How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

2 Cara Screenshot atau Tangkapan Layar di iPhone

2 Cara Screenshot atau Tangkapan Layar di iPhone – Di zaman sekarang bagi pengguna smartphone, sangat sering berbagi apa pun baik itu informasi baik gambar, teks maupun video. Dan yang sering kita bagikan pada teman kita adalah tangkapan layar atau screenshot. Namun, bagi sebagian orang mengambil screenshot tidaklah mudah karena belum tahu caranya, apalagi bagi pengguna produk Apple yaitu iPhone maka ini akan sedikit rumit.

Agak rumit karena ada dua cara berbeda untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar di iPhone. Yang mana yang ingin Anda pelajari tergantung pada model iPhone yang Anda miliki, jadi Anda harus mengetahuinya sebelum melanjutkan.

Dalam panduan ini saya akan membahas bagaimana tepatnya Anda dapat mengambil screenshot atau tangkapan layar di iPhone Anda pada iPhone model terbaru atau lama sekalipun. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah mengambil gambar dari aplikasi atau gambar apa pun dengan cepat di layar Anda saat menggunakan perangkat iPhone iOS Anda.

Setelah mengambil screenshot atau tangkapan layar di iPhone, Anda dapat mengirimnya melalui banyak aplikasi menggunakan Share sheet di iOS, atau menambahkan keterangan dengan teks atau ‘Markup’. Ini berguna ketika Anda ingin menandai area tertentu pada gambar atau menambahkan beberapa kata untuk konteks tertentu.

Baca : UkeySoft Unlocker – Software Unlock iPhone dan iPad Terbaik 2020

Cara Mengambil Screenshot atau Tangkapan Layar di iPhone X dan Seterusnya

Jika pada iPhone sebelumnya mengandalkan penggunaan tombol home untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar, pengaturan ini sekarang dirubah pada versi iPhone modern.

Cara ini adalah bisa Anda gunakan jika Anda pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR atau iPhone X.

Cara untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar di iPhone ini. Cukup tekan dan tahan tombol daya / kunci (tombol yang Anda gunakan untuk menghidupkan atau mematikan iPhone) dan tombol volume naik di bagian sisi sebelahnya.

cara screenshot iphone baru

Ini akan mengambil screenshot atau tangkapan layar dan mengirimkan gambar kecil di sudut bawah layar. Screenshot atau tangkapan layar itu sendiri secara otomatis disimpan ke Photos dan gambar kecil atau thumbnail akan menghilang setelah beberapa detik, dan screenshot atau tangkapan layar yang berhasil Anda tangkap akan disimpan ke aplikasi Photo.

Anda dapat mengetuk gambar kecil untuk memotong screenshot atau tangkapan layar atau mencoretnya ke folder hati Anda.

Lalu ketuk ‘Done’ di sudut kiri atas ketika Anda selesai mengedit dan Anda akan diberi opsi untuk menyimpan screenshot atau tangkapan layar yang diedit ke aplikasi Photo Anda (dan File di iOS 13), atau pilihan untuk menghapus screenshot atau tangkapan layar tersebut.

Tentu saja, Anda juga dapat membagikan screenshot atau tangkapan layar – cukup pegang thumbnail untuk membagikan gambar melalui aplikasi yang didukung seperti iMessage, WhatsApp, Facebook atau Twitter.

Baca : Cara Install Font Baru Keren di iPhone iOS 13

Cara Mengambil Screenshot atau Tangkapan Layar di iPhone Lain

Jika Anda menggunakan iPhone yang lebih tua atau iPhone SE 2020, Anda harus menggunakan metode yang berbeda. Ini berlaku untuk perangkat seperti iPhone 8, iPhone 7 dan bahkan iPod Touch.

Untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar pada perangkat yang memiliki tombol Touch ID, tahan tombol atas (atau tombol samping, tergantung pada perangkat Anda) dan tekan tombol home di bawah layar secara bersamaan. Dan Anda telah berhasil mengambil screenshot atau tangkapan layar.

cara screenshot iphone lama

Seperti halnya model iPhone dengan versi yang lebih baru, Anda dapat menambahkan gambar dan teks dengan mengetuk thumbnail yang muncul, atau membagikan gambar sebagaimana adanya dengan menekan lama thumbnail tersebut.

Baca : Cara Mudah Mengatur Live Wallpaper di iPhone

Dan itulah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot pada perangkat smartphone iPhone iOS terbaru maupun versi yang lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Aplikasi Android Gratis untuk Remote Control Komputer

5 Aplikasi Android Gratis untuk Remote Control Komputer - Apakah Anda ingin mengakses Komputer...

XStore Theme – Tema Toko Online WooCommerce Profesional

XStore Theme - Tema Toko Online WooCommerce Profesional - Apakah Anda berniat untuk membuat...

Close