Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Settings dan Setup CDN CloudFlare Gratis di WordPress

Kecepatan loading halaman website atau blog adalah elemen penting untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari seperti google. Dan jika website atau blog Anda dimuat sangat lambat dapat menyebabkan pengunjung malas dan segera meninggalkan blog Anda dan mencari blog lain yang mempunyai artikel yang mirip dengan milik Anda.

Jika Anda ingin mmempunyai website wordpress yang cepat ,Anda bisa menggunakan jaringan pengiriman konten seperti MaxCDN dan menggunakan plugin caching seperti W3 Total cache, WP Super Cache atau plugin cache premium seperti WP Rocket. Namun menggunakan layanan pengiriman konten seperti MaxCDN adalah berbayar, tapi Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda untuk dapat menggunakan layanan CDN atau jaringan pengiriman konten gratis dengan Clouflare CDN di WordPress.

Tapi dengan menggunakan layanan CDN CloudFlare ini juga tidak dapat menjadikan situs WordPress Anda memuat lebih cepat jika Anda masih menggunakan layanan hosting yang buruk. Saya menyarankan kepada Anda untuk mencoba menggunakan layanan hosting terbaik, cepat dan unlimited seperti milik Bluehost atau iPage.

Sekarang mari kita kembali ke topik utama dari artikel ini yaitu Cara settings CDN CloudFlare gratis di WordPress.

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Apa itu CloudFlare?

CloudFlare pada dasarnya adalah sebuah Web Application Firewall, proxy server terdistribusi, dan jaringan pengiriman konten (CDN). Layanan ini dapat mengoptimalkan website dan mempercepat situs Anda dengan bertindak sebagai proxy antara pengunjung dengan server Anda yang membantu meningkatkan keamanan dan melindungi situs Anda terhadap serangan DDoS. CloudFlare juga sudah memiliki ratusan data center yang tersebar di berbagai negara.

cloudflare-data-center

CloudFlare menawarkan layanannya dengan rencana dasar gratis yang cocok untuk website kecil dan blog. Mereka juga menawarkan rencana berbayar dengan harga mulai dari $20 per bulan.

Cara Settings CloudFlare

Untuk dapat menggunakan CloudFlare, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk mendaftar untuk sebuah account. Kunjungi situs CloudFlare dan klik pada menu Signup di sebelah kanan atas.

daftar-cloudflare

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman pendaftaran dengan beberapa kolom untuk mengisi email, dan password Anda seperti gambar dibawah ini dan klik “Create Account“, jangan lupa untuk mencentang pilihan “Term and Conditions CloudFlare”.

buat-akun-cloudflare

Dan silahkan lihat kotak masuk atau inbox dari email yang Anda gunakan untuk membuat akun tadi, Anda akan mendapatkan email baru dari CloudFlare untuk memverivikasi akun Anda. Dan silahkan verifikasi terlebih dahulu. Setelah akun terferikasi, Anda bisa kembali masuk ke akun Anda. Pada bagian atas dashboard akun CloudFlare Anda terdapat menu “Add Site” dan klik menu tersebut. Anda akan melihat kolom untuk memasukkan nama domain Anda. Silahkan masukkan nama domain Anda dan klik “Begin Scan”.

add-site-cloudflare

Setelah Anda klik “Begin Scan”, silahkan Anda untuk menunggu beberapa saat sampai proses scan sampai status berubah menjadi “Scan Complete”. Dan setelah proses scaning selesai maka Anda akan melihat nama domain Anda terdaftar dibawahnya dengan tombol “Continue Setup” di sebelahnya, dan silahkan klik tombol “Continue Setup” tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.

cname-cloudflare

Pada bagian ini Anda akan melihat DNS Record dari situs Anda, dan biarkan seperti itu saja dan selanjutnya klik “Continue“.

harga-cloudflare

Anda akan di hadapkan pada pilihan rencana berikut harga yang ditawarkan oleh CloudFlare, secara default pada langkah ini Anda di tempatkan pada pilihan “Pro Website” dengan harga $20/bulan. Karena ini tutorial untuk versi gratis maka Anda harus mengganti pilihan ke Rencana gratis “Free Website” seperti gambar diatas. Dengan pilihan gratis ini Anda sudah mendapatkan : Basic Security Protection, SSL (Limited Browsers), Fast Website Performance, dan Always Online. Jika sudah menentukan pilihan pada “Free Website” silahkan untuk klik tombol “Continue“.

name-server-cloudflare

Pada bagian ini Anda akan melihat Name servers milik Anda yang sesungguhnya yaitu di sebelah kiri dibagian “Current Nameservers” dan name server yang diberikan oleh cloudflare disebelah kanan “Change Nameservers to”.

name-server-centerklik

Pada bagian ini, Anda sudah mempunyai name server baru milik cloudflare yang diberikan untuk situs Anda. Silahkan untuk login ke akun domain Anda dan akses bagian pengaturan domain Anda dan pilih pengaturan untuk “Name Server”, pada bagian itu Anda akan melihat kolom-kolom untuk mengganti Name server. Silahkan ganti name server lama Anda dengan name server baru milik CloudFlare. Jika sudah Anda ganti dan simpan pengaturan name server domain Anda, silahkan untuk klik “Continue” untuk melihat status situs Anda apakah sudah terintegrasi dengan cloudflare.

cloudflare-status-overview

Jika perubahan name server sudah Anda lakukan dengan benar, saat Anda klik “Continue” pada langkah sebelumnya maka akan menghasilkan status “Active” seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Baca : Layanan Cloud Hosting Terbaik dan Murah [Best Cloud]

Diatas adalah panduan lengkap cara settings dan setup CDN CloudFlare gratis di WordPress atau pada situs-situs lain. Silahkan ikuti panduan diatas agar situs WordPress Anda dimuat lebih cepat. Selamat mencoba dan semoga sukses. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Anas

    Maaf nih gah, ane bingung sama nameserver nya.
    kan kalo nameserver nya di ganti hosting kita jadi ga bisa akses tuh, jebih jelasnya kaya gini

    Saat ini Domain Anda belum mengarah ke nameserver kami sehingga layanan seperti email, ftp, file manajer, website builder dan lain-lain tidak bekerja dengan baik. Anda dapat menemukan detail nameserver kami pada menu Akun -> Detail. Proses untuk mengarahkan domain ke server membutuhkan waktu hingga 24 jam setelah nameserver kami diupdate pada domain Anda.

    itu gimana ea, mohon pencerahannya

    • ya emang gtu gan, harus nunggu dulu name server connect gan. name server agan di ganti dengan name server baru dari CDN Cloudflare. terus tunggu gan. sampek konek. 🙂 itu name server cloudflare secara otomatis redirect ke hosting agan yang sebenarnya.

      • Anas

        Kira-kira berapa lama untuk bisa redirect ke hosting yang sebenarnya,

        Makasih Banyak gan website ini sangat membantu.
        Maju Terus

        • biasanya 1X24 jam. tapi bisa juga lebih cepet gan.

  • wybowo

    sya jg rda bngung mas,,coz hosting dan domain pnya nemeserver sndiri2.. apa ckup nameserver yg untuk domain aja yg diganti ya bkan nameserver hosting

    • yang diganti itu name server hosting gan, edit name server domain agan lalu arahkan name servernya dengan name server baru yang agan dapat dari cloudflare.

  • wybowo

    problem solved .. mkasih

  • Dhikr

    kalo untuk membuat server CDN sendiri ada caranya? menggunakan 2vps .. 1 lokal dan 1 di luar

  • Ryan M.

    …kemarin udah nyoba tapi beberapa hari kemudian keluar error 521 & error 522 akhirnya dibalikin ke ns semula (dan kembali lambat). Mohon solusinya 🙂

    • error seperti itu biasanya hosting ente yang ngeblok IP cloudflare gan. jadi pas terjdi seperti itu. tanyakan sama support hosting ente gan.

  • kakipromo

    cara setting yang senang dan mudah untuk faham

  • fadhil

    artikel nya mantap.
    pertanyaan saya,apakah cloudflare di jamin lebih bagus dari hostingan sebelumnya.
    cara membandingkan nya gmn gan.
    thx

    • Cloudlfare ini CDN gan, bkan hosting. Tugasnya meringankan beban situs dan crawler yang membuang-buang bandwidth dari sumber daya server. sekaligus bisa mengamankan situs agan.

  • Weli

    CloudFlare memang keren CDN gratisnya, saya juga pake ini sekarang

    Ada rekomendasi CDN murah yg berbayar gak gan?

  • tas etnik nurike

    untuk subdomain bisa gak ya gan..

  • Fariqi Az Zahid

    gan, subdomain gak bisa add site di cloudflare ya? terimakasih ^_^

    • maksudnya sub domain apa ini gan? sub domainnya wordpress.com ya jelas nggak bisa gan.

  • coba masuk ke pengaturan permalink lagi gan, trs di pindah ke default lalu simpan, trs balikin ke setinggan permalink pilihan agan lagi, lalu simpan lagi. semoga g error

  • coba aja di klik link creating and editing, jika tidak berhasil coba masuk ke cpanel, lihat permision htaccess nya, ubah dlu ke 777/644 jika sebelumnya 444. trs klik lagi link trsebut setelah permision di ganti. jika sudah berhasil, notifikasi tidak muncul lagi. ubah permision ke 444 lagi.

    • Ota Rockaffella

      Fix gan. Ternyata ada masalah di W3TC-nya. Setelah saya nonaktifkan, permalink postnya bisa kembali diakses. Tapi proses load situsnya jadi sedikit lemot kembali. Nyoba pake WP Super Cache sama aja. Apa memang CloudFlare cocoknya disandingkan dengan W3TC ya? Terus kira-kira saya salah setting W3TC-nya di bagian mananya ya gan? Kenapa permalink postnya jadi gak mau diakses? Mohon kembali bantuannya. Thx

  • ruslan

    mas, semisal nameserver dari pihak hostingnya gag bisa di rubah gmna? cuma bisanya di tambahin nameservernya doang.terimakasih sebelumnya

    • name server, ngrubahnya di domain gan, bkan di hosting.

  • cloudflare hanya menyimpan cache jadi tidak sebagai database. solusi jika agar space hosting tidak cpt habis ya bisa nyimpen gambar di cloud, tapi tetap aja semuanya terbatas. solusi terbaik ya upgrade hosting gan.

  • nyelip nyelip

    Terima kasih atas informasinya , kunjungi website kita juga ya di

  • Redaksi Tekno

    Halo mas saya sedikit bingung di bagian name server
    Jika nameserver domain di ubah kan pastinya hosting yang pake nameserver yang dulu gak konek mas.
    Mohon diperjelas mas, atau mungkin setelah cdn sudah konek nameserver diubah lagi ke default ?
    terimakasih mas 🙂

    • di artikel sudah saya kasih penjelasan di note gan, di sebelah kanan adalah name server asli yaitu dari hosting. jadi itu tetap terhubung. cloudflare itu sbg jembatan saja.

Must Read...!
Theme WordPress IsleMag Responsive Free

IsleMag adalah Theme Wordpress Responsive Gratis dengan desain ramah dan catchy, tema terlihat modern...

Cara Memperbaiki White Screen of Death pada WordPress

Jika Anda pengguna Wordpress self hosted dan saat Anda akses situs Anda yang terlihat...

Close