Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mudah Membuat Galeri Foto di WordPress

Bagi Anda yang menjadikan situs sebagai tempat untuk membagi hasil karya gambar berupa foto, maka denga menggunakan wordpress sebagai platform web adalah pilihan yang tepat, Anda bisa memajang berbagai macam hasil karya Anda dengan mudah sehingga bisa dinikmati pengunjung Anda. Tapi bagaimana Anda dapat menambahkan gambar Anda secara profesional seperti tampilan galeri? Kebanyakan pengguna wordpress mungkin memulai dengan mencari berbagai macam plugin WordPress untuk membantu mereka membuat galeri di WordPress, tetapi Anda sebenarnya tidak membutuhkan plugin untuk hanya sekedar membuat galeri foto di WordPress.

WordPress memiliki fitur galeri built-in yang banyak pengguna tidak memanfaatkannya atau malah banyak pengguna yang masih belum tahu tentang fitur galeri yang sudah di bawa oleh WordPress secara default. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk membuat galeri foto di WordPress.

Baca : 9 Plugin Slideshow Responsive Terbaik WordPress

Membuat Galeri Foto di WordPress

Untuk membuat galeri foto yang perlu Anda lakukan adalah membuat posting baru. Atau mungkin Anda akan menambahkan pada artikel yang sudah ada, Anda hanya tinggal klik edit untuk mengedit posting itu. Selanjutnya klik tombol Add Media.

add media

Selanjutnya klik link “Create Gallery” pada sebelah sisi kiri atas. Untuk menambahkan gambar ke galeri, Anda dapat meng-upload gambar dari komputer Anda atau memilih gambar yang sudah ada di Media Library. Yang harus Anda lakukan adalah memilih gambar yang Anda inginkan dengan mengklik gambar-gambar tersebut.

buat galeri foto wordpress

Setelah Anda memilih semua gambar yang ingin Anda tambahkan dalam galeri anda, klik tombol “Create a New Gallery” di uploader Media. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa gambar yang sudah Anda pilih untuk di masukkan ke galeri, Anda dapat melakukan pengaturan galeri, mengatur ukuran gambar, jumlah kolom, memilih random order atau dibiarkan secara default dan menambahkan caption pada tiap gambar. Ketika Anda selesai melakukan pengaturan galeri, klik tombol “Insert Gallery”.

buat galeri foto wordpress 2

Untuk melihat hasil silahkan klik tombol preview. Jika Anda tidak puas dengan tampilan maka Anda dapat selalu klik gambar-gambar tersebut untuk mengedit pengaturan galeri. Anda dapat mengatur ulang urutan, menambah atau mengurangi kolom gambar, menambah atau menghapus gambar atau deskripsi. Setelah Anda puas galeri Anda, Anda dapat mempublikasikan posting Anda dan galeri Anda siap untuk dinikmati pengunjung Anda.

Baca : Cara Memasang Slideshow di Website WordPress

Diatas adalah tutorial membuat galeri foto di WordPress dengan mudah tanpa menggunakan plugin, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Zaenal Mutakin

    Tampilan galerinya kalau sudah jadi akan seperti bagaimana gan? boleh di contohkan gambarnya? makasih.

    • silahkan di coba sendiri, beda tema beda hasil.

      • Zaenal Mutakin

        ooh siap ath. 🙂

Must Read...!
Theme WordPress Floki Responsive Free

Floki adalah theme wordpress responsive gratis yang dioptimalkan menggunakan kode bersih dan praktik terbaik...

10 Daftar PHP Frameworks Terbaik Untuk Para Pengembang

PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas...

Close