How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Membersihkan Database WordPress dengan Advanced Database Cleaner

Membersihkan Database WordPress dengan Advanced Database Cleaner – Apakah situs WordPress Anda sangat lambat ketika di akses? Ada beberapa hal umum yang biasa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja situs WordPress agar dapat di akses dengan cepat dan pada akhirnya meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

4 hal diatas jika Anda terapkan maka Anda akan memiliki situs WordPress yang cepat di akses dan akan disukai oleh pengunjung Anda. Tapi jika dalam beberapa bulan atau mungkin beberapa tahun situs WordPress Anda berjalan dan mengalami penurunan kecepatan bahkan sangat buruk padahal Anda sudah menerapkan optimasi dan menggunakan saran seperti diatas, maka itu bisa jadi disebabkan oleh Database Anda yang bekerja tidak optimal.

Ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja database WordPress Anda seperti WP-Optimize dan WP Sweep. Namun, kedua plugin tersebut hanya bekerja untuk mengoptimalkan database secara umum, berbeda dengan plugin yang akan saya ulas dalam artikel ini yaitu WordPress Advanced Database Cleaner.

Apa itu Advanced Database Cleaner?

Advanced Database Cleaner adalah plugin yang berguna untuk membersihkan dan mengoptimalkan database WordPress Anda sehingga database dapat bekerja secara optimal, memiliki ukuran yang ramping dan plugin ini akan membersihkan database dan tabel yang tidak berguna.

Bersihkan database WordPress Advanced Database Cleaner

Seperti yang saya katakan diatas bahwa plugin optimasi database yang lain hanya bisa mengoptimalkan database secara umum, namun kelebihan Advanced database cleaner adalah dapat mendeteksi database dan tabel-tabel database yang tidak berguna kemudian menghapusnya.

Dalam menjalankan situs WordPress, kemungkinan besar Anda sering uji coba menggunakan beberapa plugin dan kemudian melakukan uninstall pada plugin tersebut, dan ketika plugin di uninstall ada beberapa plugin yang benar-benar tidak menghapus data secara keseluruhan dan terutama pada database.

Hal tersebut akan membuat database Anda membengkak dan tidak berguna yang akan mengakibatkan kinerja situs WordPress Anda menjadi lambat. Selain itu, Advanced Database Cleaner juga dapat membersihkan database yang berisikan revisions, draft, komentar spam, Orphan options, Orphan table dan lainnya dll.

Baca : Cara Mudah Membatasi Post Revision di WordPress

Fitur-Fitur Advanced Database Cleaner

Plugin WordPress Advanced Database Cleaner bisa Anda gunakan secara gratis dan dapat di download di WordPress.org. Namun, versi gratisnya tidak memungkinkan Anda untuk memperbaiki tabel & tasks.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lengkap dari plugin Advanced Database Cleaner, Anda bisa membeli Advanced Database Cleaner Pro dengan harga yang sangat murah yaitu $29.90. Dan berikut ini perbandingan antara beberapa plugin optimasi database WordPress dengan Advanced Database Cleaner.

A: Advanced Database Cleaner (premium)
B: Advanced Database Cleaner (free)
C: WP sweep
D: WP-Optimize
E: Optimize Database after Deleting Revisions
F: WP Clean Up

Advanced Database Cleaner Compare

Disinilah perbedaan fitur yang ditawarkan dari Advanced Database Cleaner versi gratis dan premium :

Versi Gratis

  • Delete old revisions of posts and pages, Delete old auto drafts
  • Delete trash posts, Delete pending comments, Delete spam comments, Delete trash comments
  • Delete pingbacks, Delete trackbacks
  • Delete orphan post metadata, Delete orphan comment metadata, Delete orphan user metadata, Delete orphan term metadata, Delete orphan relationships, Delete expired transients
  • Tampilkan dan lihat informasi orphan sebelum melakukan pembersihan database
  • Cari & filter semua item berdasarkan nama atau nilainya
  • Jadwalkan pembersihan database untuk berjalan secara otomatis
  • Menampilkan informasi tabel database seperti jumlah baris, ukuran tabel, dll.
  • Optimalkan tabel database (Plugin ini akan memberi tahu Anda jika ada tabel yang membutuhkan optimasi)
  • Perbaiki tabel database yang rusak, bersihkan dan hapus tabel database
  • Tampilkan options list dan bersihkan dan hapus options
  • Tampilkan cron task list, bersihkan dan hapus tasks secara terjadwal

Versi Pro

  • Klasifikasi options berdasarkan “creator” mereka. Mereka dapat berupa: plugin options, theme options atau WP core options.
  • Mendeteksi dan menghapus Orphan options. Tabel ‘wp_options’ Anda mungkin penuh dengan options Orphan dan karenanya dapat memengaruhi kinerja pemuatan data darinya, yang dapat menyebabkan situs web menjadi lambat. Membersihkan options orphan menjadi penting.
  • Klasifikasi tabel database berdasarkan “creator” mereka. Mereka dapat berupa: tabel plugin, tabel tema atau tabel inti WP.
  • Mendeteksi dan menghapus tabel Orphan. Adapun options, Anda mungkin juga memiliki beberapa tabel orphan yang dibuat oleh plugin / tema yang tidak Anda gunakan lagi. Membersihkan orphan table akan mengurangi ukuran database Anda.
  • Klasifikasi semua cron tasks sesuai dengan “creator” mereka. Mereka dapat berupa: plugin cron tasks, theme cron task atau WP core tasks.
  • Mendeteksi dan menghapus cron tasks Orphan. Setelah Anda menghapus plugin / tema, beberapa cron tasksnya mungkin masih aktif membuat WordPress memanggil fungsi yang tidak dikenal. menggunakan versi pro, Anda dapat mendeteksi dan membersihkan task orphan
  • Pencarian & filter options, tabel filter, dan filter cron tasks berdasarkan beberapa kriteria seperti “name”, “creator”, “value”, dll.
  • Dapatkan dukungan premium: Tim dibalik plugin Advanced Database Cleaner akan memberikan dukungan cepat serta jawaban teknis untuk membantu Anda membersihkan database Anda secara efisien

Baca : Cara Perbaiki Error Database Connection WordPress

Cara Menggunakan Plugin Advanced Database Cleaner

Di sini saya akan membagikan langkah-langkah lengkap yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dan mengoptimalkan database dengan menghapus tabel & task Orphan dan membersihkan database WordPress & meningkatkan kinerja keseluruhan blog WordPress saya!

PENTING: Sebelum Anda mulai menggunakan plugin ini, Anda harus membackup database WordPress Anda. Anda dapat menggunakan plugin WP-DB Backup untuk menyelesaikan backup database atau mencari plugin lain.

Dengan membuat backup, maka itu bisa digunakan kembali jika terjadi kesalahan dan kerusakan yang mengakibatkan tidak berjalannya situs WordPress Anda.

Jadi, sekarang setelah Anda membuat backup database WordPress, mari mulai menggunakan plugin WordPress Advanced Database Cleaner.

Anda bisa mendapatkan plugin Advanced Database Cleaner versi pro disini. Anda juga dapat menggunakan versi gratis dengan mengikuti panduan ini, tapi hanya untuk melakukan optimasi dasar. Namun, fitur optimisasi mendalam hanya hadir dengan versi premium. Dan disini saya akan membuat tutorial khusus untuk versi Pro.

Sekarang silahkan instal plugin & aktifkan. Anda akan melihat item menu baru ditambahkan di sidebar kiri dengan nama “WP DB Cleaner“.

Klik menu tersebut dan klik pada bagian menu tab “License“. Masukkan license key dan klik tombol “Activate license“.

Advanced Database Cleaner License

General Clean-Up

Klik pada tab “General Clean-Up” dan centang apa yang perlu Anda singkirkan. Saya sarankan mengikuti gambar dibawah.

Penting: Pastikan Anda tidak mencentang “Drafts” & “Pending comments“. Karena itu adalah postingan yang masih Anda simpan sebagai draft dan komentar yang belum Anda setujui.

Dari menu drop-down, pilih “Clean” & klik “Apply“.

Advanced Database Cleaner General Clean Up

Ketika pop-up muncul, klik “Continue” & dalam beberapa detik, plugin pengoptimal database yang kuat ini akan membersihkan database Anda.

Tables

Buka tab “Tables” untuk memulai proses menemukan orphan tables.

Klik “Scan tables” & proses scan akan berlangsung beberapa waktu tergantung ukuran database Anda.

Setelah selesai scan tables, Anda akan mulai melihat Orphan Table di tampilkan, dan pilih Orphans dibagian atas untuk memfilter hanya menampilkan khusus Tabel orphan.

Advanced Database Cleaner Tables

Sebagian besar nama tabel didasarkan pada plugin yang Anda gunakan di masa lalu, sehingga akan mudah bagi Anda untuk memutuskan apakah ingin menghapus tabel tersebut. Jika Anda tidak yakin, maka cukup hapus yang Anda yakini saja.

Setelah itu silahkan centang yang Anda inginkan dan Delete lalu klik Apply.

Setelah Anda selesai membersihkan Orphan Tables, saatnya untuk beralih ke orphan options.

Options

Klik pada tab “Options” & klik pada “Scan options“.

Jika Anda melakukan scanning pada database blog yang berumur lama, Anda mungkin akan menemukan banyak orphans options ditampilkan. Sebagai contoh, blog saya ini terdapat sekitar 326 orphans options. Tabel sebanyak itu dibuat oleh plugin yang saya gunakan pada tahun-tahun sebelumnya dan sekarang sudah tidak saya gunakan lagi.

Advanced Database Cleaner Options

Setelah itu, saya centang semua dan pilih “Delete” dan “Apply“.

Cron Jobs

Setelah selesai, klik pada tab “Cron jobs“.

Advanced Database Cleaner Cron Jobs

Silahkan klik Scan Tasks dan pilih Orphans di bagian atas. Pilih “Delete” dan “Apply“.

Dan itulah semua hal yang perlu Anda lakukan dengan plugin WordPress Advanced Database Cleaner. Setelah melakukan semua ini, database Anda akan sepenuhnya dibersihkan & Anda harus dapat melihat perbedaan dalam kinerja blog WordPress Anda.

Baca : Cara Optimasi Database WordPress dengan WP Optimize

Membersihkan database blog WordPress Anda adalah bagian penting dari optimasi situs WordPress Anda untuk meningkatkan kinerja WordPress sehingga lebih cepat. Ini adalah salah satu aktivitas yang jarang dilakukan oleh pengguna WordPress dan Anda harus melakukan ini untuk mendapatkan situs WordPress anda berjalan dengan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Disable atau Menonaktifkan Firewall di Ubuntu 18.04

Cara Menonaktifkan (Disable) Firewall di Ubuntu 18.04 - Ubuntu dilengkapi dengan alat konfigurasi firewall...

Cara Instal dan Konfigurasi Firewall dengan UFW di Ubuntu 18.04

Cara Instal dan Konfigurasi Firewall dengan UFW di Ubuntu 18.04 - Firewall yang dikonfigurasi...

Close