How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menggunakan Aplikasi WordPress Versi Desktop untuk Blog WordPress Self Hosted

Dua tahun yang lalu WordPress telah merilis aplikasi WordPress versi desktop dan saya juga pernah membuat artikel sederhana tentang WordPress desktop disini, tapi pada artikel tersebut saya belum memberikan tutorial tentang bagaimana menggunakan aplikasi WordPress desktop tersebut.

Dibuatnya WordPress versi desktop ini pada dasarnya bertujuan untuk lebih memudahkan Anda dalam mengakses WordPress ketika ingin menulis dan mengedit posting blog tanpa terganggu oleh tab browser lain.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan aplikasi WordPress desktop ini pada blog WordPress yang di hosting sendiri yang berarti bukan WordPress gratisan di WordPress.com.

Cara Menggunakan Aplikasi WordPress Desktop untuk WordPress hosting sendiri

Aplikasi WordPress versi desktop ini dibuat secara langsung oleh perusahaan dibelakang WordPress yaitu Automattic, yaitu sebuah perusahaan yang didirikan oleh pendiri WordPress Matt Mullenweg. Automattic juga perusahaan di belakang JetPack dan WordPress.com.

WordPress Desktop Version

Aplikasi WordPress desktop menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk WordPress yang menggunakan hosting sendiri dan sangat bagus bagi pengguna yang mencari editor yang terbebas dari gangguan ketika membuat konten. Namun, sebelum masuk pada pembahasan inti dari artikel ini, saya akan membahas beberapa kelebihan dan kekurang ketika menggunakan WordPress versi desktop.

Kelebihan WordPress Desktop

Berikut adalah keuntungan menggunakan aplikasi WordPress desktop di komputer Anda untuk mengelola situs WordPress yang dikelola pada hosting sendiri.

  • Menawarkan antarmuka pengguna yang bagus untuk mengelola website WordPress Anda
  • Aplikasi akan menyinkronkan konten Anda dengan cepat dan menawarkan pengalaman menulis yang hebat
  • Menawarkan area penulisan bebas gangguan yang bersih untuk membuat konten Anda sehingga Anda dapat fokus pada penulisan konten
  • Memungkinkan Anda untuk melakukan tugas pengelolaan website tanpa membuka browser Anda seperti mengupdate plugin dan menjawab komentar.

Kekurangan WordPress Desktop

Berikut beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi desktop WordPress untuk mengelola situs WordPress di hosting sendiri.

  • Aplikasi tidak bekerja ketika Anda offline. Ini berarti Anda tidak dapat menulis posting, mengedit dan menyimpannya ke komputer menggunakan aplikasi desktop.
  • Aplikasi tidak dapat memuat bidang khusus yang dibuat oleh plugin di post editor. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan plugin All In One SEO atau SEO by Yoast, maka Anda tidak dapat mengedit pengaturan SEO di postingan dari aplikasi.
  • Aplikasi membutuhkan plugin JetPack dan Anda harus memiliki akun WordPress.com

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menginstall Aplikasi WordPress Versi Desktop. Dan sekarang mari kita lanjut pada pokok pembahasan dari artikel ini.

Menggunakan WordPress Desktop App untuk WordPress Self-Hosted

Untuk menggunakan WordPress desktop App, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin JetPack di situs WordPress Anda. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan lengkap cara install plugin di WordPress.

Setelah aktivasi, Anda akan diminta untuk menghubungkan JetPack ke akun WordPress.com.

WordPress Desktop connect jetpack

Anda perlu mengklik tombol ‘Set up Jetpack’ untuk melanjutkan.

Sekaran Anda akan dibawa ke situs WordPress.com. Jika Anda sudah punya akun WordPress.com, maka Anda bisa langsung login menggunakan user dan password akun Anda. Jika belum memiliki akun WordPress.com, Silahkan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan klik tombol sign up untuk membuat akun baru WordPress.com.

WordPress Desktop signup wp

Setelah mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman harga. Silahkan scroll ke bagian bawah halaman dan klik tombol ‘Start with free’ untuk membuat akun WordPress.com secara gratis.

WordPress Desktop get free account

WordPress.com sekarang akan membuat akun gratis untuk Anda, dan Anda akan diarahkan kembali ke website WordPress Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mendownload dan menginstal Aplikasi WordPress Desktop di komputer Anda. Dowload ⇒ WordPress Desktop.

WordPress Desktop app login

Setelah instalasi selesai dan aplikasi WordPress desktop siap digunakan. Anda akan melihat layar login di mana Anda perlu memasukkan username dan password WordPress.com dari akun yang baru saja Anda buat tadi.

Setelah masuk, Anda akan melihat layar pembaca WordPress.com tempat Anda dapat menjelajahi konten dan mengikuti blog. Untuk mengelola website WordPress Anda, Silahkan untuk klik menu tab “My Site” dibagian menu bar atas.

WordPress Desktop app dashboard

Anda sekarang akan melihat judul website Anda di menu sebelah kiri beserta bagian pengelolaan situs web lainnya. Di kolom kanan, Anda akan melihat laporan lalu lintas dari JetPack.

Dibagian sidebar kiri, Anda akan melihat menu yang hampir mirip dengan sidebar admin WordPress Anda ketika dibuka melalui browser, dengan navigasi tersebut Anda dapat mengedit dan membuat postingan, halaman, dan jenis posting khusus. Anda juga bisa menambahkan posting blog baru dengan mengklik tombol “Write” di bagian atas.

WordPress Desktop addingcontent

Pada area editor WordPress untuk membuat, maupun mengedit konten pada versi desktop ini menawarkan pengalaman pengguna yang sangat bagus dan terlihat bersih.

Dimana pada bagian kolom kanan, Anda akan menemukan pengaturan postingan seperti status, penjadwalan posting, kategori dan tag, featured image, dan banyak lagi. Sedangkan di sebelah kiri, Anda memiliki area penulisan yang bersih, luas dan bebas gangguan dengan rich text editor.

WordPress Desktop writing posts

Di editor WordPress desktop ini Anda juga dapat menambahkan foto dan galeri ke artikel Anda dengan mengklik tombol ‘+ Add’ pada menu editor. Anda dapat menutup kolom pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi atau gir di bagian atas.

Aplikasi WordPress Desktop juga memungkinkan Anda untuk mengelola komentar dengan mudah di situs Anda. Anda bisa membalas komentar sekaligus menyetujui atau menghapus komentar sambil menunggu moderasi.

WordPress Desktop comments

Bagian tema di aplikasi juga memungkinkan Anda untuk dapat mengelola tema seperti melihat daftar tema terinstall, menginstall tema WordPress baru, dan update tema WordPress tanpa harus meninggalkan aplikasi WordPress desktop.

WordPress Desktop themes

Namun, Anda tidak dapat menyesuaikan tema Anda di dalam aplikasi. Jika Anda klik customizer tema, maka akan membuka jendela customizer di situs WordPress Anda di tab browser baru.

Bagian plugin memungkinkan Anda menginstal, mengunggah, dan mengaktifkan plugin langsung dari aplikasi.

WordPress Desktop manage plugins

Aplikasi ini juga akan memberi tahu Anda tentang pembaruan atau update plugin, dan Anda dapat memperbaruinya langsung dari aplikasi. Anda juga diberikan pilihan untuk mengaktifkan update plugin secara otomatis.

WordPress Desktop update plugins

Sekarang, mari kita lihat pada bagian Sharing.

Di sini Anda dapat menghubungkan plugin JetPack ke situs media sosial populer dan secara otomatis berbagi posting baru di media sosial.

WordPress Desktop social sharing

Jika Anda ingin menambahkan penulis dan pengguna baru ke WordPress, Anda dapat melakukannya langsung dari bagian ‘People’ di aplikasi. Pada bagian ini Anda akan melihat semua pengguna terdaftar di situs Anda dan pengguna yang mengikuti blog Anda menggunakan fitur JetPack Follower.

WordPress Desktop manage users

Anda dapat mengeklik tombol “Add” untuk mengundang pengguna baru dan mengeklik akun pengguna yang ada untuk melihat detailnya dan menghapus akun jika diperlukan.

Bagian Setelan di dalam aplikasi memungkinkan Anda mengelola setelan WordPress dari aplikasi. Beberapa pengaturan ini khusus untuk plugin aplikasi dan JetPack sementara yang lain adalah pengaturan WordPress yang biasanya Anda kelola di area admin melalui browser.

WordPress Desktop app settings

Dengan aplikasi WordPress desktop, Anda juga dapat mengelola beberapa situs WordPress sekaligus, Anda dapat menambahkannya ke aplikasi dan mengelolanya dari dasbor yang sama. Dengan syarat setiap website baru yang akan Anda tambahkan pada aplikasi desktop harus sudah terpasang plugin JetPack dan terhubung ke akun WordPress.com yang sama dengan yang Anda gunakan di aplikasi Anda. Setelah itu Anda cukup mengklik tombol “add new site” di sudut kanan bawah app untuk menambahkannya.

WordPress Desktop add newsite

Dan itulah penjelasan lengkap saya tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi WordPress Desktop untuk situs WordPress di hosting sendiri. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba 🙂

Baca : Panduan Cara Install WordPress di PC Localhost [Offline]

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Freddo Responsive Free

Freddo adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang multiguna, segar dan minimalis dengan semua fitur...

Cara Melihat Password atau Kata Sandi (Asteris) di Browser

Kita semua tahu bahwa password atau kata sandi yang kita ketikkan di browser akan...

Close