How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Mengapa dan Cara Enkripsi File Anda di mac OS

Mengapa dan Cara Enkripsi File Anda di mac OS – Mengenkripsi file mungkin tampak seperti sesuatu hal yang sepele dan tidak perlu dilakukan oleh setiap orang. Tetapi itu adalah sesuatu yang harus kita semua lakukan untuk menjaga data kita tetap aman.

Mengapa Perlu Mengenkripsi File?

Jika Anda tidak menyembunyikan data atau file penting apa pun, mengapa Anda mengkhawatirkan privasi Anda? Faktanya adalah kita semua pasti memiliki sesuatu yang harus kita jaga dan menjadi privasi. Sangat bahaya jika file-file penting kita tidak dilindungi dengan baik, karena saat ini semua orang terhubung dengan internet, maka pencurian data bisa dilakukan kapan saja, dari mana saja dan oleh siapa saja tanpa sadar kita mengetahuinya.

Ada faktor lain selain privasi pribadi yang perlu dipertimbangkan dengan enkripsi. Jika Anda menyimpan informasi kepemilikan di laptop, akan sangat bodoh untuk melindunginya hanya dengan kata sandi login Anda.

Baca : 8 Software Video Editing Terbaik untuk Mac OS 2020

Apa Itu Enkripsi?

Enkripsi adalah proses menyembunyikan data sehingga pihak yang tidak berwenang tidak dapat membacanya. Prinsipnya sama sama seperti menulis pesan kepada teman Anda dalam kode. Enkripsi merupakan cara mengacak data sehingga hanya pihak yang berwenang yang dapat memahami informasi tersebut. Dalam istilah teknis, ini adalah proses mengubah teks biasa menjadi teks sandi. Dalam istilah yang lebih sederhana, enkripsi mengambil data yang dapat dibaca dan mengubahnya sehingga tampak acak.

contoh eknripsi

Dalam inkarnasi modernnya, enkripsi komputasi bergantung pada operasi matematika yang dapat dilakukan dengan cepat dalam satu arah tetapi sangat sulit untuk dilakukan secara terbalik. Jika penghitungan dapat dilakukan dengan cepat ke arah “maju” saat mengenkripsi file, algoritme akan cepat. Jika menjalankan matematika “mundur” untuk mendekripsi file tanpa kunci membutuhkan skala waktu yang besar, maka enkripsi akan sulit dipecahkan.

Algoritme enkripsi yang umum digunakan meliputi:

  • Blowfish
  • AES
  • RC4, RC5, RC6
  • DES
  • Twofish

FileVault

filevault encryption enkripsi file mac

FileVault adalah bagian dari setiap Mac. Sejak Yosemite hadir, FileVault diaktifkan secara default untuk setiap instalasi baru. FileVault bekerja dengan mengenkripsi keseluruhan hard drive Anda. Kunci untuk membuka kunci enkripsi ini adalah kata sandi Anda. Ini berarti bahwa tanpa kata sandi Anda, data Anda tidak dapat dibaca. Anda juga akan memiliki kode pemulihan, dan Anda juga dapat masuk dengan akun iCloud Anda. Jika Anda kehilangan semua itu, data Anda akan dienkripsi selamanya.

Untuk memeriksa apakah Anda telah mengaktifkan FileVault, kunjungi panel “Keamanan & Privasi” di bawah System Preferences. Kemudian, klik pada tab FileVault. Jika tombol di sebelah kanan bertuliskan “Turn On FileVault”, Anda telah menonaktifkannya. Buka kunci panel dan klik tombol itu untuk memulai proses enkripsi.

VeraCrypt

veracrypt mounted enkripsi file mac

VeraCrypt adalah software enkripsi file di Mac OS open source yang membuat volume terenkripsi. Ini bisa berupa volume fisik non-boot, seperti drive USB atau partisi disk, tetapi bisa juga volume logis, seperti image disk (DMG). Anda dapat memilih dari berbagai macam standar enkripsi, termasuk AES, yang merupakan metode yang saat ini disetujui oleh pemerintah AS.

Veracrypt ini kuat dan banyak digunakan oleh pengguna, tetapi memang membutuhkan beberapa persiapan. Program itu sendiri bergantung pada utilitas lain, MacFUSE, untuk dijalankan, yang perlu diinstal secara terpisah. Dan setelah Anda membuat volume dengan VeraCrypt, Anda harus memasangnya di dalam VeraCrypt untuk melihat file.

Baca : Menghubungkan Macbook Ke Berbagai Layar TV dengan JustStream

Concealer

concealer enkripsi file mac

Fungsi dasar Concealer mirip dengan VeraCrypt. Ini menciptakan volume logis terenkripsi file di Mac OS yang Anda dapat menambahkan file ke dalamnya. Ini sedikit lebih ramah pengguna daripada VeraCrypt tetapi menawarkan opsi yang jauh lebih sedikit. Seperti kebanyakan program enkripsi, setelah Anda membuat volume terenkripsi melalui Concealer, Anda akan selalu perlu mengaksesnya melalui Concealer.

Concealer juga menawarkan fungsionalitas tambahan sebagai pengelola kata sandi / info pembayaran. Ini menyediakan cara mudah untuk menyimpan kata sandi dan mengenkripsi nomor kartu kredit atau rekening bank.

Encrypto

encrypto encryption enkripsi file mac

Encrypto adalah software enkripsi file di Mac OS paling ramah pengguna yang pernah saya gunakan. Itu mengenkripsi file tunggal dengan kata sandi – itu saja. Anda menyeret dan menjatuhkan file ke jendela Encrypto, dan file itu akan dienkripsi dengan kata sandi yang Anda pilih. Untuk mendekripsi, seret file kembali ke Encrypto dan masukkan kata sandi Anda. Di balik terpal, Encrypto menggunakan AES-256, yang kuat dan standar. Tidak ada opsi untuk mengubah apa pun, tetapi sifat proses yang sederhana membuatnya mudah digunakan. Dan enkripsi terbaik adalah enkripsi yang sebenarnya Anda gunakan.

Keka / 7Zip

keka 7zip encryption enkripsi file mac

Anda tahu tentang file ZIP, dan Anda bahkan mungkin tahu Anda dapat menambahkan kata sandi ke dalamnya. Inilah masalahnya: pada dasarnya tidak berguna sebagai keamanan. Penyerang dapat melihat nama dan metadata yang terkait dengan file dalam arsip ZIP standar yang dilindungi kata sandi. Mode enkripsi 7zip membantu memecahkan masalah ini dengan mengenkripsi nama file konstituen arsip bersama dengan file itu sendiri.

Alat kompresi default di Mac Anda tidak dapat menangani 7zip, jadi Anda memerlukan program terpisah untuk menerapkannya. Opsi terbaik yang tersedia saat ini disebut Keka, dan sangat mudah digunakan. Anda melakukan pra-konfigurasi pengaturan keamanan yang ingin Anda terapkan, menyeret file Anda ke jendela, dan boom: Anda mendapatkan arsip 7zip terenkripsi di samping file asli Anda. Untuk mendekripsi file, buka di Finder dan masukkan kata sandi di jendela Keka kecil yang muncul.

Baca : Cara Menyembunyikan File dan Folder di Komputer Mac OS

Kesimpulan

Enkripsi memang masih mungkin untuk dipecahkan tapi setidaknya itu sudah sangat kuat untuk melindungi file data penting Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab dengan kemampuan bukan profesional. Dan proses enkripsi yang mudah dilakukan ini harus Anda selalu gunakan untuk melindungi setiap file penting agar tetap aman dan tenang. Dan itulah beberapa software untuk enkripsi file di mac OS dan penjelasan tentang enkripsi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Bursa Ethereum Terbaik untuk Membeli dan Menjual ETH

10 Bursa Ethereum Terbaik untuk Membeli dan Menjual ETH - Ethereum adalah salah satu...

How to Buy Bitcoin With Dogecoin in Quickex

How to Buy Bitcoin With Dogecoin - Cryptocurrencies have conquered the modern financial world...

Close