How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Membuat Tabel di WordPress [no html]

WordPress hadir dengan posting editor visual yang bagus, tetapi ada hal-hal tertentu yang belum ada, Membuat tabel adalah salah satunya. Tabel merupakan alat penting untuk memilah dan menyajikan dalam data. Meskipun sebenarnya Anda dapat membuat tabel secara manual dengan mengetikkan kode HTML dan CSS dalam postingan Anda, tapi itu bukanlah pilihan yang mudah bagi sebagian banyak pengguna wordpress, khususnya jika mereka tidak memiliki pengetahuan HTML dan CSS. Pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial wordpress bagaimana cara untuk menambahkan tabel dalam posting maupun page WordPress.

html table shortcode wordpress

Berikut Cara Membuat tabel wordpress

1. Download dan install Plugins Table Press

2. Klik Menu Tablepress -> Add New Table. Ini akan membawa Anda ke tab Tambah Baru. Setelah itu berikan nama dan deskripsi, memilih jumlah baris dan kolom yang Anda butuhkan. Jangan khawatir, Anda selalu dapat menambahkan / menghapus kolom dan baris dari tabel yang anda buat, saat memasukkan data atau dengan mengedit tabel nanti. Klik tombol Add Table ketika selesai.

add-table-optionsIni adalah editor tabel di mana Anda dapat menambahkan data ke tabel Anda. Anda juga dapat menambah dan menghapus kolom atau baris. Semua baris dan kolom dapat diseret dan disusun kembali. Setelah Anda membuat tabel, sekarang tambahkan tabel ini ke dalam postingan atau page.

3. Buka post yang sudah ada atau membuat post baru untuk memasuk ke tabel. Jika Anda menggunakan editor visual, maka Anda akan melihat ikon tabel dalam editor visual Anda. Menekan tombol akan membuka pop up menampilkan daftar nama tabel yang sudah anda buat. Tekan tombol Insert tabel yang Anda inginkan, dan itu akan menambah shortcode di postingan.

add-table-post

Jika Anda tidak menggunakan editor visual, maka Anda bisa  memasukkan shortcode secara manual. Klik pada item menu TablePress, dan ia akan menampilkan daftar tabel yang telah Anda buat. caranya Klik Show Shortcode, dan ini akan membuka jendela pop-up dengan shortcode tabel. copy shortcode dan paste di posting Anda di manapun Anda ingin memasukkan table.

show-table-shortcodePlugin ini juga dapat mengimpor data dari file csv, berkas json, sebuah tabel HTML dan format json. Anda juga dapat mengekspor semua tabel Anda di CSV, HTML, dan format JSON. Untuk petunjuk penggunaan yang lebih lengkap lihat di Dokumentasi TablePress. Semoga berhasil. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Theme WordPress E-Commerce Terbaik Gratis

Dalam era Smartphone seperti saat ini, banyak pengguna yang mengakses website melalui ponsel mereka,...

Theme WordPress Restaurateur Responsive Free

Restaurateur adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang khusus di desain untuk website Restoran. Tema dibundel...

Close