Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Website Pemesanan Restoran di WordPress

WordPress merupakan platform website yang bisa Anda gunakan untuk membangun situs Apa saja. Apakah Anda ingin membangun sebuah website restoran dengan WordPress? Jika iya, maka Anda dapat membuatnya dengan mudah dan bahkan terdapat ribuan website restoran dibangung dengan menggunakan WordPress, selain itu juga banyak tema wordpress untuk restoran. Tapi kebanyakan dari situs restoran tersebut hanya menampilkan menu makanan dan minuman dan formulir kontak sederhana. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan sistem reservasi atau pemesanan restoran dengan WordPress.

booking restoran wordpress

Membuat Pemesanan Restoran di WordPress

Catatan: Perlu Anda ketahui, untuk mengikuti tutorial ini Anda harus menginstal WordPress self-host. Lihat perbedaan antara WordPress.com vs WordPress Self-Hosted. Jika Anda sedang mencari WordPress hosting, maka saya sarankan untuk menggunakan layanan hosting terbaik disini.

Untuk membuatnya, Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan Plugin Restaurant Reservation. Setelah aktivasi, plugin akan menambahkan item menu baru berlabel ‘Bookings’ di WordPress admin bar Anda.

Sebelum Anda mulai mengkonfigurasi plugin, Anda perlu membuat halaman atau page baru untuk menangani pemesanan Anda. Silahkan masuk ke Pages » Add New dan membuat halaman baru. Anda dapat memberikan nama judul yang Anda inginkan, dalam contoh ini saya memberikan nama “Booking”. Cukup kosongkan area editor dan langsung tekan publish.

Setelah halaman pemesanan Anda siap, Anda dapat masuk ke menu Booking » Settings untuk mengkonfigurasi plugin pemesanan restoran.

setting booking

Halaman pengaturan Booking Restoran dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda.

Pada tab general, Anda perlu memilih halaman pemesanan yang baru saja Andabuat. Berikutnya, Anda perlu memilih max party size dimana restoran Anda dapat menangani. Anda juga dapat menambahkan pesan sukses kustom yang dimana pengguna akan melihatnya pada saat pemesanan sukses.

Setelah Anda selesai dengan pengaturan tersebut  klik pada tombol Save Changes.

Baca : Tutorial Membuat Web Lowongan Kerja dengan WordPress

Tambahkan Jadwal dan Waktu Pemesanan

Perbedaan antara sistem pemesana restoran yang tepat dengan formulir kontak sederhana adalah bahwa bentuk kontak Anda tidak memungkinkan pengguna untuk memilih waktu pemesanan. Dengan Reservation Restaurant Plugin, Anda dapat menjadwalkan jam kerja Anda yang memungkinkan pengguna untuk membuat pemesanan yang sesuai.

Cukup klik pada tab Booking Schedule untuk masuk pemesanan, schedule dan exception. Jangan lupa untuk mengklik tombol save changes ketika Anda selesai.

booking timing schedule settings

Kustom Notifikasi Restaurant Reservation

Restaurant Reservasi dilengkapi dengan sistem pemberitahuan built-in yang mengirimkan email pemberitahuan kepada pelanggan dan administrator tentang pemesanan.

Anda dapat menyesuaikan pemberitahuan email ini dengan mengunjungi halaman pengaturan plugin dan mengklik tab Notifications.

booking notifications settings

Pertama, Anda perlu memberikan reply to name. Untuk bagian ini, isi dengan nama restoran Anda. Plugin secara otomatis akan menggunakan alamat email admin situs WordPress Anda sebagai balasan-ke alamat untuk email keluar. Anda dapat mengubahnya jika Anda ingin menerima balasan atas alamat email yang berbeda.

Baca : Tips Desain Web Agar Situs Terlihat Profesional

Jika Anda ingin menerima pemberitahuan pemesanan baru, kemudian centang kotak di sebelah pemberitahuan admin. Plugin akan menggunakan standar alamat admin WordPress Anda, tetapi Anda dapat mengubahnya ke alamat lain yang Anda inginkan.

Anda akan melihat sejumlah tag template yang dapat Anda gunakan dalam email keluar template. Setiap tag akan menampilkan beberapa informasi. Misalnya, {user_name} tag akan menampilkan nama pengguna yang ditempatkan pada pemesanan.

Setelah itu Anda akan menemukan pesan email default yang akan dikirim ke pengguna dan pelanggan. Rubah isi ini untuk Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

setting booking

Menampilkan Formulir Pemesanan di Front End

Plugin secara otomatis akan menampilkan form pemesanan di halaman pemesanan Anda buat sebelumnya yang di beri nama Booking. Anda dapat menambahkan halaman ini pada menu navigasi situs Anda dengan mengaturnya di menu Appearance » Menu.

Yang perlu Anda lakukan adalah memilih halaman pemesanan dari kolom sebelah kiri dan klik pada add untuk tombol menu. Menu akan muncul di kolom sebelah kanan.

Anda dapat drag dan drop untuk menyesuaikan lokasi menu. Klik save tombol menu ketika Anda selesai. atau baca artikel dibawah ini tentang membuat menu di wordpress.

Baca : Panduan Lengkap Tentang Menu WordPress

Berikut preview akhir dari halaman pemesanan seperti di Theme wordpress Twenty Fifteen:

reservations preview booking

Saya berharap artikel ini membantu Anda menambahkan sistem pemesanan restoran di WordPress. Anda juga mungkin ingin memeriksa panduan tentang cara Memasang Google Maps di WordPress untuk menampilkan lokasi restoran Anda. Semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress InkZine Responsive Free

Inkzine adalah theme wordpress gratis di desain untuk tema Majalah High Quality untuk Blog...

Cara Memilih Warna Yang Tepat Untuk Desain Web

Anda tidak perlu menyewa seorang desainer untuk hanya sekedar memilih warna yang bagus untuk...

Close