How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Oleh Cloud Provider Anda

Layanan cloud computing banyak memberikan manfaat diantaranya mampu meningkatkan efektifitas operasional, menunjang cash flow serta berbagai keuntungan lainnya bagi perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan.

Zettagrid Layanan Cloud Hosting

Tidak ada yang menyangsikan kemampuan dan keunggulan yang dimiliki oleh layanan cloud. Akan tetapi tahukah Anda jika cloud provider memiliki pendekatan yang berbeda dalam hal data security (keamanan data) dan penerapan teknologi di dalamnya? Pada awalnya perbedaan tidak terlalu terlihat namun akan berdampak besar pada sensitivitas data yang meliputi aksesibilitas, privasi, ketersediaan dan integritas data.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan cloud yang disediakan oleh cloud provider, ada beberapa hal yang mesti Anda cermati dan pastikan untuk dimiliki oleh penyedia layanan cloud (cloud provider) yang nantinya Anda gunakan. Berikut 10 diantaranya;

1. Mendapatkan Jaminan Layanan “Up-Time”

Downtime atau matinya layanan cloud yang Anda gunakan akan berdampak sangat fatal pada bisnis Anda. Untuk itu carilah penyedia layanan cloud (cloud provider) yang secara jelas mendefenisikan dan mendokumentasikan frekuensi downtime yang mereka tawarkan pada Anda. Jangan berasumsi dahulu mengenai defenisi downtime bagi Anda sesuai dan sama dengan yang ada di benak penyedia layanan cloud Anda. Cari tahu dan minta cloud provider untuk memaparkan kepada Anda mengenai beberapa skenario jika downtime terjadi dan bagaimana penanggulan serta penggantian layanannya. Hal ini penting sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan cloud dari cloud provider.

Salah satu penyedia layanan cloud di Indonesia, Zettagrid sangat menyadari hal ini. Untuk itu Zettagrid menawarkan jaminan uptime dan potongan harga (diskon) yang bisa diklaim jika downtime terjadi. Zettagrid memiliki beberapa tingkat redundansi untuk memastikan layanan berjalan dengan uptime yang tinggi meskipun selama masa maintenance dan upgrade kapasitas layanan.

2. Memegang Kendali Penuh Terhadap Layanan

Selain mencari cloud provider yang memiliki nilai Service Level Agreement (SLA) yang tinggi, carilah cloud provider yang memberikan Anda akses kontrol dan fleksibiltas penuh terhadap cloud Anda.

Zettagrid sendiri memiliki komitmen untuk selalu memberikan pelanggan akses kontrol yang penuh secara terus menerus. Layanan cloud yang dimiliki Zettagrid memungkinkan setiap pelanggan untuk memegang kendali penuh di seluruh aspek environment virtual data center.

3. Mendapatkan Solusi Cloud Yang Bisa Di”Customize” Sesuai Kebutuhan

Cari tahu cloud provider Anda apakah bisa memberikan layann cloud yang bisa di customize sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting agar resource cloud compute yang Anda gunakan tidak banyak terbuang sehingga lebih efisien dalam penggunaan.

Layanan cloud dari Zettagrid mudah, aman, terukur serta cepat untuk digunakan. Namun hal yang paling penting serta bagian terbaiknya cloud adalah Anda hanya membayar sesuai dengan kapasitas yang Anda gunakan.

4. Mendapatkan Kemudahan Dalam Penggunaan

Agar mempercepat proses bisnis Anda yang sedang berjalan, Anda membutuhkan suatu portal cloud yang mudah untuk dipasang dan digunakan. Sebuah portal yang simple dan mudah untuk digunakan sangat mutlak diperlukan untuk pengelolaan resource kapasitas cloud Anda.

Portal Zettagrid yang bernama MyAccount memberikan kemudahan bagi Anda dalam melakukan konfigurasi cloud sesuai dengan kebutuhan. MyAccount sangat simple dan mudah untuk digunakan dalam rangka menunjang bisnis Anda.

5. Mendapatkan Harga Yang Bersahabat

Banyak cloud provider yang menagih biaya tambahan kepada pelanggan mereka seperti IOPS, GETs dan PUTs. Dan hal ini dilakukan secara berulang-ulang. Tentuya hal ini sulit untuk dipahami mengingat biaya yang Anda keluarkan tidaklah sedikit. Untuk itu carilah cloud provider yang memberikan biaya tetap setiap bulannya sehingga Anda tidak perlu terkejut menerima tagihan di akhir bulan.

Zettagrid menerapkan metode harga yang lebih simpel, terprediksi setiap bulan serta tanpa kontrak. Hal ini tentunya hal yang diinginkan oleh semua pelanggan bukan?

6. Hindari Kontrak Layanan Yang Mengunci

Tidak semua cloud provider yang menjalankan SLA mereka. Jika mereka “mengunci” Anda pada sebuah kontrak maka Anda harus mempertimbangkan hal tersebut. Karena kontrak yang bersifat “mengunci” membuat Anda tidak bisa leluasa dan fleksibel untuk tidak melanjutkan menggunakan layanan cloud provider jika Anda tidak merasa puas terhadap layanan yang diberikan.

Zettagrid menawarkan layanan tanpa kontrak berlangganan. Yang artinya Anda dapat berhenti kapan saja jika merasa tidak puas terhadap layanan yang diberikan.

7. Pastikan Data Center Dan Support Berada di Dalam Negeri

Banyak cloud provider yang jarang menginformasikan keberadaan lokasi data center mereka di iklan atau media informasi lainnya. Bisa saja mereka menaruh data Anda di luar negeri dan bahkan memindahkan tanpa sepengetahuan Anda.

Zettagrid menjamin data Anda aman dan tetap berada di Indonesia sesuai dengan kebijakan peraturan pemerintah PP No.82 Tahun 2012.

8. Anda Memiliki Otoritas Penuh Atas Data Yang Dimiliki

Jika data Anda berada di luar negeri maka Anda tidak lagi memiliki otoritas atas data yang Anda miliki. Maka dari itu pastikan cloud provider yang Anda pilih telah menjamin bahwa data Anda akan tetap berada di dalam negeri dan Anda tetap memilki otoritas penuh atas data Anda sendiri.

Zettagrid menjamin data Anda akan aman dan tetap berada di Indonesia.

9. Mendapatkan Opsi Untuk Layanan Data Backup Dan Replication

Pilihlah cloud provider yang memberikan Anda pilihan untuk melakukan data backup, replication dan restore dari dan ke cloud. Dengan begitu data Anda selalu aman meski apapun yang terjadi.

Zettagrid memberikan pilihan bagi Anda untuk menggunakan solusi data backup dan replications untuk kebutuhan bisnis Anda sehingga terhindar dari kehilangan data apabila outage terjadi. Dengan begitu bisnis Anda bisa pulih dan berjalan normal kembali secara cepat.

10. Memperoleh Laporan Secara Real Time

Terkadang untuk mengelola suatu sistem virtualisasi atau cloud yang cukup kompleks ini adalah hal yang cukup menantang. Carilah cloud provider yang memberikan Anda laporan (metrics report) secara real time. Dimana mereka bisa menunjukkan kinerja sistem cloud Anda sehingga bisa dengan cepat mengetahui isu-isu yang terjadi.

Zettagrid memberikan pelanggan laporan dan kontrol secara real time selama 24×7.

Untuk informasi lebih lengkap tantang produk dan layanan Cloud dari Zettagrid silahkan kunjungi website Zettagrid di ⇒ https://www.zettagrid.id/.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Revenue Responsive Free

Revenue adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang dibuat khusus untuk situs majalah online dan...

Cara Mudah Membuat Blog Dengan WordPress (Self Hosting)

Cara membuat blog sebenarnya gampang-gampang susah, hal tersebut tergantung bagaimana niat dan kerja keras...

Close