How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Gravity Perks – Ekstensi Terbaik untuk Memaksimalkan Gravity Form

Formulir merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari website. Terlepas dari apapun jenis website yang Anda bangun, formulir akan selalu dibutuhkan sebagai jalan untuk menghubungkan pengguna dengan pemilik website atau sebagai jalan untuk mengumpulkan informasi dari pengguna Anda.

Bagi pengguna WordPress tentu akan sangat mudah untuk membuat berbagai macam formulir karena WordPress memiliki banyak sekali plugin yang bisa digunakan untuk membuat formulir dari plugin gratis sampai yang berbayar. Dari sekian banyak plugin untuk membuat formulir, tentu pengguna WordPress tidak akan asing dengan plugin bernama Gravity Form yang merupakan plugin pembuat formulir untuk WordPress yang sangat populer dan ini bisa dikatakan sebagai plugin form terbaik saat ini.

Gravity form adalah plugin formulir yang mudah digunakan dan memiliki fitur jauh melampaui plugin formulir kontak lainnya. Anda bisa menggunakan plugin ini untuk membuat hampir semua jenis formulir seperti kontak form, form pendaftaran, survei pengguna, jajak pendapat, upload file, kuis, kuesioner, formulir support dan masih banyak lagi.

Selain itu Gravity form juga memiliki banyak sekali Add-ons untuk memperluas fitur dan fungsi dari plugin itu sendiri, dan ada salah satu plugin yang dibuat khusus untuk memperluas fitur dan memaksimalkan Gravity form yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Gravity Perks.

Visit Gravity Perks

Apa itu Gravity Perks?

Gravity Perks For Gravity Form

Gravity Perks adalah plugin tambahan yang akan memperluas fungsi dan fitur dari plugin Gravity Form. Plugin dari Gravity Wiz ini bisa dibilang seperti Jetpack untuk WordPress tapi ini untuk Gravity Form.

Gravity Perks memiliki berbagai macam fungsi dan beberapa fungsi paling populer seperti GP Limit Checkbox (membatasi jumlah kotak centang yang dapat dipilih untuk diajukan), GP Email Users (mengirim email ke semua pengguna yang mengirimkan formulir), dan GP Placeholder (menambahkan teks placeholder HTML5 ke bidang formulir) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gravity Perk Price

Gravity Perks bukanlah plugin gratis, dengan banyaknya fitur yang dibawa oleh plugin ini untuk gravity form memang layak untuk dibuat sebagai plugin premium. Dan berikut harga dari Gravity Perks :

  • Single Site : $59 / year
  • Unlimites Site : $199 / year

Harga diatas sudah termasuk semua fitur yang dibawa oleh plugin dan setiap perpanjangan lisensi perks akan mendapatkan diskon sebesar 30% dan dukungan premium.

Buy Gravity Perks

Fitur dan Fungsionalitas Gravity Perks

Berikut beberapa fungsionalitas yang akan Anda dapatkan pada Gravity Form ketika menggunakan Gravity Perks, plugin ini akan menambahkan sekitar 27 fungsi pada plugin gravity form yang Anda gunakan dan berikut adalah daftarnya :

Gravity Perks Features

  • GF Auto Login : Memungkinkan Anda untuk secara otomatis mencatat pengguna setelah mereka mendaftar melalui Gravity form ke situs Anda. Selain itu, plugin ini akan tetap mempertahankan formulir konfirmasi yang ada sehingga Anda dapat menampilkan konfirmasi teks, mengarahkan ulang ke halaman WordPress, atau mengarahkan ulang ke URL tanpa usaha tambahan.
  • GF Better User Activation : Memungkinkan Anda untuk mengontrol penuh halaman Aktivasi Pendaftaran Pengguna Anda. Pilih halaman di situs Anda, ubah sesuai keinginan, dan pengguna akan diarahkan secara otomatis ke halaman ini saat mereka mengaktifkan akun.
  • GF Blacklist : Memungkinkan Anda memvalidasi nilai field terhadap validasi Blacklist WordPress Comment. Pilihan ini dapat diatur untuk field tunggal, beberapa bidang ATAU semua field dalam formulir. Jika field terjadi kegagalan saat validasi, maka akan muncul pesan kesalahan pada pengguna akhir yang menyatakan bahwa field yang mereka isi berisikan kata-kata yang masuk daftar hitam.
  • GF Conditional Logic Dates : Memungkinkan Anda untuk menampilkan atau menyembunyikan field berdasarkan tanggal yang dipilih di kolom tanggal. Anda bisa membuat aturan logika bersyarat untuk bidang Anda seperti (kurang dari, lebih besar dari, ada atau tidak) dan ini terintegrasi secara mulus dengan formasi logika kondisional Gravity Forms.
  • GF Conditional Pricing : Memungkinkan Anda untuk menciptakan tingkat harga yang fleksibel dan kuat untuk bidang Gravity Form Product Anda. Fitur ini dapat menangani variasi harga paling rumit sekalipun dengan antarmuka yang mudah digunakan untuk menciptakan tingkat harga tak terbatas pada bidang per Produk.
  • GF Copy Cat : Memungkinkan Anda mengonfigurasi kotak centang yang mana ketika kotak tersebut dicentang akan menyalin nilai dari satu bidang ke bidang lainnya. Ini sangat berguna untuk situasi seperti menentukan alamat penagihan dan pengiriman. Ada kemungkinan pengguna ingin memasukkan alamat yang sama untuk kedua bidang dari kolom alamat penagihan ke kolom alamat pengiriman.
  • GF Disable Entry Creation : Memungkinkan Anda secara otomatis menghapus entri dan file terkait setelah proses pengiriman selesai. Selain itu, jika formulir memiliki feed User Registration, entri akan dihapus setelah pengguna diaktifkan, dibuat atau diperbarui tergantung pada bagaimana feed User Registration Anda dikonfigurasi.
  • GF eCommerce Fields : Memungkinkan Anda untuk dapat dengan mudah menambahkan jenis bidang eCommerce ke Gravity Form Anda. Bidang harga baru termasuk Diskon, Pajak, dan Subtotal. Plugin ini juga memperbaiki fungsionalitas dari kolom ‘Coupon and Shipping Gravity Forms’.
  • GF Email Users : Memungkinkan Anda untuk mengirim email ke pengguna yang telah mengisi formulir yang berisi bidang email.
  • GF Expand Textareas : Membuat bekerja dengan textareas di Form Editor Form Gravity lebih mudah dengan meluncurkan textarea yang diperluas di jendela modal. Textarea yang diperluas jauh lebih besar, meningkatkan keterbacaan dan kemudahan penggunaan saat bekerja dengan konten dalam jumlah yang lebih banyak.
  • GF Limit Checkboxes : Memungkinkan Anda membatasi berapa banyak kotak centang pada bidang kotak centang yang dapat dipilih pada waktu tertentu. Fitur ini juga mendukung penetapan batas minimum dan maksimum per kotak centang dan juga memungkinkan Anda untuk memberi rentang satu bidang batas di beberapa bidang!
  • GF Limit Choices : Memungkinkan Anda membatasi berapa kali setiap “pilihan” pada bidang pilihan ganda dapat dipilih (misalnya Radio Buttons, Checkboxes, Drop Downs, dll.).
  • GF Limit Dates : Memungkinkan Anda membatasi tanggal yang dapat dipilih di bidang Datepicker Gravity Forms Anda. Plugin ini memberi Anda kontrol terperinci untuk mengatur rentang tanggal yang dapat dipilih dengan antarmuka pengguna yang mudah digunakan.
  • GF Live Preview : Menyediakan metode mudah untuk melihat pratinjau formulir Anda karena akan muncul di situs langsung. Cukup klik opsi “Live Preview” yang praktis di toolbar Gravity Forms Anda sehingga Anda bisa melihat setiap perubahan yang Anda lakukan dan fitur ini juga menyediakan beberapa fitur yang membuat pengujian dan debugging formulir Anda dengan mudah.
  • GF Media Library : Memungkinkan Anda untuk mengimpor file upload (gambar, dokumen, dll) melalui Gravity Form yang secara otomatis akan dimasukkan ke media library WordPress saat formulir dikirimkan.
  • GF Multi-page Navigation : Memungkinkan Anda untuk membuat beberapa halaman formulir atau formulir multi-halaman dijadikan satu dalam satu halaman dan dinavigasi. Selain itu Gravity Form juga menyediakan tombol “Next” dan “Prev”.
  • GF Pay Per Word : Memungkinkan Anda menciptakan bidang produk yang menghitung total berdasarkan jumlah kata dalam bidang pargraf atau Post Body. Ini bisa digunakan untuk Anda yang menjual layanan sebagai penulis lepas.
  • GF PayPal One-time Fee : Memungkinkan Anda menambahkan biaya satu kali ke pembayaran pertama langganan Standar PayPal. Sebagai contoh, Anda mendaftarkan pengguna untuk paket web hosting namun perlu menagihnya biaya pemasangan pada pembayaran awal.
  • GF Placeholder : Memungkinkan Anda untuk menambahkan placeholder HTML5 ke bidang Form Gravity Anda.Placeholder adalah petunjuk singkat yang menampilkan inline di kolom masukan formulir (dan textareas) yang membantu pengguna mengisi kolom dengan data yang benar.
  • GF Post Content Merge Tags : Memungkinkan Anda untuk menyertakan label Gravity Form di konten posting WordPress Anda.
  • GF Preview Submission : Memungkinkan Anda menambahkan preview submisi sederhana ke formulir Anda. Presentasi pengajuan memberi pengguna kesempatan untuk mengonfirmasi informasi yang mereka masukkan benar dan mengonfirmasikan penyampaiannya.
  • GF Price Range : Memungkinkan Anda untuk menentukan kisaran harga minimum dan maksimum untuk bidang Penawaran Harga Pengguna. Saat formulir dikirimkan, penawaran ini akan memberlakukan kisaran harga minimum / maksimum dan jika harga yang ditentukan pengguna berada di luar kisaran harga yang ditentukan, formulir akan menampilkan validasi kesalahan.
  • GF Read Only : Memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi bidang formulir yang berlaku agar disetel ke Read Only. Bidang yang akan dibaca hanya akan terlihat namun tidak dapat diedit. Dengan kata lain, pengguna bisa “membaca” nilai field tapi tidak bisa mengubah nilai field.
  • GF Reload Form : Memungkinkan Anda menyertakan link khusus dalam pesan konfirmasi berkemampuan AJAX yang bila diklik akan memuat ulang formulir untuk memungkinkan pengiriman tambahan tanpa refresh halaman. Ini juga menyediakan kemampuan untuk memuat ulang formulir secara otomatis setelah beberapa detik tertentu.
  • GF Terms Of Service : Memungkinkan Anda untuk dapat menambahkan bidang Term of Services \ ke formulir apa pun seperti bidang lainnya. Ada beberapa pilihan tambahan yang tersedia untuk bidang ini termasuk dukungan HTML, dukungan shortcode dan mengharuskan pengguna untuk menscroll semua isi dari term of services sebelum menyetujuinya.
  • GF Unique ID : Memiliki kemampuan untuk menghasilkan ID unik untuk entri saat dikirimkan. Ini mendukung beberapa jenis ID unik termasuk alfanumerik, numerik, dan berurutan.
  • GF Word Count : Memungkinkan Anda untuk membatasi jumlah kata yang dapat dimasukkan pengguna ke dalam bidang teks Single Line, Paragraph dan Post Body. Ini bekerja untuk jumlah minimal kata dan / atau jumlah maksimal kata.

Cara Menggunakan Gravity Perks di WordPress

Untuk menginstall Gravity Perks, Anda harus sudah memiliki Gravity Form terinstall di situs WordPRess Anda, dan selanjutnya baru Anda install dan aktifkan Gravity Perks yang sudah Anda download dari halaman produk Anda.

Setelah plugin Anda aktivasi maka akan muncul item menu baru bernama “Perks” dalam menu “Form”. Silahkan buka menu “Perks” tersebut dan Anda akan dibawa pada halaman “Manage Perks”, dan disitu Anda akan melihat semua daftar fitur yang dibawa oleh Gravity Perks, Ada yang sudah diaktifkan dan belum diaktifkan.

Gravity Perks Manage

Ada beberapa fitur lain yang juga belum terinstall yang bisa Anda lihat pada menu tab “Install Perks” Dan silahkan install fitur-fitur tersebut yang ingin Anda aktifkan.

Gravity Perks Install

Setiap Perks menambahkan pengaturan kustomnya sendiri tergantung pada fungsionalitas yang disediakannya. Sebagian besar pengaturan khusus ini akan muncul di tab “Perks” baru di area form dan field settings.

Gravity Perks Sample Setting

Beberapa fasilitas akan menambahkan pengaturan “global” yang bukan form atau field specific. Jika perks memiliki pengaturan global, Anda dapat mengelolanya dari halaman “Perks” dengan mengeklik link “Setting” di bawah judul.

Gravity Perks Settings

Untuk penggunaan plugin Gravity Perks lebih lanjut, Anda bisa melihat langsung melalui halaman dokumentasi yang sudah disediakan disitus Gravity Wiz. Di halaman dokumentasi tersebut dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai setiap penggunaan Perks dan disertakan demonya. Silahkan akses halaman dokumentasi disini ⇒ Documentation Gravity Perks.

Kesimpulan

Gravity Perks adalah plugin tambahan untuk gravity form dengan banyak fitur dan fungsionalitas yang ditambahkan yang akan menjadikan plugin gravity form lebih kuat. Pada dasarnya gravity form merupakan plugin terbaik dengan segudang fitur tapi Gravity Perks merupakan plugin tambahan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baca : Cara Install dan Settings Contact Form 7 WordPress.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Delivery Lite Responsive Free

Delivery Lite adalah Theme WordPress responsive gratis, theme WordPress ini di desain dengan elegan...

3 Layanan Sistem Pembayaran Online Terbaik Selain PayPal

PayPal telah menjadi sistem pembayaran online paling populer diseluruh dunia dan ini merupakan sistem...

Close