Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Berikut 6 Kesalahan yang Membuat Bisnis Gagal

Anda ingin bisnis Anda sukses…? Tentu saja setiap pelaku bisnis menginginkan kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Banyak pelaku bisnis yang sudah sangat bersemangat, mengorbankan waktu pikiran dan tenaga untuk mencapai kesuksesan. Tapi, banyak pebisnis kebanyakan gagal saat memulai bisnis.

gagal bisnis

Jika Anda seorang yang akan terjun di dunia bisnis dan masih baru, berikut 6 alasan umum mengapa pengusaha gagal yang harus Anda ketahui dan harus Anda hidari agar menjadi seorang pebisnis yang sukses.

Baca : 5 Keahlian Yang Perlu Dimiliki Saat Memulai Bisnis Online

1. Menghabiskan Waktu pada Perencanaan

Bisnis sukses tidak selamanya butuh perencanaan yang matang, tapi perencanaan sangatlah penting. Meskipun perencanaan sangatlah penting, Anda tidak harus untuk menghabiskan waktu untuk membuat perencanaan yang sempurna. Sebuah rencana bisnis yang Anda buat hanya satu halaman sering lebih efektif daripada rencana bisnis yang Anda buat sebanyak 30 halaman. Karena hal tersebut tentu akan menjadikan Anda untuk tetap fleksibel serta mudah beradaptasi.

2. Terlalu Terobsesi untuk Menciptakan Ide Bisnis yang Sempurna

Terlalu ingin sempurna menjadikan beberapa orang gagal dalam bisnis, karena mereka tidak pernah mengambil tindakan untuk benar-benar menjadi seorang pengusaha tapi malah terlalu terobsesi pada menciptakan ide terlalu banyak.

Ini adalah alasan bagi kebanyakan entrepreneurs. Mereka terobsesi tentang rincian ide bisnis dan menghabiskan banyak waktu untuk penelitian.

Memang sebelum memulai sebuah bisnis di perlukan penelitian tentang ide bisnis tersebut, tapi jangan terlalu lama dan mengharapkan kesempurnaan. Karena hal itu dapat menghabiskan waktu Anda dan tidak akan segera memulai. Jika ide sudah Anda dapatkan segera mulai, kesempurnaan bisnis akan Anda dapatkan saat Anda sudah menjalankan bisnis. Akan ada banyak pelajaran baru ketika semua itu sudah berjalan.

3. Mencoba Menjadi Terlalu Inovatif

Satu-satunya cara untuk sukses dalam bisnis memang ada yang datang dengan sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya, sesuatu yang inovatif dan baru, Menyenangkan dan menarik. Tapi semua itu tidak sepenuhnya benar. Dalam dunia bisnis saat ini, kebanyakan ide bisnis yang telah ada dan dijalankan sebelumnya dan jika belum dilakukan, maka Anda tidak perlu untuk menjalankan bisnis tersebut.

Benar-benar ide-ide inovatif cenderung berada pada bisnis bidang teknologi dan usaha yang mahal. Yang menjalankan bisnis dengan ide-ide yang benar-benar baru dan inovatif cenderung adalah perusahaan yang sudah pro, seperti Apple, bukanlah pengusaha pemula.

Mungkin Anda bisa berpendapat bahwa Apple sangat sukses karena ide-ide inovatif mereka yang baru. Tapi ingat, Anda bukanlah Apple. Cobalah melakukan bisnis dari skala yang kecil dan sudah pernah dilakukan oleh orang lain, hal tersebut akan memberikan Anda kesempatan untuk sukses.

Baca : Pengertian Lengkap Tentang Niche Bisnis

4. Bekerja Keras, Tapi Tidak Cerdas

Pebisnis baru sering sekali merasa mereka harus menjadi segalanya bagi bisnis mereka: dari penjualan, desain, copywriting, administrasi, komunikasi, pemasaran – semuanya ingin di kuasai.

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa untuk menjadi segalanya seperti itu tidaklah benar-benar efektif. Anda jauh lebih mungkin untuk menjadi sukse jika Anda melakukan hanya apa yang Anda kuasai.

Semisal Anda sangat ahli dalam penjualan dan Anda menjalankan bisnis Anda dengan kemampuan tersebut saja dan memikirkan hal yang belum Anda kuasai di belakang akan jauh lebih berhasil daripada pengusaha yang melakukan bisnis dengan melakukan penjualan, administrasi, desain web, marketing dan komunikasi sekaligus.

Menyalurkan energi Anda ke dalam sejumlah kecil aktivitas yang Anda kuasai, dan menyerahkan aktivitas lain kepada orang lain tentu akan menjadikan Anda fokus pada pekerjaan Anda dan itu akan menjadikan bisnis Anda berjalan dan meraih kesuksesan daripada semua Anda kuasai dan jalankan sendiri.

5. Menghabiskan Terlalu Banyak Uang Pada Pemasaran

Melakukan pemasaran dengan besar-besaran di awal bisnis Anda akan menjadikan Anda gagal karena akan menghabiskan banyak biaya yang tidak sedikit. Pemasaran memang harus Anda lakukan jika Anda ingin sukses dalam bisnis, Tapi gunakanlah metode pemasaran bisnis yang murah bahkan gratis untuk tahun pertama Anda. Seperti melakukan pemasaran dengan pemasaran konten melalui blog, social media, atau pemasaran dari mulut ke mulut.

Dengan pemasaran yang murah tapi cerdas akan menghemat banyak sekali pengeluaran, Sehingga Anda dapat focus pada bisnis dan produk Anda.

6. Terlalu Mengikuti Passion

Banyak orang yang mengatakan kepada Anda untuk “mengikuti passion” dan memanfaatkan passion tersebut untuk membangun kesuksesan bisnis Anda. Tapi, pengusaha yang terlalu mengikuti hawa nafsu mereka tidak menghasilkan uang, dan pengusaha yang memberikan nilai untuk target pasarlah yang menghasilkan uang.

Tidak perlu untuk terlalu mengikuti passion Anda secara penuh untuk memulai menjalankan bisnis, Anda hanya perlu sedikit ketertarikan pada bisnis tersebut dan jalankan dengan penuh semangat dan kerja keras maka keberhasilan juga akan Anda dapatkan.

Anda layak untuk berhasil. Anda telah bekerja keras untuk membawa impian Anda membuahkan hasil. Kerja keras Anda akan dibayar jika Anda menghabiskan waktu dan energi pada tindakan yang tepat.

Baca : 5 Tips Kembangkan Bisnis Agar Lebih Sukses

Diatas adalah 6 kesalahan yang banyak membuat bisnis gagal yang harus Anda hindari, semoga artikel ini bermanfaat dan bisnis yang sekarang Anda jalankan akan menuai kesuksesan. Semoga berhasil 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress PhotoPress Responsive Free

Protopress adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain khusus untuk para penyuka photografi....

5 Tips Kembangkan Bisnis Agar Lebih Sukses di 2016

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis Anda sendiri, anda harus berbangga diri karena itu...

Close