How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Dampak Corona Terhadap Provider Internet

Dampak Corona Terhadap Provider Internet – Pandemi virus covid-19 yang dirasakan oleh sebagian besar negara di dunia, mempengaruhi kebijakan pemerintah terutama di Indonesia. Salah satu kebijakan yang diberikan yaitu dengan memberlakukan WFH (Work from Home) bagi karyawan perusahaan.

Imbauan pemerintah mengenai sekolah dan bekerja dari rumah, menyebabkan adanya perubahan terhadap pemakaian internet. Hal ini tentunya memberikan dampak bagi operator telekomunikasi di Indonesia. Apa saja dampak tersebut? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

dampak corona provider internet byu

Perubahan Pemakaian Internet di Indonesia

Salah satu dampak yang paling terlihat yaitu, semakin meningkatkan kegiatan yang dilakukan secara online, mulai dari sekolah kuliah hingga bekerja. Perkuliahan yang dilakukan secara daring serta rapat secara online mengharuskan penggunaan video conference yang berimbas pada pemakaian internet yang semakin tinggi. Tidak hanya itu, penggunaan video call melalui media sosial seperti whatsapp juga kerap dilakukan, untuk menunjang komunikasi secara intens.

Selain perubahan penggunaan video call, peningkatan pemakaian internet juga disebabkan karena streaming film yang mengalami kenaikan dari 76,6 % menjadi 85,5%. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan kegiatan di luar rumah, sehingga menyebabkan pengguna internet mencari hiburan dengan menonton film atau drama di rumah. Belum lagi pemakaian internet untuk pencarian informasi di google dan pengiriman video melalui jejaring sosial.

Terjadinya peningkatan pemakaian internet juga berimbas pada perubahan pertimbangan dalam memilih kuota. Kebanyakan pengguna lebih memilih kuota dengan jaringan yang lebih stabil dan kecepatan internet yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang lebih murah dengan kecepatan yang lemot. Hal ini mendorong provider internet untuk bekerja lebih maksimal, dan mencari solusi untuk tetap menyediakan jaringan internet yang memadai.

Baca : 6 Tips Cara Aman Ketika Transaksi Via Internet Banking

Penurunan Kecepatan Koneksi Internet

Perubahan kebiasaan manusia akibat adanya virus corona, dimana sebagian besar kegiatan dilakukan secara online, sehingga pengakses internet menjadi semakin banyak. Kondisi ini berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet. Berdasarkan sejumlah uji coba yang dilakukan mengenai kecepatan internet selama diberlakukan pembatasan sosial, terjadi lonjakan kecepatan internet selama berlangsungnya pandemi virus corona.

Hal ini tidak terlepas dari beban yang dipikul oleh para penyedia layanan internet selama pembatasan sosial, dimana masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Namun, penyediaan internet yang mumpuni akan mendukung berbagai kegiatan berbasis online selama masa pandemi ini. Dengan demikian kebijakan work from home akan dinilai lebih efektif dan memberikan hasil yang nyata.

Sayangnya dari pihak penyedia layanan internet sendiri mengalami kendala yang cukup berat. Adanya peningkatan traffic ini, menyebabkan banyak operator telekomunikasi mengalami kesulitan cash flow. Apalagi ditambah dengan pemberian free akses kepada platform digital belajar dari rumah, sesuai permintaan dari pemerintah. Kondisi ini juga diperparah dengan hutang jatuh tempo operator kepada vendor dalam mata uang dollar Amerika.

Jika dilihat secara seksama, pendapatan provider internet didapatkan dalam bentuk rupiah. Sedangkan kewajiban kepada vendor yang mayoritas dalam bentuk dollar Amerika. Ditambah lagi penurunan nilai mata uang rupiah terhadap mata uang dollar yang menyebabkan operator mengalami kesulitan keuangan. Penambahan bandwith internasional yang tumbuh 15% pasca bencana, turut memperbesar beban cash flow perusahaan penyedia layanan internet.

Pemakaian internet yang semakin tinggi selama masa WFH, justru membuat jaringan internet semakin lemot. Apalagi sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu dengan kegiatan online saat diberlakukan pembatasan sosial. Kondisi ini ternyata menjadi sebuah tantangan bagi operator internet untuk menyediakan layanan internet yang memadai, meskipun kondisi keuangan sedang sulit. Apalagi dengan penambahan beban akibat penurunan nilai mata uang rupiah.

Baca : Pengertian Lengkap Tentang Apa Itu Internet of Things (IoT)?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Optimalkan Kinerja Mac OS Anda dengan CleanMyMac X

Optimalkan Kinerja Mac OS Anda dengan CleanMyMac X - Apakah Anda pengguna perangkat Mac...

Ulasan Tentang NordVPN – VPN Tercepat, Aman dan Murah

NordVPN adalah salah satu layanan VPN paling populer di dunia dan salah satu yang...

Close