How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Menambahkan rel = nofollow Pada Link di WordPress

Cara mudah untuk menambahkan nofollow untuk link dalam postingan atau halaman WordPress. Sayangnya saat ini WordPress secara default hanya menambahkan fitur untuk memungkinkan Anda membuka link di jendela baru (new window/tab), dan tidak ada pilihan untuk Anda dengan mudah menambahkan rel="nofollow". Tapi meskipun begitu Anda masih memiliki pilihan untuk menambahkan tag rel="nofollow" pada semua link eksternal secara manual untuk setiap link keluar dengan mengedit kode HTML pada editor WordPress versi Text.

Lalu bagaimana cara mudah untuk menambahkan tag rel="nofollow" untuk link keluar di postingan WordPress Anda dengan mudah? Pada artikel Tutorial WordPress kali ini, saya akan menunjukkan cara mudah untuk menambahkan kotak centang nofollow untuk link dibagian insert secara otomatis tanpa pusing memikirkan script HTML pada setiap link keluar yang ingin Anda tambahkan tag rel="nofollow".

Baca : Membuat Link Eksternal Otomatis Nofollow Di WordPress

Mengapa Menambahkan rel = Nofollow ke Eksternal Link ?

Dalam hal SEO, setiap kali Anda menambahkan link ke halaman apapun baik di situs Anda sendiri atau situs eksternal, Anda mentransfer poin SEO ke halaman tersebut. Poin SEO Ini sering dikenal sebagai link juice atau backlink. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan ahli SEO menyarankan Anda untuk menghubungkan link ke posting atau artikel Anda sendiri yang memiliki usia lebih tua dengan maksud agar artikel baru Anda mendapatkan nilai lebih dari artikel lama Anda sehingga lebih cepat terindeks dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Dan berikut beberapa manfaat lain dari penggunaan tag rel="nofollow" untuk situs Anda :

  • Mengurangi spam komentar: WordPress secara otomatis menandai semua tautan yang dikirimkan melalui komentar sebagai “nofollow” karena alasan ini.
  • Mencegah scam link building: Jika seseorang menggunakan peluang untuk mempublikasikan konten di situs Anda sebagai bagian dari scam link building, Anda dapat menandainya sebagai nofollow sehingga sumbernya tidak dapat memperoleh manfaat dari peringkat mesin pencarian.
  • Lindungi situs Anda dari konten buatan pengguna: Jika Anda memublikasikan konten yang tidak ditinjau, tetapi tidak ingin berurusan dengan konsekuensi tautan berpotensi buruk di dalamnya, Anda dapat secara otomatis menandai semua tautan sebagai nofollow.
  • Lindungi peringkat Anda: Jika konten Anda dapat disematkan (seperti infografis) dan itu memiliki link keluar di situs web yang kurang bereputasi, hal tersebut dapat membuat mesin pencari mengurangi peringkat pencarian Anda.
  • Untuk memberi tahu mesin telusur saat seluruh halaman tidak relevan atau tidak seharusnya diberi peringkat: Ini mungkin langka, tetapi Anda mungkin memiliki alasan untuk itu.

Sekarang jika Anda menulis posting yang memiliki kedua link internal ke situs Anda dan link eksternal ke situs lain, dan Anda mungkin ingin mendapatkan link juice maksimum untuk postingan internal Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan atribut nofollow untuk link eksternal Anda. Tag atibut Nofollow akan menginstruksikan mesin pencari untuk tidak mentransfer link juice dari situs Anda ke situs eksternal. Dan berikut ini adalah cara bagaimana tag rel="nofollow" ditambahkan ke link di postingan WordPress Anda.

Cara Menambahkan Tag rel = Nofollow di URL atau Link WordPress

Cara mudahnya dengan menginstall plugin Ultimate Nofollow, Install dan aktifkan plugin tersebut. Anda bisa membaca panduan install plugin disini ⇒ Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

Setelah itu silahkan lalu masuk ke menu Settings » Nofollow dan silahkan centang Nofollow all links in comments?. Dan klik tombol ‘Save Changes’.

Nofollow Plugin Settings

Hal itu digunakan untuk memberikan tag rel="nofollow" secara otomatis di setiap komentar.

Dan untuk menambahkan tag rel=”nofollow” pada link di postingan WordPress, silahkan untuk blok kata yang ingin Anda pasangi link keluar dan klik icon rantai, dan jendela popup ‘Insert/edit link’ akan muncul maka akan terdapat pilihan ‘Add rel="nofollow" to link’ untuk Anda centang.

Nofollow Links WordPress

Setelah Anda melakukan hal seperti di atas, silahkan publikasikan postingan Anda dan untuk mengecek apakah memang sudah benar link berubah menjadi link nofollow, Anda bisa memasang add ons search status. Silahkan lihat tutorial add ons searchstatus. Atau Anda bisa menggunakan add ons lain untuk melihat apakah tag rel="nofollow" Anda sudah berhasil terpasang dengan benar, biasanya ketika Anda mengaktifkan Add Ons atau ekstensi untuk melihat link nofollow, link akan ditandai warna merah.

Baca : 5 Manfaat Backlink untuk Meningkatkan SEO

Dan itulah cara mudah menambahkan atribut tag rel="nofollow" pada situs WordPress Anda, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Doko Responsive Free

Doko adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang memiliki desain modern. Ini adalah tema yang...

Tingkatkan Layanan Pelanggan dengan Plugin Heroic Knowledge Base WordPress

Jika saat ini Anda sedang menjalankan situs bisnis baik itu menjual produk digital seperti...

Close