How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Lebih Jauh Mengenal Tentang Domain Controller dan Segala Fungsinya

Berbicara mengenai domain dan hosting sepertinya tidak akan pernah usai. Karena setiap harinya terjadi perubahan-perubahan baru dalam domain dan hosting. Bahkan yang terbaru adalah kemunculan domain controller. Menurut banyak orang, domain controller adalah sebagai polisi yang bertugas untuk memeriksa kelengkapan. Apakah hal ini benar? Tentunya tidak akan diketahui jika, tidak ada pembahasan lebih lanjut. Untuk itu, akan dijelaskan tentang pengertian domain controller dari www.domainesia.com dan fungsinya untuk website. Penasaran? Mari kita baca lebih lanjut untuk lebih memahami apa itu domain controller dibawah ini.

Domain Controller

Pengertian Domain Controller

Domain controller adalah sebuah “polisi” dalam bentuk server yang memiliki tugas untuk merespon berbagai permintaan yang dilakukan pada windows. Adapun request yang mungkin dilakukan berupa login, permission dan yang lainnya. Jadi, tanpa adanya domain controller, tidak akan ada respons dan permintaan tidak dapat diteruskan. Lantas bagaimanakah bentuk domain controller ini?

Secara kasat mata, domain controller memang tidak nampak. Karena berbentuk sebagai perangkat lunak atau aplikasi yang berjalan dan bekerja dibelakang layar dan memiliki peranan yang cukup besar untuk website dan domain. Karena didalamnya terdapat basis data akun penggunaan lengkap dengan direktorinya. Hal inilah yang menunjukkan bahwa domain controller mempunyai peranan besar untuk website. Sedangkan jika domain controller ini tidak ada atau tidak muncul akan berakibat fatal pula pada domain dan website yang digunakan.

Fungsi Domain Controller

Setelah mengetahui peran dan pengertian domain controller, sekarang adalah waktunya membuktikan apakah benar domain controller berperan sebagai polisi? Cari tahu jawabannya dengan membaca informasi berikut.

1. Respon Untuk Masuk Ke Windows Server Domain

Domain adalah susunan huruf dan abjad yang cukup unik. Hal inilah yang akan mengantarkan Anda masuk dalam sebuah website yang dituju atau domain bisa di artikan sebagai nama alamat. Jika terjadi kesalahan pada domain tersebut, maka proses tidak dapat dilanjutkan. Pernah mengalaminya? Hal inilah yang dilakukan oleh domain controller. Sehingga, dapat dikatakan domain controller adalah polisi untuk memberikan respon pada pengunjungnya.

Selain hal tadi, respon yang diberikan domain controller cukup beragam, diantaranya login, permission ataupun yang lainnya. Inilah yang menyebabkan, peranan dari domain controller dibutuhkan untuk website.

2. Mengatur Aspek Keamanan

Karena memiliki fungsi untuk memberikan respon, atau sebagai polisi, domain controller memiliki fungsi yang cukup sentral. Fungsi tersebut merupakan pengatur keamanan dari akun user serta interaksinya dengan domain. Sehingga lalu lintas user dan domain dapat dilakukan dengan teratur dan tidak merepotkan satu sama lain.

3. Memeriksa User

Selama ini, Anda tentu masuk dengan mudah pada sebuah website ataupun blog. Namun sebenarnya, disinilah pekerjaan domain controller, yaitu melakukan pengecekan user yang masuk. Jika terjadi kesalahan alamat ataupun domain, maka website yang dituju tidak akan tersampaikan. Begitu pula sebaliknya, inilah alasan mengapa domain controller dikatakan sebagai polisi dan memegang kendali untuk mengatur keamanan.

4. Memegang Hak Resource

Satu hal lain yang perlu diketahui, bahwa domain controller memegang hak akses resource yang ada pada server. Karenanya, fungsii domain controller cukup perlu dipertimbangkan. Utamanya, untuk Anda yang sempat tidak menganggapnya penting bahkan tidak berencana menggunakannya. Dengan adanya domain controller, semua keamanan dan masalah administrasi dapat dilakukan secara terpusat.

Sudah cukup jelas dengan informasi di atas? Jika belum, tambahkan informasi Anda dengan membaca buku ataupun media lain. Sehingga didapatkan informasi tentang apa itu domain controller adalah dan fungsinya secara lebih detail. Dan domain controller dapat digunakan dengan lebih bijak dan maksimal.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Bisnis Online Menjanjikan di 2019 Untung Besar

Bisnis online di era milenium seperti saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal...

Black Friday: Diskon 50% Untuk Semua Tema di TemplateMonster

Black Friday adalah hari ketika orang-orang dapat berbelanja untuk mendapatkan harga terbaik dengan diskon...

Close