Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Tepat Memilih Tema WordPress Terbaik

Pemilihan tema WordPress yang tepat akan menentukan banyak aspek penting dari situs Anda. Memilih tema yang tepat akan menjadi hal yang rumit bagi pengguna WordPress baru, karena kebanyakan pengguna WordPress baru hanya tertarik pada tema dengan tampilan yang bagus saja. Sebuah tema WordPress yang baik tidak hanya saja terlihat bagus, tetapi juga tema harus ramping dan ringan, mudah untuk disesuaikan, fleksibel, aktif dikembangkan dan juga di dukung oleh pembuatnya.

mythemeshop tema terbaik wordpress

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan secara rinci beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda ingin memilih tema WordPress. Dalam memilih tema anda juga perlu kesabaran untuk melakukan pengujian tema dan melihat poin-poin penting sebelum benar-benar menggunakan tema tersebut untuk situs Anda.

Baca : Tips Memilih Tema WordPress Gratis dan Premium

Tema WordPress Terbaik Harus Meliputi :

Bicara tentang tema tentu akan selalu berkaitan dengan desain dan UX, karena normal bagi kita untuk menilai tema pertama kali adalah berdasarkan bagaimana tema itu terlihat dan terasa, tapi ada banyak lagi yang harus Anda lihat lebih dalam lagi sebelum membuat keputusan.

Dokumentasi Lengkap

Tema yang mempunyai dokumentasi yang bagus adalah tanda produk tersebut berkualitas. Ini harus Anda jadikan poin pertama saat mencari tema WordPress. Karena tema WordPress dengan dokumentasi rinci dan lengkap akan membantu Anda dalam mengkonfigurasi dan menyesuaikan tema, serta menjelaskan bagaimana tema tersebut dapat dimodifikasi. Hal ini berguna jika Anda seorang pengembang ataupun pemula yang ingin menggunakan tema sesuai dengan demo yang ditampilkan. Dokumentasi lengkap akan menjadi alat bantu bagi siapa saja yang ingin menggunakan tema dengan lebih mudah, dan membantu dalam menggunakan setiap fitur yang diberikan.

Fitur standar

Tema yang bagus juga harus memenuhi beberapa persyaratan dasar seperti SEO friendly dan mobile responsif. Karena masih banyak tema yang dibangun dengan kode buruk bahkan masih juga banyak tema yang tidak responsive.

Anda juga harus melihat daerah widget, layout dan template yang disediakan oleh tema. Pikirkan kebutuhan Anda pada area widget dan juga apakah tema tersebut membawa fitur widget selain bawaan dari WordPress, yang dapat memberikan Anda kemampuan untuk mengendalikan elemen tema Anda. Anda juga harus memeriksa apakah tema menawarkan beberapa layout (mis : penuh lebar, sidebar dan konten, blog, landing page), Karena tema seperti ini akan memberikan Anda kemudahan dalam konfigurasi dan banyaknya pilihan yang bisa Anda terapkan.

WordPress versi terbaru telah melakukan beberapa perbaikan pada Customizer. Banyak tema akan memberikan Anda kemampuan untuk dengan mudah memanipulasi elemen kunci seperti gambar logo, background, widget, warna dan font yang semuanya disatukan pada area ini. Anda biasanya dapat menilai opsi ini dalam pengaturan tema Anda atau dalam option themes. Anda bisa melihat Customizer ini di menu Appearance » Customize.

Ramping dan Ringan

Ini adalah satu lagi faktor yang sangat penting untuk sebagian besar proyek tema. Umumnya, tema yang ditulis dengan pengkodean yang baik tidak hanya akan menjadikan tema lebih cepat saat di load, tetapi kemungkinan besar akan lebih mudah untuk dipahami dan dimodifikasi jika diperlukan.

Jangan memilih tema WordPress dengan fitur yang sangat lengkap jika fitur tersebut tidak begitu berguna untuk Anda, karena tema tersebut tentu dibuat dengan kode yang sangat kompleks dan membuat Anda kesulitan dalam memahami dan memodifikasi tema. Anda bisa menemukan tema yang lebih ringan dan bisa menambahkan plugin jika menginginkan fitur tambahan. Karena tema yang kompleks pasti akan terasa berat saat di load.

Dukungan / Support

Dukungan dari pengembang tema sangat diperlukan bagi pengguna. Karena kita pasti akan menemui masalah suatu saat nanti, misal tema tidak mendukung dengan plugin tertentu, atau ada beberapa hal ingin Anda tambahkan pada tema tersebut. Cara terbaik untuk melihat dukungan dari pengembang adalah melihat forum, media sosial atau situsnya dan temukan apakah setiap keluhan dari pengguna dijawab dengan baik atau malah di abaikan. Jika setiap pertanyaan di jawab oleh pegembang maka Anda bisa menggunakan tema tersebut tanpa takut suatu saat mengalami masalah.

Dikembangkan

Jika Anda berkomitmen untuk mencari tema WordPress dan Anda gunakan tema tersebut dalam jangka panjang, Anda harus memastikan bahwa tema Anda akan terus dikembangkan untuk memastikan kompatibilitas dengan versi WordPress yang selalu diperbaharui dan pastikan bahwa semua bug dan masalah keamanan juga diperbaiki dalam waktu yang cepat.

Ulasan dan Tanggapan

Melihat ulasan dan tanggapan dari pengguna lain adalah cara yang bisa Anda terapkan sebelum memilih menggunakan tema WordPress yang tepat. Selalu cari tema dari vendor yang memiliki umpan balik positif dan ulasan yang menguntungkan. Dengan begitu Anda bisa melihat bagaimana tema itu bekerja dengan pengguna yang sudah mencobannya. Dengan cara ini Anda dapat terhindar dari penggunaan tema yang buruk.

Alat yang berguna Untuk Pengujian

WP Test (wptest.io)

wp test theme

WP Test ini merupakan alat yang sangat membantu dalam uji coba tema dan plugin, ini dikembangkan oleh Michael Novotny, WP test ini adalah alat dengan satu set fantastis lengkap data uji untuk mengukur integritas plugin dan tema. Ini pada dasarnya file impor untuk WordPress dirancang untuk mendorong tema melakukan uji batas secara keseluruhan. Anda bisa mengunjungi situs wptest.io untuk melakukan uji coba tema yang akan Anda gunakan.

Tes ini dirancang untuk memastikan bahwa tema Anda akan menangani konten nyata. File WP Test mempunyai ukuran sekitar 30MB dan Anda akan memerlukan WordPress Importir plugin untuk melakukan uji coba ini, namun plugin juga dapat diinstal melalui WP-CLI. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang WP Test disini.

Standar Pengembangan Theme WordPress

Ada standar pengkodean didokumentasikan dan dipublikasikan oleh WordPress.org, dengan mengikuti standar ini akan membantu meningkatkan kualitas keseluruhan tema. Sayangnya pedoman ini tidak selalu diikuti. Kita dapat menguji kualitas kode tema kita dalam beberapa cara, tetapi yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin Theme Check yang akan saya bahas di bawah ini.

Theme Check

Plugin Theme Check akan memeriksa berbagai titik kualitas dalam kode tema Anda. Anda akan melihat pada contoh di bawah bahwa tema default twenty fourteen melewati semua tes.

theme check twenty themes

Untuk menggunakan Theme Check, Anda perlu mengaktifkan debugging WordPress, Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan code define ( ‘WP_DEBUG’, true); ke file wp-config.php Anda. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut dengan mengunjungi plugin Theme Check disini.

Theme Authenticity Checker (TAC)

Theme Authenticity Checker (TAC) adalah plugin yang memeriksa kode berbahaya atau kode yang tidak diinginkan (malware). Selalu gunakan plugin ini jika Anda sedang menggunakan tema dari sumber yang tidak diketahui atau sumber tidak dipercaya. Silahkan gunakan plugin ini untuk mengecek tema Anda. Download plugin TAC.

theme test

Seperti Apa Tema Terbaik WordPress?

Desain sering digunakan sebagai kriteria utama untuk menilai kualitas sebuah tema. Tentu saja ini penting, tetapi selalu ingat kata pepatah lama “Jangan menilai buku dari sampulnya”, ini juga berlaku untuk tema. Melakukan pekerjaan rumah Anda dan menggali lebih dalam dan membuat keputusan sendiri berdasarkan lebih dari sekedar bagaimana tampilannya di situs demo.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih tema, saya menyarankan untuk menggunakan tema premium dari MyThemeshop atau Elegant Themes, kedua situs tersebut akan memberikan Anda pilihan tema dengan kualitas baik dan selalu dikembangkan, mereka juga mempunyai support atau dukungan yang baik dengan dokumentasi tema yang besar. Tidak hanya itu, harga yang mereka tawarkan juga tidak begitu mahal, mereka juga menyediakan plugin-plugin berkualitas tinggi.

Baca : 31 Tema WordPress Terbaik untuk Google Adsense

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Enigma Responsive Free

Enigma adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang serbaguna dan kompatibel untuk situs WPML. Tema...

Cara Membatasi dan Disable Empty Trash Otomatis WordPress

Di WordPress terdapat menu Trash pada setiap daftar post, page dan komentar, Jadi ketika...

Close