How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Ampuh Mempercepat Website WordPress dengan Plugin Gonzales

Mempercepat situs WordPress adalah topik yang sering dibahas oleh banyak blog yang membahas tentang WordPress. Anda sebagai pegguna baru pun dapat dengan mudah menemukan artikel-artikel yang akan memandu Anda dengan mudah untuk menjadikan situs WordPress Anda memiliki kecepatan yang lebih baik.

Kecepatan WordPress Website

Kecepatan situs menjadi penting untuk dibahas dan selalu masuk dalam bagian trik dan tips SEO karena memang kecepatan situs sangat di nilai oleh mesin pencari seperti Google. Google memasukkan kecepatan website sebagai salah satu nilai untuk menempatkan website berada di peringkat atas hasil pencarian.

Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kecepatan website WordPress Anda, seperti memilih menggunakan layanan hosting terbaik, menginstall plugin cache, mengkompresi gambar dan menggunakan CDN. Tapi pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap mengenai plugin keren yang dibuat oleh seorang ahli dibidang WordPress bernama Tomasz Dobrzyński yang fokus pada kecepatan WordPress, plugin tersebut diberi nama Gonzales yang dapat membantu Anda dengan mudah dalam mempercepat website WordPress.

Visit Gonzales

Apa itu Plugin Gonzales?

Gonzales adalah plugin yang digunakan untuk mempercepat loading website WordPress dengan cara menonaktfikan file CSS dan JavaScript (JS) pada bagian-bagian halaman tertentu atau secara keseluruhan yang tidak digunakan sesuai keinginan pengguna.

Perlu Anda ketahui bahwa masalah lambatnya website dimuat sangat dipengaruhi oleh berbagai macam hal yang beberapa diantaranya disebabkan oleh file CSS dan JS. Dan dengan plugin Gonzales inilah Anda dapat mengatasi masalah tersebut. Dan plugin seperti slider, contact form, plugin social share dan plugin-plugin lain, mereka membawa file CSS dan file JS didalamnya dan menempatkan file tersebut pada setiap halaman Web Anda, terlepas apakah mereka sedang digunakan pada setiap satu halaman atau tidak pada wesite Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menginstall plugin Contact form 7 maka setiap halaman dari website Anda akan memuat file JS dan CSS yang dibawa oleh plugin Contact form7 tersebut, padahal Anda hanya menggunakan plugin tersebut hanya pada satu halaman saja yaitu halaman Contact. Jadi, dengan plugin Gonzales Anda bisa hanya mengaktifkan file JS dan CSS dari Contact form 7 khusus pada halaman Contact di website Anda saja, sehingga halaman-halaman lain tidak akan mendapatkan beban dari file JS dan CSS yang dibawa oleh plugin Contact form7 dan website Anda akan memuat jadi lebih cepat, membantu menurunkan penggunaan bandwidth, meningkatkan pengalaman pengunjung dan akan mengurangi jumlah permintaan dibuat untuk server Anda, menurunkan jumlah kilobyte dikirim ke pengunjung Anda untuk memuat konten yang lebih cepat.

Selain itu, Gonzales tidak hanya menekan dan mengurangi CSS yang tidak berguna dan file JS yang dimuat ke website anda; melainkan mencegah file-file dari loading di tempat pertama. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan tampilan atau kehilangan file-file tersebut karena file-file tersebut tidak dihapus dari server Anda. Dan Anda dapat mengaktifkan kembali file-file tersebut semudah tinggal klik.

Baca : Daftar Hosting Terbaik dan Tercepat untuk WordPress 2016

Keuntungan Menggunakan Gonzales Plugin

Gonzales Meningkatkan Kecepatan WordPress

Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan plugin Gonzales :

  • Halaman dimuat lebih cepat di berbagai macam perangkat
  • Render halaman lebih cepat karena pengurangan file CSS dan JS yang dimuat
  • Berkurangnya jumlah permintaan server dan mengurangi beban Server
  • Meningkatnya skor kecepatan situs WordPress Anda pada semua alat test kecepatan online (GTMetrix, YSlow, Pingdom, dan lainnya)
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan
  • Plugin dapat bekerja dengan baik bersama plugin caching seperti WP-Rocket, W3 Total Cache, WP Super Cache dan plugin cache lainnya.
  • Bekerja dengan baik dengan plugin populer lainnya
  • Mendukung multisite
  • Mudah digunakan dan konfigurasi kurang dari 5 menit
  • Mendapat dukungan penuh

Harga Gonzales Plugin

Gonzales plugin ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau dan dibagi menjadi tiga paket berbeda :

  • $29 untuk 1 situs + 1 tahun update dan support
  • $59 untuk 5 situs + 1 tahun update dan support
  • $199 untuk situs tak terbatas + 2 tahun update dan support

Cara Menggunakan Gonzales

Sebelum Anda menggunakan Gonzales, sebaiknya Anda melihat berapa skor kecepatan situs Anda pada situs seperti GTMetrix maupun Pingdom Tools dan simpan hasilnya untuk membuat perbandingan setelah Anda mengoptimalkan situs WordPress Anda dengan menggunakan plugin Gonzales.

Sekarang silahkan untuk mengunjungi situs resmi dari plugin Gonzales disini ⇒ Buy Gonzales. Dan lakukan pembelian plugin.

Instalasi dan Pengaturan Plugin Gonzales

Setelah Anda membeli plugin premium ini Anda dapat mendownloadnya dari akun control panel Anda. File tersebut berbentuk zip dan silahkan ekstrak file tersebut karena terdapat dua file yaitu plugin Gonzales dan lampiran panduan berupa file pdf.

Sekarang masuk ke area admin Anda dan klik Plugins » Add New dan pilih cara install plugin Upload dengan klik tombol “Browser” dan pilih file plugin Gonzales dari komputer Anda dan klik tombol “Install Now”. Atau Anda bisa membaca panduan lengkap berikut untuk cara install plugin ⇒ Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

Install Gonzales Plugin

Setelah Anda selesai melakukan instalasi plugin Gonzales, silahkan untuk mengaktifkannya. Dan plugin ini tidak memilihi menu pengaturan seperti plugin-plugin pada umumnya. Karena plugin Gonzales memiliki menu terletak pada bagian toolbar bagian atas dari situs Anda dan muncul pada bagian front end atau bagian depat dari situs Anda.

Jika Anda tidak melihat menu toolbar pada front end dari situs Anda, Anda bisa melihat pengaturan untuk mengaktifkan toolbar dibagian Users » Your Profile dan hilangkan centang pada bagian Toolbar “Show Toolbar When Viewing Site”.

Dan jika menu toolbar Anda sudah muncul maka Anda akan melihat menu baru bernama “Gonzales” yang berarti Anda sudab berhasil menginstall plugin tersebut dan siap untuk digunakan.

Gonzales

Selanjutnya silahkan klik menu Gonzales tersebut maka akan memunculkan menu pengaturan untuk Gonzales. Pengaturan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu “Themes”, “Plugins”, dan “MISC”. Pada masing-masing bagian terdapat file CSS dan JS File yang termuat di halaman tersebut.

Gonzales WordPress

Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis file yang memuat pada halaman tersebut. Namun perlu dicatat bahwa pengaturan yang ditampilkan tergantung pada bagaimana website Anda dirancang, daftar ini dapat bervariasi dari halaman ke halaman.

Anda juga akan melihat bahwa baik CSS dan file JS bedakan oleh dua warna. Jika warna hijau itu berarti bahwa file tersebut telah dimuat ke halaman web. Jika merah berarti menunjukkan file telah dinonaktifkan pada halaman web tersebut.

Sebelum melakukan aktif dan menonaktifkan file JS dan CSS, Anda harus melakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui di mana plugin tertentu harus bekerja, Anda dapat menghapus file CSS / JS dari tempat di mana plugin tidak benar-benar digunakan.

Gonzales WordPress speed

Sebagai contoh Anda menggunakan plugin Contact Form 7 dan itu hanya bekerja pada halaman yang memuat formulir kontak. Jadi Anda harus membuka halaman kontak dan klik pada item menu Gonzales. Cari entri yang mirip dengan nama plugin Contact form 7. Anda dapat menggunakan Cmd + F / Ctrl + F untuk mencari kata “Contact”.

Dalam hal ini ada 2 aset yang menarik dengan nama pegangan sama disebut “contact-form-7”. Salah satunya adalah JS, yang kedua adalah file CSS. Dan Anda hanya ingin mengaktifkan formulir kontak hanya pada halaman Contact Us, dan di tempat lain itu harus aktif. Ini berarti Anda harus menonaktifkan “contact-form-7” disemua tempat kecuali halaman saat ini. Untuk melakukannya pilih centang “Everywhere” dan “Current URL” pada baris “Contact-form-7”:

Jika sudah silahkan Gulir ke bawah halaman dan klik tombol “Save changes”. Website akan reload. Setelah terbuka Gonzales Anda akan melihat bahwa “contact-form-7” ditandai hijau dan itu hebat. Sekarang kunjungi halaman lain, misalnya halaman rumah dan terbuka Gonzales. Anda akan melihat bahwa formulir kontak aset ditandai merah sehingga mereka tidak dimuat di halaman tersebut.

Dan cukup lakukan seperti contoh diatas pada file JS dan CSS yang tidak diperlukan pada halaman-halaman lain yang dibawa oleh plugin tertentu yang tidak diperlukan pada semua halaman untuk di load.

Kesimpulan

Melakukan optimasi pada website merupakan hal yang perlu untuk dilakukan, kecepatan website dapat mempengaruhi banyak hal seperti meningkatkan peringkat di mesin pencari, meningkatkan pengalaman pengguna yang pada akhirnya akan membawa lebih banyak pengunjung ke situs Anda. Ini penting karena ini akan membawa bisnis Anda ke arah yang lebih baik.

Anda dapat dengan mudah meningkatkan kecepatan Anda dengan menggunakan plugin Gonzales yang dapat memberikan Anda keleluasaan dalam mengatur file CSS dan JS untuk ditampilkan pada bagian yang tepat. Plugin sangat mudah digunakan dan memberikan efek yang besar pada kecepatan situs WordPress Anda.

Gonzales ditawarkan dengan harga yang berbeda untuk memudahkan pengguna dalam menyesuaikan budget yang dimiliki, Anda bisa menggunakan Gonzales dengan harga mulai $29 yang terbilang cukup murah.

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Maxwell Responsive Free

Maxwell adalah tema WordPress Responsive Gratis dengan desain minimalis dan elegan menampilkan tata letak...

5 Plugin 301 Redirection Terbaik WordPress

Jika Anda merupakan seorang blogger atau pemilik situs dengan WordPress maupun pengguna blogger yang...

Close