How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Alasan Anda Harus Install Plugin Jetpack

Plugins jetpack adalah plugins yang sangat powerfull, plugins ini merupakan ibu dari beberapa plugins, kenapa disebut begitu karena satu plugins mempunyai 30+ fitur yang bisa anda gunakan dan aktifkan.

Dalam posting ini, saya akan menunjukkan fitur Jetpack unggulan yang perlu Anda aktifkan dan memberikan beberapa tips dan trik untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari plugins ini. Sebelum Anda mencoba menggunakan plugin-plugin lain, sebaiknya Anda mencoba untuk menginstall plugin Jetpack ini dan temukan fitur-fitur yang Anda butuhkan untuk blog Anda, Jika Anda tidak menemukan fitur yang Anda inginkan baru Anda menginstall plugin lain. Berikut 10 Alasan kenapa Anda harus install plugin Jetpack pada blog WordPress Anda :

Baca : Update artikel WordPress via Email

1. Mudah di instal, Setup, dan dipelajari

Kita semua menggunakan WordPress untuk alasan yang berbeda. Saya menggunakannya karena saya suka menulis. Jadi saya ingin meminimalkan waktu di antara menulis posting ketika saya harus mengelola aspek back-end dari blog saya.

Jetpack sangat mudah untuk di instal dan diseting, mengingat betapa banyak manfaat yang berbeda disediakan plugin ini.

Untuk menginstalnya, masuk ke menu Plugins -> Add New dan kemudian ketik “jetpack” ke dalam kotak pencarian. Ini akan memunculkan jetpack pada hasil pertama pencarian. Tekan “Install Now” dan Anda siap untuk menggunakannya (Anda perlu untuk membuat account WordPress.com, hal ini diperlukan sehingga Anda dapat menghubungkannya dengan blog WordPress Self Hosted Anda dan Jetpack). Jika anda sudah mengaktifkannya maka akan muncul menu baru bernama Jetpack.

jetpack pageHalaman ini menjabarkan masing-masing fungsi Jetpack dan mudah di navigasi. Dengan halaman dilengkapi keterangan, Anda dapat dengan mudah klik “Learn More”.

Info ini bahkan disediakan dalam pop-under ekspansi, sehingga Anda tidak harus membuka tab baru atau meninggalkan halaman untuk membaca fungsi dari addon yang dibawa oleh jetpack. Sederhana dan nyaman!

2. Site Stats Plus

Halaman ikhtisar utama untuk Statistik Situs menyediakan banyak informasi dalam sekejap. Anda bisa melihat statistik pengunjung dan pengunjung menggunakan kata kunci apa sehingga masuk ke situs wordpress anda. Anda bisa menganalisa pengunjung dan kata kunci, serta melihat halaman mana yang banyak di lihat pengunjung.

site stats jetpackUntuk mengaktifkan fitur ini anda harus membuat account di wordpress.com, banyak sekali manfaat dari fitur Site Stats ini.

3. Komentar dan Langganan

Pengguna WordPress sering menemukan diri mereka membutuhkan plugin untuk meningkatkan komentar dan membuatnya mudah bagi orang untuk berlangganan posting atau seluruh blog. Jetpack melakukanya dengan mudah.

jetpack-commentsDengan mengaktifkan JetPack komentar dan fitur berlangganan, kolom komentar anda akan terlihat seperti berikut:

Sebelumnya, ini dilakukan oleh 2-3 plugin. Tapi dengan Jetpack anda dapat melakukan itu semua dalam satu plugins.

4. Social Sharing

Menyediakan tombol berbagi sosial di situs WordPress tidak selalu mudah untuk melakukannya. Hal ini membutuhkan plugin, hard-coding, atau tema yang melakukannya untuk Anda.

sharing-settingsJetpack memungkinkan Anda untuk memasukkan tombol berbagi sosial dengan mudah. Anda hanya perlu drag dan drop dari daftar situs sosial yang paling relevan:

Anda dapat melihat preview, dan opsi lain untuk kustomisasi yang disediakan. Anda dapat menggunakan tombol Facebook Share atau tombol share lainnya.

5. Ejaan dan Grammar!

Ini adalah keuntungan besar bagi anda yang bermasalah dengan grammar. Dengan plugin Jetpack anda sudah mendapatkan fitur bantuan Ejaan dan Grammar, anda tinggal mengaktifkan dan sedikit melakukan setting untuk menggunakan fitur ini.

abc grammar

Setelah Anda menulis posting, tekan saja tombol ini untuk mendapatkan ulasan lengkap dari posting Anda.

6. Shortcode

Jetpack membawa kenyamanan shortcode dari WordPress.com blog untuk self-host blog. Lihatlah banyak situs dan layanan yang berbeda yang mendukung shortcode untuk ditanamkan di blog wordpress anda:

shortcodes jetpack

Screenshot diambil dari halaman Jetpack, dan link membawa Anda ke halaman WordPress.com yang menunjukkan pilihan shortcode yang berbeda untuk setiap layanan. Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai macam shortcode tanpa berhubungan dengan script html yang panjang untuk embed.

7. Mempercepat Loading Gambar

Jetpack mempunyai Addon yang bernama Photon, Photon adalah layanan Content Delivery Network milik WordPress yang bisa Anda gunakan secara gratis, Layanan CDN ini dapat meningkatkan kecepatan situs WordPress Anda yang tentu saja akan berdampak positif pada SEO dan akan menurunkan tingkat bouncing secara drastis. Photon menyajikan gambar Anda melalui WordPress ‘dedicated Content Delivery Network (CDN), ini benar-benar gratis dan akan menghemat bandwith Anda.

photon-jetpack

Kecepatan website sangat penting untuk keberhasilan situs Web Anda dan akan membuat pengunjung Anda tidak lama menunggu, blog yang cepat sangat disukai oleh mesin pencari seperti google.

8. Fitur Keamanan

protect-widget-securitu

Jetpack mempunyai fitur keamanan botnet yang dapat bekerja secara otomatis saat Anda menginstal Jetpack 3.4 atau versi di atasnya dan terhubung jetpack ke akun WordPress.com Anda. Situs Anda akan dilindungi dan memblokir serangan usaha login yang tidak diinginkan juga dapat melacak dan mendeteksi dan memblokir IP yang mencurigakan. Anda dapat melihat jumlah serangan ke situs Anda dengan widget di dashboard Anda.

9. Memonitor Downtime

‘Downtime’ adalah masalah serius yang pasti akan di hadapi oleh pemilik website. Jika Anda menggunakan layanan web hosting terbaik tentu saja hal seperti ini seharusnya tidak terjadi meskipun beberapa downtime tidak bisa dihindari. Tapi jika Anda mengaktifkan fitur monitor downtime milik jetpack ini, setidaknya Anda bisa mengontrol situs Anda dan bisa menilai apakah layanan hosting yang Anda gunakan sudah memenuhi kebutuhan Anda atau Anda harus pindah ke layanan hosting lain yang dapat membuat situs Anda tetap mengundara sepanjang waktu.

Jetpack menggunakan fitur monitor untuk melacak downtime website Anda sepanjang hari dan setiap waktu, untuk memastikan bahwa Anda tahu jika situs Anda sedang offline. Ia akan mengirimkan email pemberitahuan dan menghasilkan laporan sehingga Anda dapat segera menghubungi perusahaan hosting Anda untuk segera menyelesaikan masalah downtime yang terjadi pada website Anda.

10. Jetpack Related Post

Menampilkan konten terkait di akhir posting blog Anda dapat mendorong pengunjung untuk tetap lama-lama di blog Anda dan membaca artikel Anda yang lainnya.

jetpack-related-posts

Jika theme WordPress yang Anda gunakan belum mendukung fitur related post, maka Anda bisa mengaktifkan fitur ini yang dibawa oleh jetpack. Anda juga tidak perlu menggunakan plugin terlalu banyak karena cukup dengan jetpack Anda sudah bisa mengaktifkan banyak sekali fitur.

Baca : Gunakan Jetpack Custom CSS Editor WordPress

Diatas adalah 10 alasan kenapa Anda harus menginstall Jetpack pada situs WordPress Anda. Silahkan Anda mencoba untuk menggunakan jetpack dan nikmati fitur-fitur gratis yang dibawa. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

28 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Education Hub Responsive Free

Education Hub adalah Theme Wordpress Responsive Gratis untuk pendidikan yang mempunyai desain bersih dan...

Daftar 10 Brand atau Merek Termahal di Dunia

Brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan, brand menjadi bernilai jika perusahaan tersebut mendulang...

Close