Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Menampilkan Konten Berbeda dengan Plugin GeoTargeting Pro

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengunjungi situs yang akan menyesuaikan isi konten secara otomatis sesuai dengan negara pengunjung, misal Anda orang indonesia dan mengunjungi situs yang sebenarnya adalah situs united states tapi saat kita mengunjunginya isi konten otomatis menggunakan konten sesuai dengan konten indonesia maka situs tersebut menggunakan sistem penargetan geografis atau Geo Targeting.

geotargeting plugins

Jika Anda ingin membuat situs website yang Anda miliki untuk dapat menampilkan konten dengan set yang berbeda, untuk segmen yang berbeda dari pengunjung situs Anda berdasarkan lokasi negara mereka, maka Anda juga harus menambahkan fitur Geo Targeting tersebut pada website Anda. Namun, bagaimana jika Anda mempunyai situs yang dibangun dengan WordPress? Apakah bisa menambahkan fitur Geo Targeting pada WordPress?

Beruntung bagi Anda pengguna WordPress, WordPress merupakan CMS yang dapat Anda gunakan untuk berbagai tujuan situs web dengan berbagai macam fitur dapat di pasangkan pada WordPress, banyak sekali pengembang WordPress yang mengembangkan plugin maupun tema untuk berbagai fungsi yang bermanfaat untuk jutaan pengguna WordPress yang tersebar di seluruh dunia. Begitu juga dengan fitur geo targeting, Anda juga dapat menambahkan fitur geo targeting pada situs WordPress Anda dengan menginstall plugin GeoTargeting Pro, plugin premium ini di buat dan dikembangkan oleh Timersys.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas secara lengkap tentang plugin Geotargeting Pro agar Anda dapat lebih memahami tentang apa itu Geotargeting dan cara menggunakan plugin ini dengan benar.

Baca : WP PICShield Plugin Hotlinking WordPress Terbaik

Plugin Geo Targeting dan Manfaatnya?

Geo targeting dapat menyesuaikan lokasi pengunjung melalui pembacaan alamat IP, setiap negara memiliki alamat IP unik sendiri dan dengan itulah Geo targeting dapat mendeteksi lokasi pengunjung. Dengan mengetahui hal tersebut maka plugin Geo Targeting akan bekerja dengan membaca alamat IP pengunjung, kemudian plugin Geo targeting akan mampu menampilkan satu set tertentu dari konten sesuai dengan lokasi pengunjung berasal.  Plugin ini terdapat versi gratis dan premium, tentu saja untuk mendapatkan fitur penuh dari plugin geo targeting Anda sebaiknya menggunakan versi premium seperti yang akan saya bahas secara lengkap di artikel ini. Plugin Geo Targeting pro ini tidak hanya menargetkan berdasarkan alamat IP negara saja, namun juga mampu untuk dengan mudah menyaring konten untuk pengunjung berdasarkan alamat IP pengunjung berdasarkan kota dari negara-negara di seluruh dunia.

Geo Targeting selain dapat menampilkan konten yang spesifik sesuai dengan negara di website Anda, plugin ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna bagi pengunjung internasional dan memastikan Anda menunjukkan kepada mereka informasi yang paling relevan sesuai dengan lokasi mereka. Sebagai contoh adalah saat Anda mempunyai situs bisnis yang mungkin ingin menawarkan penawaran tertentu untuk wilayah tertentu maka dengan plugin ini semua dapat Anda lakukan, selain itu juga jika Anda memiliki situs ecommerce atau toko online maka dapat menampilkan penawaran khusus seperti diskon yang berbeda-beda untuk pengguna dari lokasi tertentu dan harga yang berbeda pula, memudahkan dalam mengisi formulir kontak yang mengisi nama negara dan kota atau mungkin rincian kontak Anda dan lokasi kantor bisnis Anda berdasarkan negara atau kota dari si pengunjung. Apapun alasan Anda untuk memanfaatkan teknologi geo targeting ini, itu bisa sangat mudah diwujudkan karena setup yang mudah dilakukan pada situs WordPress. Dan perlu Anda ketahui bahwa plugin menggunakan database yang terkenal Maxmind GeoLite IP  yang mempunyai tingkat akurasi tinggi yaitu 99.9% yang berarti plugin ini bekerja hampir sempurna dan juga terintegrasi secara baik dengan WordPress, tema dan plugin populer lainnya tanpa masalah.

Fitur lengkap dari plugin Geo Targeting

Plugin geotargeting versi premium untuk WordPress dapat menentukan lokasi pengunjung Anda, berdasarkan alamat IP pengunjung. Sementara untuk tingkat keakuratan yang tinggi dan lengkap seperti tingkat negara, plugin ini tidak mendukung untuk layanan IP menargetkan lebih tepat. Tapi dengan menghubungkan plugin ini ke akun Maxmind GeoIP Anda, plugin dapat mendeteksi kota pengunjung Anda, dan dalam seperti kode pos pengunjung. Hal ini  memungkinkan Anda untuk dengan tepat menargetkan konten Anda untuk di tampilkan pada website Anda, agar lebih sesuai dengan pengunjung Anda. Plugin ini juga memiliki ukuran yang besar untuk databasenya karena memang menyimpan begitu besar negara dan kota secara lengkap. Berikut beberapa fitur dan penjelasan mengenai fitur plugin Geotargeting Pro :

  • Kompatibel Kunci Maxmind API
  • Kompatibel Database Maxmind premium
  • Target Geografis negara, propinsi dan kota
  • Dukungan Cloudflate Geolocation
  • Geotarget posting / halaman
  • Membuat beberapa Redirect berdasarkan negara pengguna atau kota
  • Tombol editor untuk menambahkan shortcode dengan mudah
  • Buat beberapa daerah (kelompok negara atau kota) untuk digunakan dengan shortcode
  • Shortcode untuk mengecualikan negara, kota dan daerah
  • Widget dropdown untuk pengguna mengubah negara mereka
  • Fungsi PHP Lengkap
  • Sembunyikan Woocommerce produk. Bekerja dengan plugin apapun
  • AJAX mode yang membuat plugin kompatibel dengan plugin Cache
  • Dukungan Premium

Plugin Geo targeting pro ini mendukung Cloudflare geolocation. Hal ini membuat layanan lebih efisien dalam menampilkan konten Anda berdasarkan lokasi dari pengunjung Anda.

Plugin geo targeting juga mempunyai widget opsional yang dapat Anda gunakan untuk memberikan informasi pada sidebar yang berbeda pada pengunjung sesuai dengan lokasi yang Anda tetapkan.

Shortcode berfungsi untuk membuat aturan penargetan lokasi dan isi konten, ini sangat mudah digunakan untuk mendefinisikan konten di situs Anda untuk ditampilkan kepada pengguna di beberapa wilayah.

Plugin geo targeting pro memberikan fitur penuh yang dapat Anda gunakan untuk berbagai tujuan penargetan yang memungkinkan Anda untuk menampilkan set konten yang berbeda sesuai dengan wilayah pengunjung yang mengakses situs WordPress Anda.

Cara Menggunakan Geo Targeting Pro untuk WordPress

Setelah Anda mengetahui apa itu plugin geo targeting dan manfaatnya yang sudah saya jelaskan di atas dan sebelum Anda menggunakan plugin Geo targeting pro alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu harga dan fitur dari plugin ini, Harga yang di tawarkan disini di bagi menjadi tiga paket :

  • Single site $45.00
  • 2-5 Sites $120.00
  • Unlimited Sites $350.00

Semua harga yang ditawarkan diatas sudah mencakup akses ke forum dukungan premium dan update Plugin selama satu tahun.  Selengkapnya bisa Anda lihat disini.

Setelah Anda mengetahui harga dari beberapa paket harga yang ditawarkan diatas untuk penggunaan plugin geo targeting pro, mari kita lanjutkan ke cara menggunakan geo targeting pro pada WordPress secara lengkap.

Seperti kebanyakan plugin lainnya, Anda harus melakukan installasi plugin geo targeting yang sangat mudah dan praktis, jika Anda belum tahu bagaimana cara menginstall dan mengaktifkan plugin Anda bisa membaca tutorialnya disini.

Setelah menginstall dan mengaktifkan plugin GeoTargeting di situs Anda, silahkan untuk melakukan konfigurasi plugin ini. Akan terdapat menu baru pada sidebar menu pada area admin WordPress Anda yang bernama “Geo Targeting”. Dan klik menu tersebut untuk mulai melakukan pengaturan plugin.

menu geotargeting

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatur plugin ini adalah  menentukan negara dan wilayah sesuai dengan keinginan Anda yang ingin di targetkan. plugin ini akan membuat pengaturan ini menjadi sangat mudah berkat turunan yang otomatis di tampilkan. Anda juga dapat membuat kelompok negara atau kota untuk membuatnya lebih mudah untuk menargetkan pengguna, dan ini nanti dapat Anda gunakan dalam shortcode atau widget.

buat region baru

Dengan plugin Geo targeting, Anda dapat menambahkan banyak negara yang Anda butuhkan sesuai dengan daerah yang Anda inginkan. Ini akan sangat berguna untuk dapat menargetkan wilayah yang luas, seperti Eropa, Afrika, dan Asia. Namun, Penargetan Geografis Pro tidak mendukung menampilkan konten berdasarkan kota pengunjung.

Namun, untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mendaftar dengan layanan database premium geotargeting seperti GeoIP2 City. Ini layanan premium tidak hanya meningkatkan akurasi kemampuan penargetan geografis dari situs Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menggunakan properti lokasi pengunjung Anda, seperti kode pos mereka.

Selanjutnya Anda dapat mulai membuat konten di website Anda untuk pengunjung Anda dari berbagai daerah-daerah yang ingin Anda targetkan.

Seperti yang sudah saya cantumkan pada fitur diatas, plugin ini memudahkan bagi pengguna dengan menambahkan tombol baru pada editor posting WordPress Editor yang dapat digunakan untuk menciptakan konten spesifik berdasarkan wilayah target dengan sangat mudah. Cukup masukkan beberapa konten di daerah post editor, pilih, dan kemudian klik tombol Geotargeting pada Editor.

tombol geotargeting editor

Melalui pilihan, Anda dapat memilih apakah akan menampilkan konten yang dipilih, atau menyembunyikannya, berdasarkan lokasi dari pengunjung. Anda bisa menggunakan daerah yang telah Anda tentukan, atau hanya pilih masing-masing negara dari daftar drop-down.

geo target country

Setelah Anda memasukkan rincian, maka klik “Insert Shortcode” dan otomatis shortcode di masukkan kedalam postingan. Dan setelah itu, silahkan untuk mempublish  postingan yang sudah Anda buat, dan sekarang pengunjung Anda akan melihat konten yang berbeda-beda sesuai dengan lokasi geo-grafis mereka. Dalam contoh ini saya menargetkan konten khusus Indonesia dan jika pengguna dengan alamat IP Indonesia saja yang akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

geotargeting post

Anda dapat melakukan berbagai macam penggunaani format shortcode, Anda dapat melihat beberapa contoh penggunaan shortcode secara penuh pada halaman dokumentasi plugin.

Plugin ini juga membawakan fitur pada widget yang dapat ditambahkan ke sidebar, atau daerah widgetized lain dari tema Anda. Widget opsional memungkinkan pengunjung Anda untuk memilih lokasi geografis mereka sendiri, yang kemudian akan digunakan untuk menampilkan konten dari situs Anda, berikut contoh penggunaan pengaturan widget dari plugin geotargeting.

geotargeted widgets

Dengan widget diaktifkan, pengunjung Anda sekarang dapat secara manual mengatur lokasi mereka. Dengan adanya fitur Widget ini maka akan memberikan manfaat yang sangat bagus karena Anda dapat menampilkan widget tertentu, berdasarkan lokasi pengunjung, seperti iklan berbeda untuk pengunjung dengan wilayah berbeda.

Serta menggunakan shortcode untuk menampilkan konten geo-spesifik dalam posting Anda dan halaman, Anda juga bisa menggunakan fitur plugin ini untuk menampilkan konten dalam file tema Anda. Hal ini dapat mencakup header dan footer dari situs Anda.

Baca : Cara Membuat Menu Berbeda Saat User Login Logout

Kesimpulan

Jika Anda perlu untuk menampilkan konten khusus untuk pengunjung Anda, berdasarkan lokasi geografis mereka, maka menggunakan plugin Geo Targeting versi premium adalah solusi yang sangat tepat karena plugin ini adalah alat sederhana yang sangat mudah digunakan, meskipun tergantung pada kebutuhan Anda, Anda mungkin perlu mendaftar untuk pihak ketiga layanan database IP premium untuk menargetkan pengunjung menurut kota pengunjung Anda. Penggunaan plugin ini juga sangat mudah dan praktis untuk digunakan, dengan manfaat yang begitu banyak bisa Anda dapatkan maka harga yang ditawarkan oleh plugin ini tidaklah mahal.

Baca : WordPress Popup – Plugin Untuk Membangun Daftar Email dan Media Sosial

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Cara Optimasi Database WordPress dengan Wp Optimize

Database adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan informasi dan data penting, begitu juga Wordpress...

Theme WordPress Responsive Interface Free

Interface adalah Theme wordpress responsif gratis dengan desain sederhana, Clean dan Flat. Pengaturan theme...

Close