banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

7 Rekomendasi PDF Editor Terbaik Online dan Offline

Dengan menggunakan PDF editor terbaik, kita bisa mengganti isi PDF tanpa takut merusak susunan keseluruhan filenya. Masalah seperti ini sering terjadi waktu ingin mengedit PDF dengan cara di-convert dulu ke Word atau Excel.

PDF sendiri merupakan dokumen yang sudah tidak bisa di-edit lagi tanpa aplikasi dan tool khusus. Umumnya dokumen yang disimpan dalam bentuk PDF adalah file yang sudah final dan tidak akan direvisi lagi.

Namun tetap saja ada momen-momen waktu PDF harus di-edit karena isinya ada yang salah, baik sedikit maupun banyak. Dan kadang banyak anak sekolah maupun mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas seperti membuat laporan atau skripsi mencari bahan tugas kebanyakan menemukan file dalam bentuk PDF, mereka membutuhkan sebuah editor PDF terbaik untuk di konvert atau di edit secara langsung.

Oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan bahas rekomendasi PDF editor terbaik yang bisa Anda coba.

Baca : Cara Translate File Dokumen PDF Langsung Secara Online

Rekomendasi Aplikasi PDF Editor Terbaik

Convert Word to PDF editor

Tempat PDF editor yang akan kita bahas di sini ada 7, yaitu:

  • PDF Candy
  • SmallPDF
  • Sejda
  • Apple Preview
  • PDF24 Creator
  • Foxit Phandtom PDF
  • PDF-xchange Editor

Mari cek apa saja kelebihan dan kekurangan dari semua aplikasi di atas bersama-sama.

Baca : 3 Cara Tanda Tangan File PDF Di Komputer dan Smartphone

PDF Candy

Aplikasi yang pertama dibuat khusus untuk pengguna komputer, tepatnya komputer dengan sistem operasi Windows. Sebab PDF Candy hanya tersedia untuk pengguna PC Windows saja, sedangkan pengguna mobile dan Mac belum bisa menggunakannya lewat aplikasi.

Untuk ukuran aplikasi PDF editor online, bisa dibilang PDf Candy adalah salah satu yang terbaik.

Aplikasi ini punya banyak fitur, Optical Character Recognition, uptime yang tinggi, serta mudah untuk digunakan.

Kita bahkan bisa menggunakannya gratis. Walaupun jika mau menggunakan semua fiturnya, Anda perlu berlangganan per bulan atau paket yang satu kali bayar.

SmallPDF

Aplikasi edit PDF gratis yang berikutnya adalah SmallPDF. Berbeda dengan PDF Candy, SmallPDF bisa digunakan gratis dimana saja, dalam perangkat apa saja.

SmallPDF adalah website yang akan meng-edit PDF secara cloud based, sehingga kita tidak perlu download apapun untuk menggunakan aplikasi ini. Selain itu, kelancaran waktu meng-edit PDF tergantung kepada kecepatan internet yang Anda gunakan. Jika internet yang dipakai sedang lemot, maka proses meng-edit pun jadi lebih lambat.

Di dalam website SmallPDF, ada banyak fitur layaknya di Microsoft Word. Anda bisa menggunakan semua fitur yang tersedia sesuka hati.

Kalau mau menggunakan alat lain untuk edit PDF, kita juga bisa berlangganan versi berbayar.

Tapi kalau tidak mau bayar pun, kita tetap bisa menggunakan layanan dari SmallPDF. Hanya saja jumlah file yang bisa di-edit dibatasi sebanyak 2 item per hari.

Sejda

Ada satu lagi aplikasi edit PDF gratis yang bisa Anda coba, yaitu Sejda.

Sama seperti 2 aplikasi sebelumnya, Sejda juga merupakan aplikasi yang berbasis pada website atau situs online. Sehingga tidak perlu download dan install apapun untuk menggunakan layanan ini.

Artinya, Sejda juga tersedia bukan hanya di komputer, tapi juga di perangkat mobile.

Salah satu kelebihan dari Sejda adalah kita tidak perlu daftar dan login akun setiap kali mau edit PDF. Jadi proses editingnya menjadi jauh lebih cepat.

Sejda juga cocok sebagai aplikasi PDF editor yang hanya digunakan sekali-sekali saja tanpa perlu meng-edit mayoritas dari file tersebut.

Dengan navigasi dan tampilan yang simpel, pengguna yang tidak begitu familiar ketika menggunakan komputer pun bisa edit PDF di sini tanpa merasa kesulitan dan bingung harus memilih tools yang mana.

Hanya saja, Sejda punya sedikit kekurangan. Salah satunya adalah batasan ukuran file yang kadang mengganggu.

Apple Preview

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah aplikasi PDF editor khusus untuk pengguna Apple. Walaupun sebenarnya Apple Preview hanya bisa digunakan di perangkat Mac atau gadget lain dengan MacOS.

Apple Preview punya satu fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi editor lainnya, yaitu image-editing tools. Artinya jika kita mau mengedit foto di dalam dokumen, Apple Preview sudah menyiapkan tools agar tidak perlu pindah-pindah aplikasi lagi.

Dengan Apple Preview pengguna juga bisa menambahkan tanda tangan di setiap dokumen atau menambahkan annotate pada halaman-halaman tertentu.

Untuk dokumen yang kira-kira penting, Apple Preview punya fitur pengunci dengan password agar tidak ada pengguna lain yang bisa melihatnya tanpa izin.

Foxit Phantom PDF

PDF editor terbaik yang berikutnya adalah Foxit Phantom PDF. Berbeda dengan rekomendasi yang sebelumnya, aplikasi satu ini gratis dengan fitur yang lebih lengkap.

Bahkan tidak ada alasan untuk berlangganan Foxit Phantom PDF kecuali jika ingin digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Untuk kebutuhan pribadi, versi gratis dari Foxit saja sudah lebih dari cukup.

Aplikasi ini juga tersedia untuk Android. Sehingga kita bisa edit PDF dengan nyaman tanpa harus menggunakan laptop atau komputer dan bergantung pada koneksi internet.

PDF-xchange Editor

Yang terakhir adalah PDF-Exchange Editor. Mirip dengan Foxit, aplikasi juga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan edit PDF pribadi. Sebab ada banyak fitur dasar yang bisa didapatkan dalam versi gratisnya.

Bedanya, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna komputer dan laptop saja.

Keunggulan menggunakan PDF-xchange Editor adalah spesifikasi aplikasi yang sangat ringan. Sehingga tidak perlu menggunakan komputer mahal dengan spesifikasi tingkat tinggi untuk meng-edit PDF pakai aplikasi PDF-xchange.

Baca : 5 Konverter Dari File PDF ke Word Gratis Terbaik

Itulah dia kumpulan rekomendasi PDF editor terbaik di komputer, Mac, Android, dan iOS. Silahkan pilih mana aplikasi terbaik dan mana yang sesuai dengan perangkat di  rumah atau kantor masing-masing. Jika Anda punya Mac dan iOS, menggunakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk kedua sistem operasi tersebut mungkin akan lebih baik.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.

Must Read...!
Cara Install dan Konfigurasi Plugin SEO by Yoast [New]

Cara Install dan Konfigurasi Plugin SEO by Yoast [New] - Plugin SEO by Yoast...

Panduan Menggunakan All In One SEO WordPress [New]

Panduan Tutorial Menggunakan AIOSEO WordPress. Bagi Anda pengguna WordPress akan dimanjakan dengan Ada banyaknya...

Close