How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Menggunakan Linux?

Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Menggunakan Linux? – Apakah Anda sudah bosan dengan sistem operasi Windows yang Anda gunakan sekarang? Apakah Anda sudah sering mendapati masalah ketika menggunakan Windows? Sudah bosan komputer Anda di serang oleh virus? Dan, yang lebih penting, apakah Anda pernah mendengar tentang Linux dan tertarik untuk mencobanya? Jika demikian, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang diperlukan untuk beralih menggunakan Linux. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa yang Anda butuhkan ketika ingin bermigrasi menggunakan Linux OS?

Baca : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Linux

Perangkat keras (Hardware)

Komputer jadul linux OS

Distro Linux atau distribusi Linux modern mendukung berbagai perangkat keras mesin komputer, dari yang lama hingga yang baru. Itu salah satu dari banyak kelebihan di mana Linux lebih baik dibanding sistem operasi yang lain. Karena ada banyak distro yang memiliki persyaratan sistem hardware yang sangat rendah (seperti CPU yang kurang kuat, RAM lebih sedikit, dan hard drive yang lebih kecil), Linux dapat menghidupkan kembali perangkat keras komputer Anda yang lebih lama, membuat komputer lama Anda terasa seperti baru lagi. Jadi apakah Anda memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi jadul, atau spek komputer baru yang gahar, maka Linux akan berfungsi baik pada keduanya.

Dengan beberapa pengecualian, Ada tiga masalah yang bisa Anda temui:

  • Video
  • Wireless
  • Bluetooth

Untuk ketiga hal diatas tentu peluangnya tipis untuk bisa Anda nikmati dan mungkin Anda akan memiliki masalah, karena distribusi modern memiliki pengenalan perangkat keras yang luar biasa. Namun, beberapa chip NVIDIA dan AMD GPU terkini (biasanya digunakan untuk bermain game) tidak selalu didukung 100%. Namun, ini akan menjadi hal langka ketika Anda menemukan video card yang tidak berfungsi.

Masalah lainnya adalah chip wireless. Sekali lagi, sebagian besar didukung, terutama dengan distribusi populer yang lebih baru. Jika Anda mencoba memasang distribusi Linux yang kurang umum, Anda mungkin menemukan wireless Anda bermasalah. Jika itu terjadi, cobalah salah satu distro linux yang lebih populer (seperti Ubuntu, Elementary OS, atau Linux Mint).

Masalah terakhir yang mungkin Anda temui adalah bluetooth. Seharusnya berfungsi, tetapi tidak selalu dapat diandalkan. Jadi, alih-alih menggunakan keyboard dan mouse bluetooth, cobalah untuk menggunakan periferal standar terlebih dahulu untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi seperti tidak berfungsi.

Perangkat keras berikutnya yang diperlukan adalah sarana untuk menginstal (atau menjalankan) Linux di sistem Anda. Jika Anda menggunakan perangkat komputer yang lebih tua dengan drive CD / DVD, maka Anda akan siap menggunakan linux. Namun, jika Anda menggunakan mesin tanpa drive seperti itu, maka komputer Anda harus mendukung flash drive USB yang menampung minimum 4GB. Dengan metode flash drive USB, Anda juga harus dapat mengakses BIOS komputer atau menu booting. Bagaimana Anda melakukan ini tergantung pada komputer Anda. Setelah Anda mengakses menu boot, pindahkan opsi USB ke entri pertama.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perangkat keras yang didukung, Anda bisa melihat terlebih dahulu tentang informasi tentang Database Linux Hardware atau Daftar Kompatibilitas Linux Hardware.

Perangkat lunak (Software)

Instal ubuntu 1a

Jika semua persyaratan perangkat keras komputer Anda sudah terpenuhi, sekarang saatnya untuk mulai melihat perangkat lunak (software). Ada cukup banyak Distro Linux untuk dipilih dan sebagian besar mereka adalah gratis. Bagi mereka yang baru saja mulai, saya sangat menyarankan bagi Anda untuk memilih Ubuntu Linux, Deepin Linux, OS Basic, atau Linux Mint. Salah satu dari empat distribusi tersebut adalah pilihan bagus untuk pengguna Linux pemula.

Dua pertanyaan pertama yang akan muncul di benak Anda adalah, “Bagaimana Anda cara menginstal Linux di komputer Anda?” Dan Anda tidak perlu kawatir karena untuk melakukan itu tidaklah sulit.

Pertama-tama, menginstal sistem operasi Linux hampir tidak seseram seperti yang Anda pikirkan. Sebagian besar, cara menginstal linux sama saja seperti ketika menginstal OS lain, Anda hanya perlu klik dan klik dan menjawab beberapa pertanyaan sederhana. Namun, ada satu aspek Linux yang tidak biasa digunakan oleh pengguna komputer: “Live dstribution.” Live Distribution hanya memungkinkan Anda untuk menjalankan OS Linux dari drive USB (atau CD / DVD) tanpa benar-benar menginstal sistem operasi pada komputer Anda.

Live Distribution hanya memungkinkan Anda untuk mencoba Linux tanpa membuat perubahan apa pun pada sistem Anda saat ini. Ketika Anda mem-boot distribusi Linux live (seperti Ubuntu), Anda akan disajikan layar yang menanyakan apakah Anda ingin mencoba atau menginstal. Klik tombol “Try” dan desktop akan dimuat. Anda kemudian dapat menggunakan sistem operasi seolah-olah itu diinstal pada perangkat komputer Anda, meskipun pada dasarnya tidak dan tetap dijalankan pada USB atau CD Anda sebagai hardisk dan pemrosesan semuanya berjalan dari RAM, jadi tergantung pada berapa banyak RAM di sistem Anda, itu mungkin tampaknya berjalan sedikit lebih lambat dari yang Anda harapkan. Tapi jika Anda menjalankan Linux dengan terinstal di komputer Anda maka akan berjalan dengan cepat.

Unetbootin 2

Pada titik ini, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Tapi bagaimana cara untuk mendapatkan distro live pada drive USB flashdisk?” Untungnya, ada alat yang dapat mencopy Image disk (ini dikenal sebagai ISO) ke drive USB sedemikian rupa. cara membuat instance bootable dari sistem operasi. Salah satu yang paling populer disebut Unetbootin (tersedia untuk Linux, Windows, dan macOS). Dengan Unetbootin, Anda dapat memasukkan drive USB Anda, pilih distro linux yang ingin Anda instal, dan klik OK. Setelah Image ditulis ke drive, Anda kemudian dapat memasukkan drive ke dalam perangkat komputer Anda, mem-bootingnya, dan menjalankan distribusi live (atau menginstalnya tanpa mencobanya terlebih dahulu). Jika Anda menemukan distribusi yang ingin Anda coba tidak terdaftar dalam daftar Distribusi di Unetbootin, Anda dapat mengunduh file ISO untuk versi Linux yang Anda inginkan dan menginstal Unetbootin dari file yang diunduh.

Baca : 10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux Ubuntu

Setelah Anda menginstal Linux, Anda akan menemukan semua software yang perlu Anda gunakan di distro app store. Dengan sistem operasi dan semua aplikasi yang diperlukan dapat Anda instal dan jalankan, dan terakhir Anda siap terjun ke dunia Linux dan software open source. Anda akan mendapati komputer Anda berjalan menggunakan sistem operasi linux yang keren, aman dan terbebas dari virus, dan yang paling penting Anda bisa menjalankan perangkat komputer lama Anda secara stabil tanpa perlu mengupgrade.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Edit atau Hapus URL Category dan Tag di WordPress

Cara Edit atau Hapus URL Category dan Tag di WordPress - WordPress pada struktur...

Cara Mudah Download Lagu dari Spotify Ke MP3

Cara Mudah Download Lagu dari Spotify Ke MP3 - Mendengarkan lagu di layanan streaming...

Close