How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menjadwalkan Shutdown Otomatis Pada Windows 10

Dalam menggunakan perangkat komputer, fitur sederhana yang seharusnya ada dan mudah digunakan oleh semua pengguna adalah pengaturan Shutdown otomatis. Windows 10 telah memiliki fitur ini tapi tidak mudah untuk digunakan dan bagi pengguna Windows 10 baru tentu tidak akan mengetahui fitur shutdown otomatis ini sudah ada dalam windows 10.

Pentingnya fitur ini adalah karena sering kali, pengguna Windows lupa mematikan PC mereka atau Anda memang membiarkan PC mereka hidup dan mati sesuai dengan waktu yang telah ditentukan secara otomatis. Jika pengguna lupa mematikan PC windows dalam waktu yang lama dan berulang-ulang maka akan menyebabkan beberapa masalah seperti baterai yang cepat drop dan PC yang terlalu panas.

Jadi, dalam artikel ini, saya akan membagikan cara sederhana yang memungkinkan Anda menjadwalkan shutdown otomatis pada Windows 10 Anda. Anda dapat menjadwalkan shutdown otomatis ini berdasarkan waktu, acara, dan banyak lagi sesuai dengan yang Anda inginkan. Jadi tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita lanjutkan dan pelajari tentang langkah-langkahnya dibawah ini.

Jadwalkan Shutdown Otomatis pada Windows 10

Karena Windows tidak memiliki pengaturan asli untuk penjadwalan shutdown otomatis, saya akan menggunakan aplikasi Task Scheduler bawaan agar bisa menjadwalkan shutdown otomatis pada windows 10 ini. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah dari awal jadi jangan khawatir jika Anda benar-benar baru dalam Task Scheduler.

Baca : 12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot

Shutdown Otomatis pada Windows 10 dengan Task Scheduler

1. Tekan tombol Windows satu kali dan ketik “Task Scheduler” di kotak pencarian. Sekarang, klik pada hasil yang muncul pertama.

Cara Menjadwalkan Shutdown Otomatis Pada Windows 10 1 1

2. Selanjutnya, klik “Create Basic Task” yang terletak di panel kanan.

Cara Menjadwalkan Shutdown Otomatis Pada Windows 10 3

3. Setelah itu, beri nama untuk Task Anda dan klik “Next“. Sebagai contoh, saya telah memberi nama “Automatic Shutdown“.

Cara Menjadwalkan Shutdown Otomatis Pada Windows 10 1

4. Pada jendela berikutnya, pilih “Daily” jika Anda ingin shutdown terjadi sekali setiap hari. Anda bebas memilih opsi lain juga berdasarkan preferensi Anda.

Task Schedule 1 3

5. Setelah itu, masukkan waktu dan tanggal dari saat Task akan aktif. Seperti yang Anda lihat, saya telah menjadwalkan shutdown otomatis pada setiap jam 23:00 atau 11 malam mulai hari ini. Ingat, bidang waktu hanya mendukung format 24 jam, jadi masukkan data Anda hanya dalam format 24 jam.

Task Schedule 2 4

6. Pada tab “Action“, pilih “Start program” dan klik “Next“.

Cara Menjadwalkan Shutdown Otomatis Pada Windows 10 6

7. Sekarang, paste shutdown.exe di bidang Program/Script dan /s /f /t 60 di Add arguments field. Pada dasarnya, /s berarti shutdown, /f berarti memaksa aplikasi di tutup dan /t berarti batas waktu yang dibatasi pada 60 detik. Ini berarti komputer akan mati setiap malam pada jam 11 setelah batas waktu 60 detik. Anda dapat mengubah batas waktu dengan mengubah jumlah detik.

Cara Menjadwalkan Shutdown Otomatis Pada Windows 10 5

8. Sekarang, Anda hampir selesai. Periksa semua detail Task Anda dan klik tombol “Finish“.

Task Schedule 3 1

9. Jika Anda ingin menguji apakah Task shutdown otomatis berfungsi dengan baik, klik “Task Scheduler Library” dan klik kanan pada “Automatic Shutdown“. Sekarang, klik “Run“. Jika Anda telah mengkonfigurasi semuanya dengan benar, PC Anda akan mati dalam 60 detik.

Cara Menjadwalkan Shutdown Otomatis Pada Windows 10 2

Baca : Cara Ampuh Disable atau Menonaktifkan Update Windows 10

Shutdown Windows 10 pada Waktu yang Dijadwalkan

Jadi itu adalah panduan singkat saya tentang cara menjadwalkan shutdown otomatis pada Windows 10. Seperti yang Anda lihat, saya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, melainkan mengandalkan aplikasi asli untuk membuat ini bekerja. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan Task Scheduler dan saya harap Anda sekarang menemukan solusi yang mudah untuk menjadwalkan shutdown otomatis pada Windows 10 Anda. Jika Anda menyukai artikel ini, lihat artikel saya tentang 10 Masalah Umum di Windows 10 dan Solusinya, di mana Anda dapat mempelajari untuk menyelesaikan masalah yang sering terjadi pada Windows 10.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Daftar HP Smartphone Baru Hadir di Tahun 2020

10 Daftar HP Smartphone Baru Terbaik Hadir di Tahun 2020 - Bulan ini adalah...

Panduan Cara Instal PHP di Ubuntu 18.04

Panduan Cara Instal PHP di Ubuntu 18.04 - Dalam tutorial ini kita akan membahas...

Close