publik.

Layanan gratis ini menawarkan banyak manfaat: kecepatan tinggi, waktu aktif 100%, situs phishing diblokir secara default, dan filter web tipe kontrol orangtua opsional untuk memblokir situs web berdasarkan tipe konten, bersama dengan dukungan email gratis jika ada masalah.

Jika Anda sudah lama menggunakan swapping DNS, Anda dapat segera mulai dengan mengkonfigurasi ulang perangkat Anda untuk menggunakan server dari OpenDNS.

Jika Anda seorang pemula, tidak apa-apa juga, karena OpenDNS memiliki instruksi pengaturan untuk PC, Mac, perangkat seluler, router dan banyak lagi.

4. Norton ConnectSafe

  • Server DNS primer  : 199.85.126.10
  • dan sekunder: 199.85.127.10

Norton ConnectSafe adalah layanan DNS gratis yang dapat secara otomatis memblokir akses ke situs web yang menipu, penuh phishing, dan malware, serta secara opsional memfilter situs berdasarkan konten.

Ini adalah DNS publik yang bagus selain OpenDNS dan Comodo, dimana ini dapat melakukan hal yang sama – tetapi ConnectSafe memiliki satu keuntungan penting. Dibutuhkan datanya dari Norton Safe Web, database komprehensif tentang lebih dari 50 juta situs web dalam 23 bahasa. Layanan ini mungkin memberikan kinerja pemfilteran web terbaik dibanding yang lainnya, dan kemampuan untuk mendapatkannya secara gratis, tanpa harus menginstal perangkat lunak apa pun adalah nilai tambah keamanan utama.

Menyiapkan layanan memerlukan pemilihan dari tiga tingkat perlindungan.

Kebijakan Keamanan hanya memblokir situs web jahat dan penipuan, dan menggunakan DNS 199.85.126.10 dan 199.85.127.10.

Kebijakan Keamanan dan Pornografi menambahkan dukungan untuk memfilter materi eksplisit menggunakan DNS nameserver 199.85.126.20 dan 199.85.127.20.

5. Comodo Secure DNS

  • Server DNS primer : 8.26.56.26
  • dan sekunder : 8.20.247.20

Comodo Group adalah kekuatan di balik sejumlah produk keamanan yang sangat baik, sehingga tidak mengherankan bahwa perusahaan juga menawarkan layanan DNS publiknya sendiri.

Seperti yang Anda harapkan, Comodo Secure DNS memiliki fokus yang kuat pada keamanan. Itu tidak hanya memblokir situs phishing, tetapi juga memperingatkan jika Anda mencoba mengunjungi situs-situs yang mengandung malware, spyware, bahkan domain terparkir yang mungkin membebani Anda dengan iklan (pop-up, pop-under, dan lainnya). Selanjutnya, Anda dapat mencoba layanan Comodo Dome Shield, yang menambahkan fitur tambahan ke Comodo Secure DNS.

Comodo mengklaim layanannya lebih pintar daripada DNS publik lainnya, juga mendeteksi upaya mengunjungi domain terparkir atau ‘tidak digunakan’ dan secara otomatis meredirect Anda ke tempat yang benar-benar ingin Anda tuju.

Baca : 5 Browser Paling Aman Untuk Berselancar di Internet

Dan itulah daftar 5 DNS publik tercepat dan aman yang bisa Anda coba untuk penggunaan sehari-hari. Dan pilihlah sesuai kebutuhan Anda atau yang tercepat menurut Anda.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Cara Instal Webmin di Ubuntu 18.04

Panduan Cara Instal Webmin di Ubuntu 18.04 - Webmin adalah Control panel web open-source...

Rekomendasi Desain Teras Rumah Minimalis Trend Masa Kini

Rekomendasi Desain Teras Rumah Minimalis Trend Masa Kini - Berbicara mengenai sebuah hunian tentu...

Close