How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress #4

Pada artikel ini adalah lanjutan dari artikel tutorial membuat toko online dengan WordPress menggunakan WooCommerce bagian ke tiga dan ini adalah bagian terakhir. Setelah sebelumnya dibagian ketiga membahas tentang bagian settings WooCommerce, mari kita lanjutkan untuk cara menambahkan dan mengelola produk di WooCommerce.

WooCommerce Step 3

Menambahkan & Mengelola Produk Baru

Categories

Untuk menambahkan dan mengelola produk Anda di WooCommerce terdapat menu baru di sidebar admin WordPress Anda bernama “Products”. Untuk memulai pengaturan produk toko online Anda, pertama kali adalah membuat kategori untuk produk Anda. silahkan akses menu Products » Categories. Isi “Name” kategori sesuai dengan kategori produk Anda misal “Tshirt”.

Product Categories

Products

Buat produk baru dengan klik menu Products » Add New, buat judul dan deskripsi singkat untuk produk Anda.

Judul deskripsi produk

Data product

Dibawah area editor product terdapat pengaturan produk, Anda dapat memilih apakah jenis produk yang Anda jual, apakah produk “virtual” (mencentang opsi tersebut akan menghilangkan menu tab “Shipping”) dan jika opsi “download” (digital) Anda pilih akan terdapat kolom baru untuk upload file Anda.

Product Data

Tab “General” untuk memasukkan harga produk, masukkan harga di bagian regular price. Jika Anda sedang mengadakan “Sale” silahkan masukkan harga sale di bagian sale price dan atur jadwal sale mulai sampai akhir.

Jika Anda menjual produk digital, maka Anda juga harus meng-upload file yang akan dibeli, menyesuaikan batas download (biarkan kosong untuk menandainya sebagai unlimited), download kadaluwarsa (biarkan kosong untuk tetap tersedia secara permanen), dan jenis file (standar / aplikasi / musik). Jenis file yang Anda pilih mempengaruhi markup schema.org untuk produk.

Tab “Inventory” Anda dapat menyesuaikan pilihan untuk mengelola stock atau persediaan Anda dengan memasukkan dalam kuantitas produk, status stock (in / out of stock), dan jika Anda ingin memungkinkan backorders. Selain itu, Anda dapat menandai produk yang dijual sebagai individual, yang berarti hanya satu dapat dibeli di satu perintah. Ini juga di mana Anda dapat memasukkan SKU (nomor identifikasi) jika Anda memiliki satu.

Tab “Produk Linked” Anda dapat menambahkan upsells, cross-sell, dan pengelompokan produk.

Tab “Attributes” memungkinkan Anda untuk memasukkan atribut spesifik produk (mis terpercaya, tidak pernah rusak, warna, ukuran dll) yang akan ditampilkan di bawah tab Informasi lain bagian depan halaman produk.

Tab “Advanced” Anda dapat memasukkan catatan pembelian kustom, memberikan produk menu order, dan mengaktifkan / menonaktifkan ulasan.

Product Short Description

Short Descriptions

Bagian ini Anda dapat menampilkan deskripsi singkat untuk produk Anda, deskripsi singkat ini biasanya akan ditampilkan di sebelah gambar produk dan dibawah judul produk Anda.

Setelah semua hal diatas Anda lakukan, jangan lupa untuk memilih Kategori dan mengisi Tags sesuai dengan produk Anda. Dan tambahkan gambar di bagian “Featured Image”, jika gambar Anda lebih dari satu, silahkan untuk memasukkan gambar dibagian “Product Gallery”.

Untuk melihat daftar produk Anda, Anda bisa melihat di menu “Products”, seluruh produk Anda ditampilkan di bagian ini dan Anda bisa menambah, mengedit, atau menghapus produk melalui bagian ini.

Attributes

Jika Anda menjual produk dengan menyertakan pilihan Warna atau ukuran seperti (M, L, XL) maka Anda dapat mengisinya dibagian Attributes ini. Anda bisa menambahkan berbagai attributes di menu Product » Attributes.

Sekarang produk Anda sudah selesai Anda tambahkan dan saatnya untuk mengatur tema agar tampil dengan baik sesuai dengan demo.

Dan berikut adalah preview product yang baru saja dibuat :

preview product woocommerce

Menyesuaikan Tema

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar toko online sesuai dengan yang ditampilkan pada demo, dan kebanyakan ini berlaku pada tema-tema WordPress lain untuk WooCommerce. Silahkan membuat halaman baru bernama “Home” di Pages » Add New. Silahkan ketik judul dengan “Home” dan kosongkan bagian deskripsi, dan yang paling penting bagian “Pages Attributes” pilih “Frontpage” dibagian Template.

Setelah membuat halaman Home selesai, silahkan masuk ke menu Settings » Reading, pada bagian “Front Page Display” pilih “Static Page” dan bagian front page arahkan ke halaman “Home”. Jangan lupa untuk klik Save Changes.

reading settings Woo

Beralih kebagian pengaturan menu, Silahkan masuk ke Appearance » Menus dan Masukkan Page “Home” ke bagian menu dan centang pilihan “Primary Menu” dan untuk menjadikan kategori produk menjadi menu, Anda harus menampilkan “Products Category” terlebih dahulu dengan mencentang pilihan Product Category dibagian menu “Screen Options” disebelah kanan atas. Setelah selesai klik Save Menu.

Menu WooCommerce

“Widgets” WooCommerce membawa beberapa Widget yang bisa Anda tambahkan pada sidebar toko online Anda. Widget WooCommerce diantaranya adalah (WooCommerce Cart, WooCommerce Rating, WooCommerce Product Search, WooCommerce Category Product, WooCommerce Reviews dan masih banyak lagi), Silahkan masukkan beberapa Widget yang ingin Anda tampilkan pada area sidebar yang disediakan.

widget woocommerce

Untuk mengatur layout tema seperti mengganti background, site identity dll, Anda bisa mengaturnya dibagian Appearance » Customizes.

Baca : 30 Themes WordPress Toko Online Gratis Terbaik

WooCommerce Hosting

WooCommerce Hosting Bluehost

Hosting berperan penting untuk kesuksesan bisnis online Anda, apalagi bisnis untuk menjual produk dan dengan media toko online. Untuk memudahkan pengunjung dalam bertransaksi maka kecepatan situs toko online Anda harus sangat baik jika tidak ingin kehilangan pelanggan Anda. Selain itu saat ini sudah begitu banyak toko online yang bisa Anda temukan di internet, jika Anda ingin bersaing dengan toko online yang lain maka selain menawarkan produk yang lebih baik, Anda juga harus mempunyai situs yang cepat jika di akses, karena kecepatan website Anda sangat berpengaruh terhadap SEO dan peringkat hasil pencarian di mesin pencari.

WooCommerce kadang-kadang dikenal dapat memperlambat situs WordPress, apalagi jika produk yang Anda jual sangat banyak maka situs toko online Anda akan terasa berat saat di akses. Tapi hal tersebut dapat Anda atasi dengan menggunakan hosting yang tepat. Anda bisa menggunakan hosting yang khusus untuk menangani toko online yang dibangun dengan WooCommerce. BlueHost memiliki paket hosting untuk WooCommerce hosting, tentu saja ini akan menjadikan situs Anda di akses lebih cepat karena hosting sudah di desain khusus untuk menjalankan WooCommerce. Memang WooCommerce hosting di bluehost ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal yaitu mulai $12.99 / bulan, tapi jika produk Anda tidak begitu banyak dan baru memulai Anda bisa mencoba menggunakan paket shared hosting dengan harga yang murah yaitu $3.45 / bulan atau paket cloud hosting $6.99 / bulan dan jika toko online Anda mengalami pertumbuhan dengan baik bisa beralih untuk menggunakan WooCommerce hosting di bluehost.

Fitur WooCommerce Hosting

  • WooCommerce Installed
  • E-Commerce Positive SSL
  • Ecommerce Security
  • Dedicated Support Line
  • Website Space 100 GB
  • Bandwidth Unmentered
  • Dedicated IP 1
  • FREE Included Domains 1
  • Parked Domains 1
  • Sub Domains 5
  • Email Accounts 5
  • Email Storage 100 MB / Account
  • Marketing Offers $100

Diatas adalah beberapa fitur yang Anda dapatkan jika menggunakan hosting WooCommerce di BlueHost.

WooCommerce Hosting

Dan Itulah panduan cara membuat toko online di WordPress dengan WooCommerce yang sudah saya bahas secara lengkap. Anda bisa mengikuti panduan ini dari bagian pertama sampai terakhir agar Anda bisa membuat toko online sendiri untuk menjalankan bisnis jualan online Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan toko online Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Chandra

    Untuk menampilkan product nya di halaman utama gmn ya mas, kug di tempat ane blum bisa tampil ya. padahal posting produk udah ada.

    • Tinggal settings di menu settings>Reading, Pilih static page dan arahin front page ke shop.

  • naini

    uda di arahin k front page tapi untuk slideshownya kog ndag tampil ya???

    • kalo mau produk di front page maka slideshow tidak muncul gan kalo gunain theme virtue ini. untuk munculin slideshow, agan bikin dulu page baru dengan nama home, setelah itu arahin static page ke home yang baru aja agan buat. setelah itu atur di appearance -> theme options -> slider setting.
      pilih flex slider, trus masukin gambar slidenya. 🙂

  • guslianto

    Terima kasih, semoga ilmu yang anda berikan menjadi keberkahan dan pahala disisi-Nya.

    Saya sudah mencoba menerapkannya dan semua terlaksana. Berhasil

    Terimakasih sekali lagi.

  • nurhamzah amir

    sy add product di woocommerce, tp kok postingannya gak tampil ya?? maaf nubie

    • coba di teliti lagi gan mungkin ada yang kurang. terus juga munculin menu shop nya.

  • MERIYANA

    maaf mau tanya kalau kita suda add product tapi gak tampil itu kenapa ya? terimakasih

    • tampilnya produk itu di menu shop gan, coba agan bikin menu shop dulu.

  • vitha

    Bagaiamana cara mengatur tampilan toko online dengan menggunakan tema Market?
    Apa sama sja seperti tema virtue ?

    • Dalam tutorial ini lebih ke cara penggunaan plugin woocommerce gan, untuk theme bisa saja berbeda. Tapi untuk pengaturan woocommerce ya tetep sama. silahkan di coba aj gan.

  • di coba aja gan, soalnya ane belum prnah nyoba.:(

  • Asep Makmur

    Hallo mimin yang baik 🙂 . Mau tanya nih min gimana yah caranya memfilter post / produk dengan menggunakan lebih dari 2 (multiple) categoty/tags ?
    Misalnya saya mempunyai category ‘sepatu’ dan category ‘brand’ nah cara nya untuk menampilkan post/produk yg memiliki kedua category itu dengan expression AND atau OR bagaimana min?

    Trims 🙂

    • kesini aja gan. dah ada yang buat, update lagi. disini
      sekalian beli yang pro gan. ntar kalo dah di obrak abrik scriptnya, share y gan. 😀

  • kamal muhamad

    sungguh berguna postingannya gan, oh iya saya lagi build toko online pake wordpress juga e commerce 🙂
    saya masih bingung cara mengedit email template untuk dikirim ke email konsumen dari woocommerce. mohon pencerahanya. trims 🙂

  • Hendarmin

    Mohon izin untuk mempelajarinya gan, ilmu yang sangat bermanfaat banget, penjelasannya juga langsung ke pokok masalah dan gak bertele-tele. salut untuk centerklik.com, semoga selalu sukses dan diberi keberkahan ilmu serta amal.

    • amin, semoga juga sukses buat agan. 🙂

Must Read...!
Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress #3

Pada artikel kali ini saya akan melanjutkan panduan tutorial membuat toko online dengan WordPress...

Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress #2

Tutorial membuat toko online dengan WordPress bagian 2. Sekarang mari kita melanjutkan tutorial dari...

Close