banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Kenapa Anda Perlu Memiliki Hosting Sendiri

Sebagai pemilik website yang digunakan untuk kebutuhan profesional, ada banyak sekali alasan kenapa Anda perlu memiliki hosting sendiri. Salah satu yang paling utama adalah karena faktor keamanan dan kerahasiaan data perusahaan maupun bisnis UMKM Anda.

Berbagi hosting dengan pengguna lain yang sama-sama memiliki website memang merupakan cara paling tepat untuk membangun situs bisnis Anda sendiri. Sebab harganya yang murah dan proses instalasi data website yang simple.

Namun seiring berjalannya waktu, ketika website Anda sudah mulai dipenuhi oleh data pribadi para pelanggan, menggunakan shared hosting atau hosting bersama dengan orang lain lagi akan membahayakan data tersebut.

Baca : Cara Kerja Shared Hosting atau Hosting Bersama

Loading...

Itulah salah satu alasan kenapa Anda perlu memiliki hosting sendiri jika memiliki website bisnis untuk kebutuhan profesional yang sudah berkembang.

Alasan Kenapa Anda Perlu Memiliki Hosting Sendiri untuk Web

hosting sendiri terbaik indonesia

Hosting memang merupakan bagian paling penting dalam sebuah website. Namun memilih web hosting juga tidak bisa sembarangan.

Bila Anda menggunakan web hosting di tempat yang tidak terpercaya atau berbagi server yang sama dengan orang lain, akan ada banyak kerugian yang bisa dialami, baik dari segi kecepatan, SEO maupun dari segi keamanan data.

Oleh karena itu berikut ini saya punya beberapa alasan kenapa Anda perlu memiliki hosting sendiri untuk situs web bisnis Anda.

Baca : Shared Hosting vs VPS, Mana Yang Lebih Bagus?

Keamanan Data

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, keamanan data pribadi milik pelanggan maupun milik web Anda sendiri wajib menjadi prioritas. Apalagi bila web yang Anda miliki merupakan situs toko online, dimana pelanggan harus memasukan data diri seperti KTP, alamat email dan Nomor HP untuk melakukan pendaftaran.

Dengan memiliki private hosting, Anda bisa memastikan tidak ada orang lain selain dari tim Anda yang bisa membongkar data tersebut.

Hosting pribadi biasanya juga dilengkapi dengan keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan shared hosting atau bahkan free hosting (hosting gratis). Sehingga Anda tidak perlu khawatir adanya kebocoran data yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kinerja Website

Sudah bukan rahasia lagi jika kita menggunakan shared hosting itu artinya satu server digunakan oleh banyak website, Anda harus berbagi tempat dan juga berbagi manajemen server dengan orang lain.

Jadi, jika salah satu website dalam server tersebut mengalami masalah atau lonjakan pengunjung, maka website Anda juga akan mengalami masalah.

Apalagi jika website lain terkena virus, maka website Anda juga akan terkena dampaknya. Oleh karena itu, menggunakan hosting pribadi lebih di anjurkan daripada shared hosting jika memang kebutuhan Anda untuk situs web bisnis.

Loading...

Kerahasiaan Data

Alasan yang berikutnya ini masih berhubungan dengan poin pertama. Meskipun data dalam web dan hosting Anda tidak pernah dibongkar atau diacak-acak oleh orang lain, namun jika banyak orang yang bisa melihat artinya sama saja bohong.

Oleh karena itu selain keamanan, kerahasiaan data yang ada di situs web juga wajib diprioritaskan.

Data yang dimaksud di sini bukan hanya data diri para pelanggan. Namun juga source code dari situs tersebut, konten-kontennya, dan masih banyak lagi.

Pastinya Anda tidak ingin tiba-tiba ada website cloning dengan semua desain, fitur, maupun fasilitas yang sama karena source code website di hosting disalin oleh orang lain.

Lebih Leluasa dalam Menambahkan Plugin

Terkadang, Anda perlu menambahkan plugin tertentu dalam meningkatkan performa maupun fungsionalitas website. Misalnya untuk mempercepat waktu loading, menambahkan fitur lazy load, dan masih banyak lagi.

Biasanya penyedia layanan shared hosting membatasi penggunaan plugin yang bisa dipasang. Sebab terlalu banyak plugin bisa menyebabkan kinerja hosting jadi lambat dan plugin bisa saling bertumpuk antara satu pengguna dengan yang lainnya.

Namun jika Anda punya hosting sendiri, menambahkan plugin sebanyak apapun sudah bukan jadi masalah lagi. Walaupun Anda tetap harus cermat memilih plugin mana yang penting dan mana yang sekiranya tidak perlu dipakai.

Menghindari Menggunakan Hosting yang Sama dengan Scammers

Jika Anda sudah menggunakan berbagai macam cara untuk mengoptimasi SEO namun website tidak kunjung bisa bersaing di halaman pencarian Google, mungkin salah satu alasannya adalah karena situs web tersebut berbagi hosting yang sama dengan website scammer dan konten ilegal lainnya.

Karena algoritma Google bisa mengidentifikasi dimana hosting website yang digunakan oleh scammers dan situs web mana saja yang berbagi hosting tersebut.

Biasanya website scammers menggunakan web hosting gratisan atau hosting murah. Namun beberapa layanan shared hosting yang berkualitas juga banyak yang kecolongan dan dimasuki oleh scammers.

Itulah alasan kenapa Anda perlu memiliki hosting sendiri, yaitu untuk menghindari para scammers yang bisa mengacaukan SEO situs web.

Memiliki Kapasitas Penyimpanan yang Lebih Luas dan Bebas Diatur

Alasan terakhir kenapa Anda perlu memiliki hosting sendiri adalah agar memiliki kapasitas penyimpanan lebih luas dan lebih mudah untuk diatur.

Dalam shared hosting, Anda perlu berbagi hosting dengan orang lain, yang mana bisa saja menggunakan banyak kode Js di dalam website mereka. Hal tersebut bisa berpengaruh kepada waktu loading hosting situs Anda yang menjadi lebih lambat karena terlalu penuh.

Sedangkan bila memiliki hosting sendiri, memori penyimpanan hosting bisa bebas Anda atur. Selain itu jatah yang bisa Anda gunakan juga jauh lebih luas dibandingkan menggunakan shared hosting.

Baca : WordPress Hosting Sendiri Vs WordPress.com Gratis

Seperti itulah alasan kenapa Anda perlu memiliki hosting sendiri untuk situs web. Jadi mulai sekarang, segera cari layanan hosting terbaik yang berkualitas dan Anda percaya.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Tips SEO: Kata kunci (Keyword) dan On Page SEO

Tips SEO: Kata kunci (Keyword) dan On Page SEO - Dalam hal optimasi SEO...

Cara Menambahkan Checkbox GDPR di Contact Form dan Komentar WordPress

Cara Menambahkan Checkbox GDPR di Contact Form dan Komentar WordPress - Setelah sebelumnya saya...

Close