Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Google Trends di Blog atau Website?

Google Trends adalah Fasilitas web publik milik Google Inc, yang berbasis di Google Search, yang menunjukkan seberapa sering istilah pencarian tertentu di ketikkan di mesin pencari dari berbagai daerah di dunia, dan dalam berbagai bahasa (Wikipedia).

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Jika Anda seorang Blogger atau Webmaster maka Anda harus mengetahui apa itu yang disebut dengan Google Trends. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa Google Trends akan menampilkan Topik Pencarian Terbaik di Google untuk masing-masing negara yang berbeda. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengetahui popularitas kata kunci atau keyword tertentu di negara tertentu. Hal ini sangat membantu bagi blogger dalam membantu membidik kata kunci apa yang sedang banyak di cari oleh orang melalui mesin pencari google untuk artikelnya, sehingga mendapatkan lalu lintas yang besar jika bisa bersaing dengan kata kunci populer tersebut.

Baca : 10 Tool Terbaik Google untuk SEO Situs Anda

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara untuk memasang Google Trends di Blog atau Website secara lengkap.

Cara Memasang Google Trends

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs Google Trend di alamat berikut » http://www.google.com/trends/. Setelah Anda mengunjungi situs Google Trends maka akan melihat halaman seperti pada gambar dibawah ini :

Google trends

Pada Google Trends Anda akan melihat menu di sebelah kanan untuk memilih kategori dan Negara, menu tersebut dapat Anda gunakan untuk memfilter pencarian berdasarkan kategori dan negara, di mana Anda ingin melihat Topik Pencarian Populer. Tapi sayangnya di menu tersebut tidak terdapat negara tercinta kita yaitu indonesia, tapi tenang saja, Anda masih dapat melihat untuk negara indonesia dengan klik menu kotak-kotak atau yang disebut dengan hamburger menu pada sebelah kiri atas di sebelah tulisan Google Trends, dan nanti akan muncul sub menu dan pilih “Trending Searches“. dan setelah itu Anda bisa memilih negara Indonesia seperti gambar dibawah ini.

google trends indonesia

Setelah tampil seperti gambar diatas maka klik icon Embed “< > ” di sebelah kanan atas disebelah icon settings. Dan setelah mengklik tombol “Embed”, Anda akan melihat pengaturan seperti gambar di bawah ini.

embed google trends indonesia

Cukup salin kode dan paste ke Blog anda atau Situs Web Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa taruh code embed google trends tersebut di Widget Text atau juga bisa di postingan atau page dengan menaruh code pada mode Text. Dan silahkan lihat hasilnya disitus Anda.

Baca : Cara Memasang Google Maps di WordPress

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Google Trends menunjukkan topik yang paling dicari di Google sehingga benar-benar membantu bagi para blogger. Dan sekian itu adalah tutorial lengkap yang bisa Anda praktekan disitus Anda. Semoga tutorial ini bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Gateway Responsive Free

Theme Gateway adalah theme Wordpress responsive gratis yang sederhana dan elegan untuk blogging. Hal...

Stop! Jangan Gunakan Plugin dan Themes WordPress Nulled

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam dunia blogging kita tidak bisa jauh-jauh dari Wordpress,...

Close