banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

HivePress – Plugin WordPress Gratis Wajib untuk Marketplace

Dalam mengembangkan sebuah marketplace, HivePress akan sangat membantu Anda ketika harus membuat listing dan directory pada website tersebut. Kebanyakan dari kita mungkin masih mengandalkan full stack developer dalam membuat desain dan coding directory website.

Namun harganya yang mahal dan prosesnya yang lama menyebabkan pemilik marketplace kecil-kecilan sulit memasukan fitur ini dalam website mereka.

Untungnya sekarang ada HivePress, directory plugin WordPress yang tersedia gratis untuk membuat listing di dalam website.

Untuk Anda yang penasaran dengan plugin ini, mari kita ulas lebih banyak tentang HivePress dalam artikel kali ini.

Apa itu HivePress?

Hivepress plugin direktori

HivePress merupakan sebuah theme dan directory plugin untuk website yang dibuat di WordPress. Fungsi utama dari plugin ini adalah untuk membuat listing produk, jasa, maupun freelance service dalam sebuah website baik oleh pengunjung maupun oleh moderator website tersebut.

HivePress juga bisa digunakan untuk membuat fitur request oleh calon pembeli dalam sebuah marketplace.

Sebab, plugin ini sudah dilengkapi dengan integrasi notifikasi ke Gmail. Sehingga semua update baik listing produk maupun request akan dikirim ke masing-masing kreator.

HivePress Themes

HivePress sendiri menyediakan 5 template bawaan yang bisa kalian pilih, yaitu:

  • RentalHive
  • TaskHive
  • ListingHive
  • ExpertHive
  • JobHive

RentalHive sangat cocok digunakan untuk marketplace penyewaan seperti mobil dan motor, rumah, kos, kontrakan, apartemen, termasuk juga hotel.

Sedangkan TaskHive banyak digunakan oleh pemilik website freelancer, illustrator, programmer, data scientist dan graphic designer. Theme ini terinspirasi dari website freelancer profesional seperti Fiverr, guru, Upwork, 99Design, dan masih banyak lagi. Sehingga fitur di dalamnya dibuat selengkap mungkin untuk memudahkan para freelancer maupun pemilik proyek.

ListingHive, produk utama dari HivePress, merupakan theme dan plugin yang dikembangkan untuk sebuah marketplace. Dengan theme ini kita bisa membuat website untuk jualan online produk sendiri maupun produk orang lain mirip seperti Tokopedia atau Amazon.

Dan yang terakhir ada ExpertHive. Sebenarnya theme ini mirip dengan TaskHive, yang mana desain dan fiturnya disesuaikan untuk freelance service listing. Hanya saja ExpertHive dibuat lebih mirip dengan JobStreet, dimana semua jenis pekerjaan mulai dari programmer hingga tukang kebun bisa menawarkan jasa mereka di sini. Pengunjung juga tidak melakukan transaksi langsung di ExpertHive kecuali untuk freelance project.

Siapa Saja yang Butuh Directory Plugin?

HivePress merupakan plugin direktori WordPress terbaik saat ini yang telah digunakan oleh berbagai macam website dari berbagai industri. Mulai dari industri properti seperti real estate, industri asuransi dalam pembuatan insurance marketplace, hingga industri campuran seperti website job board.

Produk yang bisa di-listing oleh HivePress juga bukan hanya produk milik orang lain yang ingin yang ingin berpromosi di website Anda.

Dengan directory plugin ini, kita juga bisa membuat desain website untuk listing produk sendiri dengan navigasi lebih simple agar mudah dipahami oleh calon pembeli.

Apa Kelebihan Directory Plugin buatan HivePress?

HivePress merupakan directory plugin wajib untuk semua website bisnis kecil. Mengapa begitu?

Sebab dengan satu plugin gratis ini, kita bisa mendapatkan berbagai macam kemudahan, seperti:

Proses Install Mudah

Instalasi plugin dari HivePress hanya butuh waktu sekitar 5 menit. Kalian tidak perlu memiliki kemampuan coding, front-end, back-end, atau bahkan full stack developer untuk memasang directory ini ke website.

HivePress juga sudah menyediakan tutorial resmi di channel Youtube mereka tentang langkah-langkah mulai dari pertama kali download hingga selesai membuat listing.

Proses install TaskHive, ListingHive, maupun RentalHive juga tidak begitu berbeda. Jadi jika kalian sudah paham cara pasang salah satu, pasti bisa memasang directory lainnya.

Extensible

Plugin ini memang menyediakan 5 theme gratis yang bisa dipasang langsung lewat dashboard.

Namun jika keempat theme tersebut tidak ada yang cocok dari segi desain dengan desain web bisnis masing-masing, HivePress memberikan izin untuk penggunanya agar mereka bisa merubah sendiri desain listing plugin.

ekstensi hivepress

Bukan hanya itu, kalian juga bisa menambah dan mengurangi fitur yang disediakan sesuai dengan rencana masing-masing.

Sudah Dilengkapi Monetization Feature

Sebagai website public listing, beberapa dari kalian mungkin ada yang bingung bagaimana cara memonetisasi situs ini. Apalagi jika websitenya ingin dibuat mirip JobStreet, yang mana tidak ada transaksi sama sekali di dalam situs.

Oleh karena itu HivePress menyediakan 6 fitur untuk memonetisasi website kalian, yaitu:

  • Paid listing slot
  • Paid promoted listing
  • Claimable listing
  • Charged viewing listing
  • On site listing sell
  • Charged listing booking
  • Advertising listing space

Semua elemen yang dibutuhkan untuk memonetisasi situs pun sudah disediakan di dalam plugin.

Jadi kita hanya perlu memasarkan website saja agar dan menentukan mana cara monetisasi paling tepat untuk situs tersebut.

Ada Komunitas dan Customer Service yang Siap Membantu Kapan Saja

Terakhir, HivePress dibangun dengan komunitas yang sangat solid dan saling membantu. Kita bisa berbagi masalah, bertanya saran dan masukan, atau sekedar mempelajari bagaimana pengguna plugin lain mengembangkan website mereka.

HivePress sendiri termasuk plugin open-source. Sehingga anggota dalam forum online mereka memang terdiri dari orang-orang yang paham di dunia web developer dan internet marketing. Jumlah anggota forum dan pengguna plugin ini pun terus bertambah dari tahun ke tahun.

Jika ada bug, error, atau masalah teknis lainnya, customer service dari HivePress juga siap membantu menyelesaikannya secepat mungkin.

Saat ini kalian bisa langsung cek live demo dari setiap produk HivePress di website resmi mereka. Jika suka, jangan ragu lagi untuk download dan pasang lewat dashboard masing-masing.

Baca : Buat Website Direktori Bisnis dengan Tema WordPress Vantage

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.