Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Panduan Cara Membuat Page Number WordPress

Page Number atau nomor halaman adalah fitur umum yang sering kita jumpai pada blog WordPress. Fitur ini meskipun terlihat sederhana tapi mempunyai peran penting bagi pengguna WordPress dan pengunjung situs. Dengan page number membuat kita mudah dalam menavigasi situs dan juga membuat situs memuat lebih cepat, karena kita memberi batasan halaman yang dimuat, tanpa adanya page number halaman akan dimuat secara menyeluruh dan tentu ini membuat situs menjadi berat.

wordpress page number

Banyak tema WordPress secara default sudah menambahkan fitur page number ini, tapi ada beberapa tema juga yang tidak menambahkan fitur ini, seperti halnya jika Anda menggunakan tema WordPress default. Pada artikel ini saya akan membahas beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur page number pada tema WordPress Anda.

Pengaturan Page Number

Page Number sebenarnya sudah di set langsung pada WordPress. Untuk melakukan pengaturan ini, Anda harus masuk ke admin WordPress Anda dan masuk ke menu Settings -> Reading. Pada halaman inilah Anda dapat mengatur format dasar dari postingan Anda. Pada pengaturan “Front Page Display” Anda dapat mengatur untuk menampilkan postingan terbaru Anda (default) atau menggunakan halaman statis yang akan ditampilkan pada homepage. Untuk menampilkan page number Anda harus memilih “Your Latest Post”.

Berikutnya pada pengaturan “Blog Pages Show At Most” adalah menu untuk mengatur berapa jumlah halaman yang akan Anda tampilkan pada satu halaman. Anda dapat memasukkan angka sesuai keinginan Anda, secara default sudah di set dengan angka 10 yang berarti tiap halaman akan menampilkan 10 postingan terbaru. Pada pengaturan ini jika ternyata tema yang Anda gunakan masih belum mendukung fitur page number maka di bagian bawah hanya akan menampilkan link (Older Post dan Newer Post) dan tidak muncul nomor halaman.

Menambahkan Page Number Manual

Jika Anda sedang membuat tema sendiri, atau ingin menambah pagination untuk tema yang Anda gunakan, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fungi built-in WordPress dan menambahkan beberapa baris kode pada file functions.php tema yang sedang Anda gunakan. Buka file functions.php Anda, dan scroll ke bawah, kemudian tambahkan kode ini:

function pagination_bar() {
    global $wp_query;
 
    $total_pages = $wp_query->max_num_pages;
 
    if ($total_pages > 1){
        $current_page = max(1, get_query_var('paged'));
 
        echo paginate_links(array(
            'base' => get_pagenum_link(1) . '%_%',
            'format' => '/page/%#%',
            'current' => $current_page,
            'total' => $total_pages,
        ));
    }
}

Selanjutnya tambahkan kode dibawah ini, pada file biasanya di (index.php dan archive.php) dan paste kode berikut sebelum akhir loop pernyataan “endif”, tapi sebelum “endwhile”.


<Nav class = "pagination">
<? Php pagination_bar (); ?>
</ Nav>

Setelah semuanya Anda ikuti langkah-langkah diatas, Anda akan melihat hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Page Numbers

Menggunakan WP-PageNavi

Jika Anda tidak ingin menggunakan cara manual yang memang sedikit lebih sulit, ada beberapa plugin di yang dapat membantu Anda menambahkan Page number. Anda bisa menggunakan plugin WP-PageNavi yang mudah untuk digunakan dan disesuaikan. Anda bisa membaca tutorial di centerklik tentang cara menggunakan plugin Wp-PageNavi.

Baca : Menambahkan Nomor Halaman dengan Wp-Pagenavi di WordPress

Menggunakan WP-paginate

WP Paginate sangat mirip dengan WP-PageNavi, tetapi memiliki beberapa fitur tambahan yang mungkin akan berguna untuk Anda. Misalnya, Anda dapat mengontrol markup pagination, jika Anda ingin menyesuaikan tampilan dapat menggunakan CSS, serta memilih jumlah yang tepat dari nomor halaman yang ditampilkan di pagination Anda, sehingga tidak terlalu berat. Seperti WP-PageNavi, nomor halaman ditambahkan ke halaman Anda menggunakan fungsi tunggal, menggantikan pagination yang ada. Yaitu dengan mengganti tag default dengan code dibawah ini pada file index.php dan archive.php.

<?php if(function_exists('wp_paginate_comments')) { wp_paginate_comments(); } ?>

Plugin ini akan memudahkan Anda dalam hal tampilan, karena Anda bebas melakukan kustom pada CSS untuk merubah tampilan page number.

Baca : Cara Membuat Load Page WordPress dengan Ajax

Diatas adalah beberapa cara untuk menambahkan fitur page number pada situs WordPress Anda, terdapat cara manual dan otomatis dengan bantuan plugin, Anda bisa menggunakan salah satu dari cara diatas, pilihlan menggunakan plugin jika Anda belum memahami kode WordPress, atau bisa mencoba untuk situs WordPress offline yang Anda miliki untuk uji coba.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Kholiz Pratama

    membingungkan gan

Must Read...!
10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host]

10 Layanan hosting terbaik dan murah. Selamat datang, Saat anda sudah memutuskan untuk terjun...

Theme WordPress Jomsom Responsive Free

Jomson adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang indah untuk blog Anda. Tema ini terinspirasi...

Close