How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Buat Website Direktori Bisnis dengan Tema WordPress Vantage

Pada artikel kali ini saya akan mengulas sebuah tema WordPress yang sangat keren buatan dari pengembang theme WordPress yang sudah berpengalaman yaitu AppThemes. Mereka telah membuat beberapa tema WordPress khusus untuk kebutuhan bisnis dan jenis situs tertentu, tidak hanya menawarkan tema dengan tampilan yang bagus saja tapi mereka menanamkan fitur-fitur dan fungsionalitas khusus sesuai dengan tujuan dari tema itu sendiri. Salah satu tema buatan AppThemes yang akan saya bahas disini adalah Vantage. Tema Vantage ini adalah tema WordPress yang dirancang secara khusus untuk membuat website direktori bisnis dan juga bisa digunakan sebagai website event, tema ini juga sudah mengusung desain responsive dimana tampilan website akan tampak sempurna diberbagai perangkat baik desktop, tablet maupun smartphone.

Vantage directory theme for WordPress

Tema Vantage bisa Anda gunakan untuk membangun situs daftar direktori bisnis untuk berbagai macam jenis bisnis seperti hotel, restoran, tempat wisata, landmark, acara dan masih banyak lagi. Dengan tema ini maka pengunjung akan dengan sangat mudah menemukan daftar bisnis yang mereka cari dan tema juga dilengkapi dengan fitur Google Maps untuk memudahkan pengunjung Anda dalam melihat lokasi bisnis secara jelas.

Anda sebagai pemilik situs juga bisa menghasilkan uang dari usaha Anda dalam membangun dan menyediakan situs direkori bisnis semacam ini. Karena tema Vantage ini juga menyediakan fitur untuk monetisasi situs Anda. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat lebih rinci mengenai tema Vantage dibawah ini.

Vantage WordPress Themes

Kelebihan Tema Vantage

Sebelum masuk pada bagian konfigurasi tema vantage, dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa fitur dan kelebihan dari tema vantage yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli tema WordPress ini.

Vantage Theme Features

Mudah dan Sederhana

Vantage dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna WordPress yang ingin membuat situs web direktori bisnis tanpa mengalami kerumitan sedikitpun. Berbeda dengan tema direktori bisnis lainnya yang mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam hal setup dan konfigurasi atau kurangnya fitur yang dibutuhkan. Tapi dengan tema vantage ini Anda akan mendapatkan tema direktori bisnis dengan fitur lengkap namun dibuat dengan cara sederhana sehingga membuat Anda benar-benar mudah dalam membangunnya.

Browse Listing dan Pencarian

Vantage dilengkapi dengan halaman yang dapat menampilkan semua daftar bisnis yang terdaftar dengan tampilan yang indah. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur pencarian yang lengkap seperti pencarian berdasarkan kategori, pemfilteran berdasarkan (relevansi, terbaru, alpabet), pencarian dengan kata kunci dan pencarian berdasarkan wilayah geo lokasi.

Listing

Vantage memudahkan admin dan pengguna untuk mendaftarkan bisnis kedalam website. Dimana admin dapat membuat dafttar bisnis melalui admin dengan jenis custom post yang sudah disesuaikan dan pengguna dapat membuat daftar bisnis melalui front end melalui formulir cantik yang sudah disediakan. Selain itu sebagai admin Anda juga dapat dengan mudah membuat dan menambahkan formulir khusus sesuai dengan kebutuhan.

Google Maps

Vantage memiliki fitur yang dapat di integrasikan dengan Google Maps dimana Anda dapat memasukkan kode geo untuk menyertakan lokasi bisnis di Google Maps, ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan petunjuk arah dan menemukan jalan ke lokasi setiap lokasi bisnis di direktori, entah itu bisnis, fasilitas, atau tengara. Pengguna dapat mencari menurut lokasi, termasuk kode pos, dan memfilter menurut jarak menggunakan slider yang praktis.

Monetisasi

Vantage memungkinkan Anda untuk memiliki website direktori bisnis dan menghasilkan uang dari situs Anda. Dimana Anda dapat menetapkan sebuah rencana biaya pada pengguna yang ingin menambahkan bisnis mereka ke situs direktori Anda. Anda bisa menetapkan biaya secara bulanan atau tahunan dan juga mendukung untuk sistem pembayaran berulang. Untuk sistem pembayaran mendukung transfer bank dan PayPal.

Claim Listing

Vantage menyediakan fitur untuk pemilik bisnis yang ingin melakukan klaim terhadap bisnis mereka yang tercantum dalam daftar bisnis di website direktori Anda dan mengharuskan pemilik bisnis untuk membayar ketika mereka ingin melakukan klaim sehingga mereka bisa memiliki akun secara penuh. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu menunggu pemilik bisnis untuk memasukkan informasi bisnis mereka tapi Anda bisa mulai memasukkan daftar bisnis sebanyak-banyaknya secara langsung.

Custom Field & Form

Vantage memberikan kemudahan bagi Anda untuk menambahkan berbagai macam field untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda dan juga dilengkapi dengan pembuat formulir khusus untuk menambahkan bidang khusus yang Anda butuhkan dengan teks, radio button, checkbox, email, url, upload, pilih menu, dan banyak lagi.

Baca : Membuat Website Download di WordPress dengan Simple Download Monitor

Harga Tema Vantage

Vantage Theme Price

Tema Vantage merupakan tema WordPress premium dan ini memang layak dijadikan sebagai tema berbayar karena melihat dari banyaknya fitur serta fungsionalitas yang ditawarkan sebagai tema aplikasi yang tidak hanya sekedar merubah tampilan situs WordPress. Tema ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari $69 sampai $199. Berikut rincian harga dari tema vantage :

  • Standard ($69) : Vantage Theme, Lifetime license, Unlimited websites, 1 year update and support
  • Club ($199) : All Themes, 20+ Marketplace items, Unlimited websites, 1 year update and support

Rencana harga klub memberi Anda akses ke semua tema dan cild themes mereka, serta lebih dari 20 item bisa Anda dapatkan di marketplace. Dengan membayar untuk paket harga club, Anda bisa mendapatkan produk dengan nilai lebih dari $1.400 dari harga jika Anda membeli secara terpisah. Harga di atas mencakup satu tahun update dan dukungan penuh dari team AppThemes.

Buy Vantage Themes

Cara Menggunakan Tema Vantage di WordPress

Untuk membuat website direktori bisnis, silahkan membeli tema vantage terlebih dahulu di Appthemes dan mendownload tema tersebut dari akun Anda di Appthemes. Anda akan mendapatkan dua buah file yang terdiri dari file Vantage Themes dan plugin AppThemes Updater.

Vantage Theme File

Silahkan install dan aktifkan tema Vantage dan plugin tersebut pada situs WordPress Anda. Setelah tema Anda aktifkan, Anda akan mendapatkan ucapan selamat datang dan tema vantage secara otomatis melakukan beberapa setup dan silahkan tunggu sampai proses selesai. Anda juga akan melihat ada beberapa item menu baru ditambahkan pada sidebar admin WordPress Anda seperti Vantage, Payments, Listings, dan Forms.

Vantage Themes Installations

Dibagian bawahnya terdapat pilihan untuk menginstall “Sample Data”, Anda bisa menginstall pilihan ini agar Anda langsung bisa melihat contoh yang disertakan oleh tema vantage. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam hal konfigurasi karena plugin sudah memberikan Anda contoh dan nanti sample data ini bisa Anda edit atau hapus jika tidak diperlukan.

Vantage Theme Sample Data

Selanjutnya Anda diharuskan untuk memasukkan API Key pada bagian menu Settings » AppThemes Updater. API Key bisa Anda dapatkan dari halaman dashboard akun di AppThemes.

Vantage Theme API Key

Selanjutnya Anda juga diharuskan untuk memasukkan API Key untuk Google Maps, Anda bisa medapatkan API Key google Maps disini. Dan silahkan masukkan kode tersebut pada menu Vantage » Settings » Maps.

Vantage Theme API Key Google Maps

Setelah proses diatas selesai Anda lakukan maka Anda bisa mulai melihat bagian depan dari situs direktori Anda, dimana semuanya sudah di setup dengan beberapa sample data yang sudah disertakan. Anda bisa secara langsung melihat bagaimana situs Anda nantinya akan ditampilkan dan melihat bagaimana itu dibuat. Sekaligus Anda bisa mengedit sample data tersebut atau menghapus dan membuat yang baru.

Vantage Theme browse direktori

Kembali ke bagian admin WordPress Anda, silahkan untuk melakukan pengaturan pada Payments » Settings. Di halaman ini Anda dapat menyesuaikan beberapa pengaturan seperti mata uang, mengatur harga untuk listing dan sistem pembayaran sekaligus mengatur untuk metode pembayaran yang akan Anda terima seperti bank transfer dan paypal. Dan selanjutnya Anda bisa memulai membuat beberapa daftar rencan harga pada “New Listing Plan”.

Vantage Theme Payment Settings

Selanjutnya Anda bisa membuat formulir unik baru yang nantinya bisa ditambahkan pada formulir pendaftaran listing, dimana formulir ini bisa ditampilkan berbeda-beda tergantung pada kategori yang Anda pilih.

Vantage Theme Form

Selanjutnya Anda bisa membuat listing baru pada menu Listing » Add New, halaman ini seperti halaman editor pada posting atau halaman WordPress. Dibagian bawah editor terdapat beberapa pengaturan seperti pengaturan untuk mengatur durasi listing, mengisi kontak informasi, memasukkan gambar untuk gallery listing dan pengaturan-pengaturan seperti pada umumnya.

Dan itulah beberapa pengaturan yang perlu Anda lakukan untuk membuat situs web direktori bisnis dengan tema Vantage. Anda bisa melihat lebih lengkap mengenai pengaturan tema ini pada halaman dokumentasi yang sudah disediakan oleh AppThemes disini ⇒ Vantage Documentations.

Kesimpulan

Vantage adalah tema WordPress yang sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat website direktori bisnis dan menghasilkan uang dari situs itu. Selain memiliki tampilan desain yang bagus tema juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan tema direktori bisnis dimana Anda tidak perlu lagi menambahkan plugin lain untuk situs direktori Anda. Selain itu Anda bisa membuat situs direktori dengan mudah disertai dengan dokumentasi lengkap dan harga yang terjangkau.

Baca : Cara Membuat Toko Sederhana di WordPress dengan Simple PayPal Shopping Cart

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Membuat Komunitas Online Seperti Jejaring Sosial Facebook di WordPress dengan PeepSo

Jika Anda pernah berfikiran untuk membuat sebuah situs komunitas online maka hal tersebut sangatlah...

Theme WordPress Shale Responsive Free

Shale adalah Tema WordPress responsif gratis dengan desain modern, bersih dan ringan yang cocok...

Close