How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android – Apakah Anda telah menghapus beberapa foto yang tersimpan di smartphone Anda secara sengaja atau tidak sengaja? Dan sekarang Anda telah kehilangan foto tersebut dan mencoba ingin mengembalikan kembali foto yang telah terhapus tersebut secara sempurna ke penyimpanan smartphone Anda?

Anda tidak khawatir dan tetap tenang karena disini saya ingin membagikan cara mudah untuk mengembalikan foto yang terhapus di perangkat android Anda. Dan juga mengajarkan pada Anda bagaimana cara untuk membuat backup atau cadangan – sehingga Anda tidak akan pernah lagi mengalami rasa cemas karena telah menghapus baik secara sengaja atau tidak sengaja pada foto-foto terbaik Anda di ponsel android.

Baca : Membersihkan Database WordPress dengan Advanced Database Cleaner

Bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di Android?

Pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Google Play Store untuk mengunduh aplikasi untuk mengembalikan foto terhapus, anda akan menemukan banyak aplikasi memiliki fungsi dan kegunaan seperti itu. Tapi untuk memudahkan Anda dalam menemukan aplikasi foto recovery yang teruji, disini saya akan membagikan aplikasi yang bernama “DiskDigger Photo Recovery“.

DiskDigger mengembalikan foto terhapus android

Jadi, unduh, instal dan jalankan aplikasi tersebut. Play Store, bagaimanapun, sarat dengan ratusan aplikasi yang mengklaim Memulihkan Foto yang Dihapus dari Galeri tetapi menurut beberapa sumber online, DiskDigger tidak hanya aman, tapi juga dapat diandalkan dan benar-benar mampu mengembalikan foto yang terhapus di android.

Mengembalikan Foto Terhapus dengan DiskDigger

Ini cukup membantu. Setelah Anda mengunduhnya ke smartphone Anda, matikan koneksi data internet Anda atau Wi-Fi. Itu karena ketika sesuatu dihapus dari HP Anda, baik itu musik, foto, atau apa pun, itu sebenarnya tidak dihapus sampai atau kecuali seseorang menulis sesuatu di atasnya dalam memori perangkat.

Selain itu, Anda tidak harus menonaktifkan semua aplikasi pembersihan seluler Anda segera karena mereka dapat menghapus file yang Anda hapus secara tidak sengaja dan mencegahnya pulih secara permanen.

Baca : Cara Mudah Backup dan Mengembalikan Pesan Chat WhatsApp dengan Google Drive

Cara Menggunakan DiskDigger

Menggunakan DiskDigger untuk Android sangat sederhana. Setelah aplikasi dibuka, akan menampilkan dua opsi: “Basic Scan” dan “Full Scan”. Fungsionalitas Scan “Full” hanya tersedia pada perangkat yang di-rooting, sedangkan fungsionalitas “Basic” tersedia untuk perangkat yang di rooting atau tidak di root.

Disk Digger

Jika perangkat Anda di-rooting, aplikasi seharusnya memungkinkan Anda memilih partisi memori yang akan di scan. Memori internal perangkat Anda biasanya muncul sebagai “/data“, dan SD Card biasanya muncul sebagai “/mnt/sdcard” atau yang serupa.

Jika perangkat Anda tidak di-rooting, ketuk tombol “Start basic photo scan” untuk melanjutkan, dan lanjutkan ke bagian “Scanning for files” di bawah.

Saat Anda menggunakan aplikasi pada perangkat smartphone yang di-rooting, Anda dapat melihat jendela permintaan Super User. Pastikan untuk menekan “Allow” untuk memberikan akses root pada DiskDigger.

Setelah memilih perangkat memori yang akan di scan, Anda akan memilih jenis file yang ingin Anda recovery atau kembalikan. Untuk kinerja yang lebih baik, pilih hanya jenis file yang sebenarnya Anda butuhkan, misal file foto dengan format JPG.

Disk Digger 3

Scan file

Saat aplikasi mulai melakukan scan file yang dihapus, Anda akan melihat layar DiskDigger utama, dengan daftar file yang dapat dipulihkan:

Disk Digger 2 mengembalikan foto terhapus android

Anda dapat mengetuk salah satu file untuk memilih kotak centangnya, yang akan di recovery. Anda juga dapat mengetuk menu overflow (tiga titik) pada masing-masing file, untuk melihat opsi pemulihan untuk setiap file individual.

Memfilter file

Menekan tombol “Options” (ikon roda gigi) akan memungkinkan Anda untuk memfilter file yang dapat dipulihkan berdasarkan ukuran file, dan jenis file. Jika Anda ingin memaksakan ukuran minimum pada file yang ditampilkan, tekan kotak centang di sebelah “Minimum file size”, dan masukkan jumlah minimum byte di bawahnya.

Secara default, ukuran minimum diaktifkan ketika memulihkan foto, untuk memfilter sebagian besar gambar (non-foto) lainnya yang mungkin ada di memori perangkat Anda (dari cache browser, bitmap dari aplikasi lain, dll).

Menyimpan file

DiskDigger menyediakan tiga cara berbeda bagi Anda untuk menyimpan file yang dapat dikembalikan: Save to an app, Save to device, dan FTP upload. Untuk penyimpanan yang lebih mudah ke perangkat smartphone Anda, saya menyarankan untuk menyimpan foto langsung pada perangkat Anda dengan memilih “Save the file to your device“.

Disk Digger 4 mengembalikan foto terhapus android

Untuk memulihkan satu atau lebih file, centang file yang Anda inginkan untuk di pulihkan, lalu ketuk tombol “Recover” di bagian atas.

Catatan penting:

DiskDigger hanya terbatas untuk mengembalikan file gambar atau foto dari arsip yang telah terhapus di perangkat yang tidak di-rooting. Dan jika Anda ingin mengembalikan file video, Smartphone Anda harus dalam keadaan di Root.

Tapi jika Anda ingin mengembalikan file video yang terhapus tanpa root, Anda harus menggunakan aplikasi DiskDigger versi Pro yang bisa Anda beli dengan harga Rp. 38 ribu saja.

Jika foto atau gambar yang ingin Anda kembalikan terhapus dalam waktu dekat atau baru beberapa hari, maka DiskDigger akan dapat menemukannya dengan mudah dan memberi Anda opsi untuk mengembalikannya ke dalam folder HP Anda atau membackup ke layanan cloud.

Mungkin sepertinya DiskDigger tidak dapat menemukan gambar Anda yang terhapus dalam waktu yang sudah lama, tetapi Anda dapat menggali ke dalam pengaturan dan menghapus centang “Minimum File Size Factor” dan Anda akan mendapatkan semua gambar / foto yang dihapus. Seperti disebutkan di atas, Anda akan memerlukan versi Pro aplikasi jika Anda ingin mengembalikan Foto yang Dihapus dengan resolusi dan kualitas yang sama. Harga cukup murah, karena harga aplikasi versi Pro ini kurang dari $ 4.

Berhati-hatilah jika fitur pembersihan di aplikasi sedang digunakan, karena beberapa pengguna telah menghapus semua gambar karena mereka tidak mengerti bahwa semua akan dihapus secara permanen.

Pilihan lain

Ada berbagai program perangkat lunak termasuk “Recuva” untuk mendapatkan kembali foto atau video Anda yang dihapus dengan mudah. Dan itu direkomendasikan oleh banyak sumber online yang dapat diandalkan. Jadi, Anda dapat mengunduh program ini juga dan ikuti instruksi yang mencakup melampirkan smartphone Anda dengan komputer Anda untuk menemukan foto yang dihapus. Anda dapat menemukan program lain yang serupa secara online juga.

Bagaimana cara membuat backup atau cadangan foto Anda?

Setelah menjelaskan proses mengembalikan Foto yang terhapus di Android, berikut adalah cara Anda dapat membackup foto yang telah dipulihkan untuk mencegah situasi seperti itu terjadi di masa mendatang. Untuk membuat cadangan foto Anda, Anda perlu menggunakan aplikasi “Google Photos” yang menawarkan penyimpanan tanpa batas untuk menyimpan dengan fungsi yang mudah diatur.

Setelah mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store, masuk ke dalam pengaturannya dan Backup & Sync now. Anda akan memiliki opsi tentang seberapa sering dan dengan metode apa Anda ingin membuat cadangan foto Anda. Disarankan untuk mencadangkan foto Anda sesering mungkin.

Baca : Google Meluncurkan Aplikasi Galeri Baru Bernama Gallery Go yang Lebih Ringan

Dan itulah panduan cara mengembalikan file foto atau gambar yang terhapus di smartphone Android Anda. Dan perlu Anda ketahui bahwa DiskDigger juga tersedia untuk PC Komputer Windows, Linux dan MacOS. Jadi ketika Anda kehilangan file foto dan video di perangkat komputer Anda, Anda bisa juga memulihkan dengan software DiskDigger ini. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
12 Smartwatch Terbaik Dan Terbaru Hadir Pada Tahun 2020

12 Smartwatch Terbaik Dan Terbaru Hadir Pada Tahun 2020 - Perusahaan Teknologi Terbesar di...

Cara Mengirim Forward Email sebagai Lampiran di Gmail

Google memperkenalkan kemampuan untuk mengirim email sebagai lampiran (as attachment) di Gmail awal minggu...

Close