Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Optimasi Database WordPress dengan Wp Optimize

Database adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan informasi dan data penting, begitu juga WordPress menggunakan database MySQL untuk menyimpan berbagai informasi dan datanya, dan database ini mempunyai peran yang sangat vital, kita sebagai pemiliki website harus selalu membackup, mengamankan dan menjaga database tetap bekerja dengan baik.

wp optimize optimasi database wordpress

Melakukan optimasi database WordPress adalah salah satu tugas penting yang harus secara rutin dikerjakan agar tetap menjaga blog atau website WordPress Anda tetap bekerja dengan baik. Seperti yang saya sebutkan di awal paragraf tadi bahwa WordPress menggunakan MySQL untuk membuat tabel dan database untuk menyimpan data. Dengan berjalannya waktu, blog yang semakin berkembang dan artikel yang update, maka juga secara otomatis akan menambahkan banyak data tabel secara berlebihan dan bisa terjadi overhead database pada MySQL database WordPress Anda, dan Anda harus melakukan optimasi dengan rutin menghapus data tabel tersebut agar menjaga database tetap bekerja dengan baik.

WordPress sendiri mempunyai fitur penting yang sangat berguna bagi penggunanya seperti  post revision dan auto draft, selain fitur tersebut penting untuk menjaga tulisan kita tetap tersimpan atau dapat dikembalikan saat terjadi masalah saat sedang menulis (misal : listrik padam dan laptop juga ikut mati namun tulisan Anda di editor WordPress belum sempat Anda simpan, maka fitur auto draft akan secara otomatis menyimpan tulisan Anda), Namun, dibalik fitur yang penting tersebut juga menimbulkan efek negatif pada database WordPress, karena fitur tersebut menambahkan ukuran secara berlebih ke basis data, dan Anda harus mengosongkan semua tabel tersebut untuk menjaga ukuran database Anda agar tetap rendah.

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Dan untuk fitur revisi posting atau post revision sebenarnya bisa Anda batasi agar tidak menjadikan database Anda overhead dengan sedikit menambahkan satu baris kode, Anda bisa membatasi post revisions dengan 2-3 revisi saja. Tetapi jika blog Anda besar dan selalu update, hal tersebut tentu masih kurang efektif. Dan untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan cara termudah dan praktis dengan menggunakan plugin WP-Optimize untuk membersihkan semuanya dengan hanya sekali klik dan bisa Anda lakukan cukup satu bulan sekali.

Apa itu WP Optimize dan Manfaat Menggunakan WP Optimize?

WP Optimize adalah plugin yang digunakan untuk mengoptimalkan database WordPress dengan cara membersihkan tabel database yang tidak berguna tanpa perlu masuk ke phpmyadmin. Dan ini merupakan alat yang mempunyai fungsi lebih luas lagi daripada hanya mengoptimalkan tabel database. Plugin juga sangat mobile friendly, Anda dapat dengan mudah menggunakannya melalui smartphone Anda.

Salah satu penyebab utama situs yang dibangun dengan WordPress menjadi lambat saat di akses adalah karena database yang besar, dan dengan begitu Anda sangat dianjurkan untuk tetap selalu mengoptimalkan basis data blog Anda dengan rutin dan terjadwal. Disini Wp-Optimize akan menjadi salah satu plugin solusi optimasi database yang paling sederhana, yang akan membantu Anda untuk melakukan tugas-tugas sebagai berikut:

  • Memeriksa ukuran database
  • Menghapus revisi posting
  • Menghapus semua auto-draft posting
  • Menghapus komentar yang masuk pada spam
  • Menghapus komentar yang tidak disetujui
  • Menghapus komentar pada trash
  • Mengoptimalkan tabel database
  • Menghapus Trackback dan pingback
  • Menghapus postingan di sampah
  • Menghapus pilihan transient

Dalam menggunakan plugin WP Optimize, Anda dapat memilih untuk menggunakan semua fitur yang dibawanya atau Anda dapat memilih beberapa saja dari fitur-fitur tersebut. Berikut ini panduan dalam menggunakan plugin Wp-Optimize.

Cara menggunakan WP-Optimize WordPress

Untuk menggunakan plugin WP-Optimize silahkan download dan install plugin tersebut, setelah itu aktifkan plugin. Setelah plugin Anda aktifkan maka akan muncul menu baru pada sidebar Dashboard WordPress Anda dengan nama “WP-Optimize

Silahkan klik menu WP-Optimize tersebut, dan Anda akan dibawa ke halaman WP-Optimize seperti ini, dimana Anda dapat melakukan semua tugas-tugas yang saya sebutkan di atas.

wp-optimize-wordpress

Dan berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai fitur-fitur yang terdapat pada WP Optimize, sehingga Anda mengetahui mana fitur yang perlu Anda terapkan atau Anda lewati.

Clean all posts revision : Setiap kali Anda menyimpan postingan Anda, maka WordPress secara otomatis akan menyimpan revisi pos lama secara default, sehingga Anda dapat mengembalikan ke versi tulisan lama Anda sebelum Anda edit kapan saja. Misal : Jika Anda telah mengedit artikel Anda dan menyimpannya sampai 10 kali, maka Anda telah membuat 10 salinan posting yang sama juga kedalam database Anda. Posting revisi adalah fitur yang berguna dari WordPress, tapi menggunakan fitur tersebut secara terus menerus tanpa melakukan optimasi pada database dapat mengakibatkan database membengkak. Dan dengan mengaktifkan pilihan ini merupakan keharusan karena akan menghapus post revisi lama Anda yang sudah tidak Anda butuhkan lagi.

Clean all auto-draft posts and post in trash : Fitur ini hampir mirip dengan post revision, WordPress auto-draft adalah fitur yang berguna, yang menyimpan tulisan Anda saat menulis setelah waktu tertentu. Dan ini juga mengakibatkan meningkatnya ukuran database Anda dalam jangka panjang, dan mengosongkan semua auto-draft sebulan sekali juga sangat Anda perlukan.

Remove spam comments and comments in trash : Jika Anda menggunakan plugin seperti Akismet atau anti-spam untuk komentar, Anda mungkin akan menemukan banyak komentar spam di folder spam komentar. Mengaktifkan pilihan ini akan memudahkan Anda dalam menghapus semua komentar spam dengan satu kali klik saja.

Remove unapproved comments: Opsi ini akan membiarkan Anda menghapus semua komentar yang tidak disetujui dengan satu kali klik.

Optimize database tables : mengaktifkan pilihan ini juga sangat penting karena membantu Anda dalam mengoptimalkan database WordPress pada interval waktu tertentu untuk menjaga ukuran database Anda tetap dalam ukuran yang wajar.

Dan untuk melakukan optimasi database, Anda hanya perlu untuk klik pada tombol “PROCESS” dan Wp-Optimize akan mengoptimalkan database Anda dengan beberapa detik saja.

Namun jika Anda kawatir akan terjadi error dengan melakukan optimasi database ini, Anda bisa melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan klik “PROCESS“.

Baca : Mempercepat Loading WordPress Dengan Gzip Compression

Dan selanjutnya Anda bisa melakukan penjadwalan untuk mengoptimalkan database Anda agar dapat dilakukan secara otomatis dan terjadwal, Anda bisa masuk pada menu tabs “Settings” dan mencentang pilihan Enabled scheduled dan pilihlah untuk penjadwalan mingguan atau bulanan. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya. Jika sudah selesai mengatur penjadwalan, silahkan klik tombol “Save auto clean up settings“.

settings-wp-optimize-wordrpess

Dan diatas adalah penjelasan lengkap tentang plugin WP Optimize dan cara menggunakan WP Optimize, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan sekarang database Anda selalu dalam kondisi baik. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • teguhiw

    kalau database cleaner plugin saya rasa sudah cukup untuk optimasi daabase..

  • supri

    belum paham gan, itu wp optimazion cara aktifinnya….???

  • Mukhotob Hamzah

    transient option itu apa gan.? di wp-optimize versi terbaru opsi tersebut dimerahkan. pesannya kalau milih opsi itu harus hati-hati.

Must Read...!
Theme WordPress Responsive Interface Free

Interface adalah Theme wordpress responsif gratis dengan desain sederhana, Clean dan Flat. Pengaturan theme...

Kelebihan & Kegunaan Widget Text WordPress

Membangun blog atau website dengan WordPress, kita semua harus setuju bahwa Widget adalah sebuah...

Close