How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membeli Hosting dan Domain di HostGator

Untuk memulai memiliki website atau blog sendiri yang dibutuhkan pertama kali untuk membuatnya menjadi online adalah nama domain dan hosting. Untuk mendapatkan nama domain dan hosting sendiri tidaklah sulit, yang terpenting tentu saja Anda sudah memiliki sedikit uang untuk membeli rencana nama domain dan hosting tersebut.

Memang nama domain dan hosting bisa Anda dapatkan dengan gratis tapi keduanya memiliki keterbatasan dan membuat situs Anda terlihat tidak profesional nantinya. Jadi, bagi Anda yang ingin serius dalam memiliki website atau blog sangat disarankan untuk membelinya. Dan untuk membeli hosting diperlukan pengetahuan yang lebih dari sekedar hanya memiliki uang dan membelinya ditempat yang salah. Karena hosting berperan sangat penting dalam menunjang situs Anda.

Dalam panduan ini, saya akan membantu Anda dalam menentukan dimana tempat membeli layanan web hosting terbaik dan bagaimana cara melakukan pembelian layanan tersebut. Ada banyak sekali layanan hosting bisa Anda temukan saat mencari di mesin pencarian, tapi untuk mempersingkat pencarian Anda saya menyarankan untuk memilih salah satu dari 10 layanan hosting terbaik yang sudah blog centerklik rangkum disini ⇒ 10 Layanan Web Hosting Terbaik dan Murah.

Dan disini saya akan membuatkan panduan untuk membantu Anda dalam membeli hosting dan domain di salah satu layanan web hosting terbaik yaitu HostGator. Panduan ini akan memudahkan Anda dalam proses daftar order hosting dan domain dengan benar.

Cara Membeli Hosting dan Domain di HostGator

Jika Anda belum mengenal Hostgator, itu adalah salah satu layanan yang terbaik untuk web hosting yang bisa Anda gunakan dan untuk kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena ini merupakan perusahaan hosting yang terkenal dan sudah memiliki jutaan pengguna diseluruh dunia.

Hostgator menawarkan banyak rencana, tetapi untuk sebuah website baru (WordPress, Static, PHP, dll), shared hosting menawarkan rencana awal yang baik. Dalam tutorial ini, saya akan membeli rencana dengan harga termurah yaitu paket “Hatchling” untuk 3 tahun (Karena harga sangat murah). Rencana “Hatchling” menawarkan unlimited untuk semuanya tapi hanya bisa digunakan untuk satu domain saja. Jika Anda berencana membuat banyak situs maka bisa menggunakan untuk paket “Baby” atau paket “Business Plan” sekalian.

Biaya hosting dapat berbeda-beda tergantung jenis layanan hosting yang ditawarkan. Tapi bagi pemula paket shared hosting diatas merupakan pilihan yang paling tepat karena harga lebih terjangkau. Namun, jika semakin berkembang situs Anda di beberapa tahun kemudian mungkin dua atau 3 tahun kemudian, Anda bisa mengupgrade layanan ke yang lebih mahal dan dengan kemampuan yang ekstra yaitu VPS atau Cloud Hosting.

Dan mari kita mulai untuk melakukan order pembelian hosting di hostgator.

Silahkan kunjugi situs HostGator di alamat berikut ⇒ https://www.hostgator.com/ dan pada halaman utama situs hostgator tersebut terdapat tombol bertuliskan “Get Started Now” dan klik tombol tersebut. Jika Anda tidak menemukannya bisa langsung klik menu “Web Hosting”.

hostgator-hosting

Pada halaman berikutnya klik tombol “Signup Now” tepat dibagian paket “Hatchling Plan”.

Shared Hosting Hostgator

Setelah itu Anda akan dihadapkan dengan formulir yang panjang yang terbagi menjadi beberapa bagian. Ini semua penting untuk Anda perhatikan karena ini merupakan bagian halam terakhir dalam proses order di hostgator.

1. Choose a Domain

Pertama Anda diharuskan untuk memasukkan nama domain baru yang Anda inginkan pada kolom yang disediakan jika Anda belum punya nama domain “Register a new domain”, contoh nama domain adalah : centerklik.com , tapi jika Anda sudah memiliki nama domain yang sudah Anda beli di tempat lain, klik menu tab “I Already Own This Domain” dan ketikan nama domain yang sudah Anda miliki tersebut pada kolom yang tersedia.

Pilih domain hostgator

Untuk harga domain berbeda-beda tergantung ekstensi domain misalnya yang paling populer (.com, .net, .org) di hargai $12.95/tahun.

2. Choose a Hosting Plan

Pada bagian kedua ini secara otomatis Anda sudah pada berada pada paket “Hatchling” karena pada halaman sebelumnya Anda melakukan klik pada paket tersebut. Dan untuk rencana hosting secara default pada rencana 36 bulan atau 3 tahun. Anda bisa merubahnya jika Anda ingin tapi lebih baik membuat rencana setidaknya dua tahun. Selanjutnya isi username dengan minimal 2 karakter dan PIN pengaman dengan minimal 4 angka.

Rencana hosting hostgator

Harga akan berbeda-beda tergantung berapa lama rencana yang akan Anda bayar, semakin lama rencana yang Anda ambil maka semakin murah juga harga akan Anda dapatkan.

3. Enter Your Billing Info

Pada langkah ketiga ini Anda diharuskan untuk mengisi formulir dengan informasi yang sesuai dengan identitas Anda seperti email, nama, alamat dan nomor telepon. Saya sarankan Anda memeriksa informasi untuk memastikan sudah benar, karena mereka akan menghubungi Anda pada nomor ponsel yang tersedia untuk memverifikasi pembelian dimaksudkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan akun Anda. Dan pada bagian sebelah kanan Anda juga dapat memilih metode pembayaran: PayPal atau kartu kredit. Jika Anda memilih PayPal, pada halaman setelah menekan tombol CheckOut, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran dengan PayPal.

Billing payment info hostgator

4. Add Additional Services

Pada bagian ke empat merupakan layanan tambahan, pastikan Anda hapus semua centang. Karena ini akan membuat harga hosting Anda menjadi mahal dan layanan ini juga tidak begitu penting untuk Anda. Tapi jika Anda membutuhkan layanan tambahan ini bisa mengaktifkan nanti melalui control panel HostGator.

Add Additional Services

5. Enter a Coupon Code

Jika Anda memiliki kupon untuk pembelian lebih murah maka masukkan pada kolom ini, Dengan menggunakan kupon Anda bisa mendapatkan diskon besar sampai 60% tergantung pada promo yang berlaku.

kode kupon hostgator

6. Review Order Details

Pada bagian terakhir ini Anda dapat melihat kembali order hosting Anda dan melihat apakah jumlah rencana dan jumlah uang yang ditagihkan sudah sesuai. Jika sudah maka silahkan klik pilihan “Terms of Services” dan klik tombol “Checkout Now!”.

Order Detail Hostgator hosting

Jika pembayaran Anda menggunakan metode PayPal maka Anda akan dibawa pada halaman pembayaran PayPal dan silahkan lakukan penyelesaian pembayaran order hosting Anda.

Beli Hosting Hostgator

Dan setelah selesai melakukan proses pembayaran dalam sekitar satu menit Anda akan menerima email dari Hostgator yang berisikan konfirmasi pesanan Anda, dan dalam satu jam Anda akan menerima panggilan dengan hosting baru rincian akun Anda dan juga akan dikirim ke email Anda. Dan proses membeli hosting dan domain sekarang sudah selesai, Anda bisa langsung mengakses cPanel hosting Anda untuk melakukan langkah setup selanjutnya. Jika Anda menggunakan WordPress maka bisa membaca panduan dibawah ini :

Baca : Cara Install WordPress di cPanel Hosting HostGator

Diatas adalah panduan lengkap cara mudah order membeli hosting dan domain di HostGator, semoga artikel ini membantu Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress EightPhoto Responsive Free

EightPhoto adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang mempunyai tampilan indah, bersih dan elegan. Tema...

Cara Order atau Beli Hosting dan Domain di BlueHost

Hosting dan nama domain merupakan bagian penting dari website. Tapi bagi pemula yang memulai...

Close