How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Memeriksa atau Mendeteksi Tulisan Plagiarisme dengan Plagscout

Masalah plagiarisme adalah masalah serius yang harus dihindari ketika Anda ingin membuat makalah atau tugas penulisan karena plagiarisme secara sengaja ataupun tidak sengaja bisa jadi akan menimbulkan masalah hukum dan tuntutan di kemudian hari atau jika Anda membuat makalah untuk tugas studi, makalah Anda bisa tertolak.

Untungnya ada alat pemeriksa plagiarisme canggih bernama “Plagscout” yang bisa Anda gunakan dalam melakukan pemeriksaan berbagai macam dokumen Anda. Plagscout ini tentu akan sangat cocok bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan. Jadi saat Anda mendapatkan tugas dari dosen atau guru di institusi pendidikan Anda untuk membuat karya tulis, Anda dapat dengan mudah menggunakan plagscout untuk memeriksa tulisan Anda terlebih dahulu sebelum diserahkan ke dosen atau guru di institusi pendidikan Anda sehingga makalah yang Anda buat tidak mendapat nilai buruk karena masalah plagiarisme.

Dan bagi dosen atau guru yang bertugas dalam meneliti tugas tulisan-tulisan milik para murid menjadi lebih mudah dengan menggunakan plagscout karena dengan cepat seorang guru akan bisa mengecek hasil karya tulis mereka apakah terdeteksi sebagai plagiarisme.

Nah, Untuk menghindari masalah plagiarisme ini maka pada artikel kali ini saya akan mengulas secara lengkap tentang plagscout, menggambarkan fitur apa saja yang ditawarkan dan bagaimana menggunakan layanan plagscout alat pemeriksa plagiarisme.

Pemeriksa Plagiarisme

Apa itu Plagscout?

Plagscout adalah alat gratis yang dapat mendeteksi atau memeriksa tulisan yang di plagiat oleh orang lain dengan mudah dan cepat secara online. Plagscout diciptakan bertujuan untuk mengurangi praktik plagiarisme yang di lakukan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab atau menghindari bahwa tulisan Anda menjiplak dari sumber lain. Tidak peduli apa tulisan Anda baik itu artikel blog, karya ilmiah, makalah, skripsi atau tugas studi, semua dokumen bisa di periksa oleh Plagscout.

Plagscout Pemeriksa Plagiarism Gratis

Plagscout merupakan alat canggih yang memiliki banyak fitur unggulan yang dapat dengan mudah mendeteksi tulisan yang terindikasi sebagai tulisan plagiarisme dengan menunjukkan bagian-bagian kalimat yang terdeteksi sebagai plagiat akan ditandai oleh warna sekaligus menunjukkan link atau tautan ke sumber halaman website yang cocok dengan bagian dari tulisan Anda. Alat ini tentu wajib untuk Anda gunakan ketika Anda selesai membuat sebuah artikel atau dokumen karya ilmiah untuk memeriksa apakah tulisan Anda benar-benar terbebas dari masalah plagiarisme sehingga Anda tidak akan mendapatkan masalah plagiarisme di kemudian hari.

Plagscout juga menawarkan akun khusus untuk institusi pendidikan atau perusahaan lain yang ingin memiliki alat pemeriksa plagiarisme khusus yang bisa memproses 1 juta lebih dokumen pertahun dengan 640 lebih repositori. Plagscout untuk institusi ini bisa digunakan langsung dari web plagscout, menggunakan API atau juga bisa dipasang di aplikasi pihak ketiga seperti Moodle LMS.

Fitur-Fitur Unggulan Plagscout

Plagscout merupakan alat canggih dengan sederet fitur yang akan memanjakan Anda dalam melakukan pengecekan tulisan plagiarisme, apa saja fitur yang ditawarkan oleh Plagscout?

Fitur Plagscout

Plagscout Score

Plagscout memiliki sistem penliaian yang ditujukkan dengan skor yang akurat sehingga membantu Anda dalam membuat tulisan yang terbebas dari praktik plagiarisme. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa Plagscout dapat menampilkan bagian-bagian kalimat yang terdeteksi sama dengan tulisan orang lain dengan warna sehingga Anda tidak perlu membaca dan membandingkan secara keseluruhan tulisan. Anda akan ditujukkan secara langsung bagian mana yang harus Anda rubah.

Berikut beberapa skor yang ditujukkan pada hasil pemeriksaan oleh Plagscout :

  • Similarity Score : Menunjukkan persentase dari keseluruhan kesamaan tulisan dalam konten atau dokument Anda dari konten lain.
  • Plagiarism Risk Score : Menunjukkan skor dari risiko plagiarisme yang terdapat pada tulisan atau dokumen Anda. Semakin banyak kesamaan yang ditunjukkan maka akan semakin besar pula risiko plagiarisme pada tulisan Anda. Plagscout menyatakan bahwa fitur ini dapat mendeteksi risiko plagiarisme sebesar 94%. Tentu itu adalah angka yang sangat besar yang menjadikan Plagscout sebagai alat pendeteksi plagiarisme yang akurat.
  • Paraphrase : Ini juga merupakan fitur canggih yang mungkin tidak akan ditemukan di alat pemeriksa plagiarisme yang lain karena Plagscout dapat menunjukkan jumlah skor dari konten Anda yang terdeteksi mengandung parafrase. Semakin besar jumlah parafrase yang ditunjukkan itu berarti menandakan sebagai tulisan yang terdeteksi sebagai plagiarisme.
  • Bad Citations : Menunjukkan nilai skor untuk mendeteksi berapa banyak kutipan yang tidak tepat yang terdapat dalam konten atau dokumen Anda. Memang menggunakan kutipan diperbolehkan tapi usahakan kutipan tidak lebih besar dari konten asli Anda. Dan fitur ini juga dapat memverifikasi sumber dari setiap kutipan yang di sertakan untuk menghindari risiko plagiarisme pada dokumen Anda.
  • Matches : Menunjukkan skor berapa jumlah persentase tulisan Anda terdapat kecocokan dengan dokumen orang lain.

Kecocokan yang ditandai

Fitur penanda ini akan menunjukkan bagian-bagian dalam konten Anda yang terdeteksi sama dengan dokumen orang lain. Plagiarisme yang ditemukan dalam dokumen Anda akan ditandai dengan warna ungu untuk kutipan yang tidak tepat, warna orange untuk terdeteksi parafrase dan warna hijau untuk kutipan yang bagus. Jika anda menemukan kesamaan yang ditandai tersebut Anda dapat langsung mengedit dan memperbaiki tulisan Anda secara langsung pada Plagscout.

Sumber yang dapat dilihat

Plagscout akan menunjukkan link atau tautan yang menuju ke halaman web lain jika dalam konten atau dokumen Anda terdapat kesamaan dengan tulisan orang lain. Dengan adanya link ini Anda dapat segera mengedit kutipan, kata dan parafrase yang sama tersebut untuk menghindari plagiarisme. Jika dokumen Anda sudah benar, maka Anda dapat segera melanjutkan untuk peninjauan dan mendownload dokumen tersebut.

Pendeteksi Parafrase

Plagscout memiliki fitur deteksi yang sangat bagus, fitur ini mampu mendeteksi beberapa parafrashe yang terdapat dalam dokumen, jadi meskipun tulisan Anda tidak sama persis dengan dokumen lain tool ini masih bisa mendeteksi jika mendapati tulisan yang hampir sama. Dan hasil ditampilkan dalam persentase skor, jika parafrase menunjukkan nilai yang tinggi maka Anda harus melakukan peninjauan ulang agar tidak di akui sebagai plagiat.

Pendeteksian kutipan buruk

Plagscout dapat mendeteksi beberapa kutipan yang terindikasi sebagai plagiarisme dan ditunjukkan dengan tulisan yang disorot dan diberi tanda warna hijau untuk tulisan yang bagus, warna ungu untuk kutipan yang terindikasi sebagai plagiarisme. Dengan fitur deteksi ini akan menjadikan Anda lebih mudah dalam memeriksa dan mengedit kutipan yang sama dengan cepat tanpa perlu membaca seluruh isi dokumen dengan dokumen milik orang lain. Dan fitur ini merupakan fitur unik yang dimiliki oleh Plagscout yang menjadikan tool ini sebagai tool pilihan banyak pengguna.

Pendeteksian Multibahasa

Plagscout dapat mendeteksi dokumen tidak hanya pada satu bahasa yang sama melainkan dapat mendeteksi plagiarisme dokumen yang ditulis dengan bahasa yang berbeda. Sistem multibahasa Plagscout ini sangat berguna dalam menghindari kegiatan plagiarisme karya ilmiah yang mungkin saja di ambil dari bahasa negara lain.

Pengeditan Online

Plagscout memiliki sistem pengeditan online yang canggih, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan pengeditan dokumen yang terindikasi sebagai plagiat dengan cepat tanpa perlu keluar dari dashboard Plagscout. Dengan adanya fitur ini Anda tidak perlu lagi melakukan pengiriman ulang dokumen dan tidak akan ada biaya tambahan. Setelah diedit, tata letak, format, dan data asli dokumen Anda terpelihara.

Upload dimana saja

Plagscout memiliki fitur upload yang mudah dan user friendly. Anda dapat mengunggah dokumen kapan saja, di mana saja, dari situs web atau laman manapun, dengan menggunakan metode tombol unggah tradisional, atau dengan cara drag and drop.

Akses Data Besar

Plagscout mampu memeriksa dokumen Anda untuk di cocokkan dengan dokumen di seluruh dunia, Plagscout mampu memeriksa sampai 14 triliun situs web, artikel, buku, jurnal, dan majalah. Fitur ini berkembang setiap hari, dan merupakan fitur akses data terbaik di antara layanan deteksi plagiarisme yang ada dipasaran saat ini.

Menjaga format asli

Plagscout memiliki sistem yang memungkinkan Anda untuk melihat, mengedit, dan mendownload dokumen yang telah diperbaiki sambil menyimpan format aslinya. Layanan pemeriksa plagiarisme milik Plagscout ini dapat menjaga semua gambar, format, dan tata letak dokumen Anda dalam keadaan aslinya, ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang adanya pengiriman ulang dan biaya.

Pemeriksaan Plagiarisme Gratis

Plagscout adalah layanan pemeriksa dokumen plagiarisme gratis dan Anda tidak perlu khawatir tentang adanya biaya dibelakang, berbeda dengan layanan pemeriksa plagiarisme lainnya yang meminta bayaran ketika Anda mengirim dokumen berulang untuk di periksa. Anda bisa memeriksa dokumen apapun dan melakukan pengeditan secara langsung dan mengirim ulang dokumen Anda secara berulang-ulang tanpa batas secara gratis.

Perlindungan Dokumen

Plagscout memiliki fitur unik yang dapat melindungi tulisan Anda dari penggunaan yang tidak bertanggung jawab. Dan Anda bisa menghasilkan uang dari fitur ini dimana Anda hanya perlu melakukan proteksi dokumen dan jika dokumen Anda digunakan oleh orang lain maka Anda akan mendapatkan royalti dari pengguna tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan Plagscout?

Plagscout merupakan tool pemeriksa plagiarisme yang mudah digunakan dan siapa saja bisa dengan cepat menggunakan alat ini, dan berikut langkah-langkah menggunakan tool Plagscout.

Pertama silahkan siapkan dokumen yang ingin Anda periksa dalam bentuk file .doc atau .docx

Selanjutnya silahkan kunjungi website Plagscout disini ⇒ Pemeriksa Plagiarisme dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk memiliki akun di Plagscout.

Daftar Plagscout

Setelah Anda memiliki akun plagscout, Anda masuk ke akun plagscout Anda dan mulai menggunakan Plagscout dan Anda akan melihat dahsboard Plagscout yang sederhana dengan tampilan bagus yang mudah digunakan.

Plagscout Dashboard

Untuk memulai melakukan pengecekan silahkan klik tombol “Upload” dan Anda akan melihat pop up. Anda bisa melakukan drag and drop dokumen Anda ke area tersebut atau melakukan klik pada icon upload dan mengupload seperti cara pada umumnya dan masikmal ukuran file yang di upload adalah 50 MB.

Plagscout Upload Dokumen

Setelah dokumen selesai di upload maka Plagscout secara otomatis akan memulai untuk melakukan pengecekan dokumen Anda apakah terdeteksi plagiarisme. Dan silahkan tunggu sampai proses pemeriksaan selesai dan plagscout akan menunjukkan angka-angka seperti :

  • Prosentase kecocokan
  • Prosentase parafrase
  • Prosentase kutipan buruk
  • Kecocokan
  • Dan skor risiko plagiarisme

Plagscout Checker

Selain itu Anda dapat melihat laporan secara detail dengan klik tombol “View Detailed Report”. Disitu Anda akan melihat semua informasi tentang dokumen Anda seperti :

  • Warna merah : Menunjukkan bagian teks yang ditemukan dalam dokumen lain.
  • Warna oranye : Menunjukkan bagian teks yang diparafrasekan.
  • Warna ungu : Menunjukkan kutipan yang merupakan bagian dari kumpulan teks yang cocok.
  • Warna hijau : Menunjukkan bagian teks yang dikutip dengan benar.

Laporan Plagscout

Jika semuanya sudah selesai Anda bisa mendownload kembali file dokumen Anda dan jika terdapat beberapa indikasi plagiarisme, Anda bisa langsung melakukan editing pada dokumen Anda secara online tanpa takut kehilangan dokumen asli Anda.

Plagscout juga memiliki fitur untuk membagikan hasil pemeriksaan plagiarisme dokumen Anda secara langsung ke email dosen atau guru Anda. Anda hanya perlu klik icon “Share” dan masukkan email dosen atau guru Anda. Dan guru Anda akan menerima email dari plagscout yang memberikan link untuk melihat dokumen Anda.

Kesimpulan

Plagscout adalah alat yang canggih yang dapat melakukan pemeriksaan dokumen plagiarisme dengan sangat akurat dan proses pengecekan yang cepat. Software plagscout pemeriksa plagiarisme ini juga dilengkapi dengan banyak fitur unggulan yang unik seperti pengeditan online, pemeriksaan plagiarisme multibahasa dan masih banyak lagi. Dan plagscout merupakan alat pemeriksa plagiarisme gratis dan bahkan Anda bisa menghasilkan uang dari layanan seperti perlindungan dokumen.

Dan itulah beberapa penjelasan mengenai “Plagscout Plagiarism Checker” dan panduan langkah demi langkah sederhana cara mendaftar akun Plagscout dan cara melakukan pemeriksaan dokumen dengan tool Plagscout. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu Anda untuk dapat membuat karya tulisan bernilai tinggi yang tidak diindikasikan sebagai plagiarisme dengan menggunakan plagscout alat pemeriksa plagiarisme. Selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress HitMag Responsive Free

HitMag adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang memiliki desain menarik, simpel dan bersih yang...

Cara Membuat Peta Interaktif di WordPress dengan MapSVG

Ketika Anda ingin menampilkan peta interaktif di website Anda untuk menampilkan lokasi-lokasi cabang bisnis...

Close