How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap Cara Install CentOS 7 Terbaru

Panduan Lengkap Cara Install CentOS 7 Terbaru – CentOS (Community Enterprise Operating System) adalah sebuah distro OS linux yang sangat populer seperti Ubuntu, dan CentOS ini dibuat dari basis yang bercabang dari distro Linux RedHat. RedHat sendiri adalah sebuah distro Linux yang disesuaikan untuk server yang sangat populer.

Jika Anda tertarik untuk menginstall CentOS di VirtualBox, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya disini → Langkah Mudah Install Linux CentOS 7 di VirtualBox.

Sebelum berlanjut untuk panduan lengkap cara install CentOS 7 terbaru ini, mari kita selami lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan dari distro linux CentOS ini.

Kelebihan dan Kekurangan CentOS

CentOS adalah OS linux yang memiliki hampir semua yang Anda butuhkan baik untuk penggunaan pribadi maupun perusahaan namun namun tetap open-source. Distro linux ini dikembangkan dan dirancang agar secara fundamental mirip dengan Red Hat, CentOS ini hanya menjalankan versi paket software yang paling stabil karena bertujuan untuk mengurangi risiko crash dan kesalahan.

Pengguna yang telah menginstal CentOS juga mendapatkan akses ke update keamanan tingkat perusahaan hingga satu dekade – karena hubungannya yang erat dengan Red Hat. Artinya, CentOS dilengkapi dengan beragam fitur keamanan yang benar-benar kuat dan mengesankan, termasuk firewall yang sangat kuat dan mekanisme kebijakan SELinux. Faktor dalam peningkatan stabilitas dinikmati oleh distro, dan itu menjadi pilihan yang lebih menarik.

Untuk kekurangan dari CentOS adalah cenderung memiliki fitur yang lebih sedikit dibanding dengan distro lainnya, tetapi bisa diatasi dengan menambah repositori pihak ketiga, namun demikian dibebani dengan siklus pengembangan yang agak rumit. Selain itu, jika distro lain seperti Ubuntu melakukan update besar dengan rentang waktu yang sangat cepat berkisar antara delapan belas bulan dan tiga tahun, untuk CentOS ini biasanya melakukan rilis besar baru setiap tiga hingga lima tahun, itu termasuk sangat lama dibanding yang lainnya.

Cara Install CentOS 7 Terbaru

Setelah Anda mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari distro linux CentOS diatas, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan panduan cara install CentOS 7 dalam beberapa langkah mudah disertai dengan gambar.

Baca : Panduan Lengkap Cara Install CentOS 8 Terbaru

Langkah 1: Unduh Image ISO

Langkah pertama, Anda harus mendownload file Image ISO CentOS 7 dari sumber mirrornya disini. CentOS 7 sekarang menyediakan file untuk platform 64 bit, dan saat ini tidak ada Image ISO 32 bit. Ini terutama disebabkan oleh kenyataan bahwa sebagian besar server dalam industri sudah menggunakan 64 bit.

Langkah 2: Buat Drive yang dapat di-boot

Setelah Anda mengunduh image ISO dari CentOS 7, buat drive USB yang dapat di-boot. Sejak Centos 6.5, Anda dapat membuat usb drive yang dapat di-boot dengan hanya mentransfer file iso ke usb menggunakan perintah dd. Win32DiskImager atau Etcher adalah solusi alternatif, karena sekarang Unetbootin tidak lagi berfungsi untuk CentOS 7.

# dd if=/iso/CentOS-7-x86_64-DVD-1602-99.iso of=/dev/sdb

*/dev/sdb adalah perangkat USB flashdisk Anda dan pastikan Anda memiliki ruang kosong minimal 4,3 GB.

Langkah 3: Mulai Install CentOS 7

Untuk memulai cara install CentOS 7, klik ikon Install to Hard disk yang terlihat di layar desktop.

Desktop Install to Hard Drive CentOS 7

Langkah 4: Pilih Bahasa Dan Keyboard

Pilih bahasa pilihan Anda serta jenis Keyboard yang Anda miliki. Berhati-hatilah, jangan lupa untuk memilih keyboard yang benar atau Anda akan berakhir dengan beberapa tombol acak. Yang biasa kita gunakan adalah English UK atau US.

Select Language Install CentOS 7

Langkah 5: Ubah Tujuan Instalasi

Secara default penginstal Anaconda akan memilih partisi otomatis di hard disk Anda. Klik ikon “Installation Destination” untuk mengubahnya ke partisi khusus.

Automatic Partitioning Cara Install CentOS 7

Klik pada hard disk yang ingin Anda install CentOS 7 dan di bawah Other Storage Options, pilih I will configure partitioning kemudian klik “Done“.

Configure Partitioning Cara Install CentOS 7

Langkah 6: Pilih Skema Partisi

Selanjutnya pilih skema partisi yang akan digunakan untuk mount point. Dalam hal ini saya pilih Standard Partition.

Select Partitioning Scheme Cara Install CentOS 7

Langkah 7: Buat Ruang Swap

Anda dapat membuat ruang swap dari salah satu partisi dan mengatur kapasitas yang diinginkan, yang tergantung pada RAM yang Anda miliki. Pilih Sistem File untuk ruang swap sebagai swap, dan klik centang pada Reformat, meskipun memformat ulang adalah opsional. Anda juga dapat memberi nama ruang swap Anda dengan label nama apa pun yang Anda suka tetapi nama pada label dengan “swap” lebih deskriptif.

Create Swap Space Cara Install CentOS 7

Langkah 8: Buat Mount Point

Langkah selanjutnya adalah membuat titik mount di mana partisi root akan diinstal. Bergantung pada kebutuhan Anda, Anda mungkin perlu meletakkan partisi boot, home dan root pada berbagai mount point. Untuk kasus ini saya hanya akan memberi satu titik mount /.

Setelah ini, atur Label dan Kapasitas yang sesuai yang Anda inginkan. Aturan praktisnya adalah untuk menggunakan nama deskriptif untuk Label terutama jika komputer akan digunakan oleh administrator sistem yang berbeda.

Pilih sistem file sebagai ext4 dan klik Reformat.

Create a Mount Point Cara Install CentOS 7

Langkah 9: Terima Perubahan

Setelah menyelesaikan Langkah 7 dan Langkah 8 berhasil klik tombol Done. Jendela prompt akan muncul dengan ringkasan perubahan yang akan terjadi. Jika Anda puas dengan mereka klik tombol “Accept Changes“.

Accept Changes CentOS 7 Install

Langkah 10: Tetapkan Tanggal Dan Waktu

Klik ikon jam di bawah menu localization dan pilih zona waktu dari peta dunia, lalu klik “Done“.

Set Date and Time CentOS 7

Langkah 11: Mulai Instalasi

Sekarang setelah mengkonfigurasi pengaturan Sistem dan Localization Anda dapat mengklik tombol Begin Installation.

Begin Installation Cara Install CentOS 7

Instalasi akan segera dimulai dan saat Anda mulai, Anda perlu mengatur akun Pengguna serta kata sandi root.

configuration during installation Cara Install CentOS 7

Langkah 12: Mengatur Kata Sandi Root

Klik pada opsi root password dan masukkan kata sandi dan konfirmasi kata sandi Anda sekali lagi dan klik Done.

Set Up Root Password Cara Install CentOS 7

Langkah 13: Buat Akun Pengguna

Langkah selanjutnya adalah membuat akun pengguna. Masukkan detail yang benar dan jika ini adalah akun administrator, centang Make this user administrator dan Require a password to use this account untuk tujuan keamanan.

Buat User Account CentOS 7

Langkah 14: Selesaikan Instalasi

Instalasi seharusnya sudah selesai menginstal software dan bootloader. Setelah selesai Anda harus mendapatkan pesan sukses, setelah itu Anda dapat mengklik Quit.

Installing Bootloader Cara Install CentOS 7

Setelah itu silahkan Logout dari sistem Live dan login ke instalasi baru Anda. Dan sekarang Anda sudah bisa log in ke CentOS 7 Anda, dan nikmatilah OS baru yang benar-benar bagus!

Complete Installation Cara Install CentOS 7

Fitur Baru di CentOS 7

Berikut ini adalah beberapa fitur penting di CentOS 7 yang bisa anda rasakan:

Gnome 3 Desktop

CentOS 7 hadir dengan Gnome 3 yang sangat nyaman saat Anda memiliki layar sentuh.

gnome 3 Desktop CentOS 7

Ini juga hadir dengan Gnome Classic untuk Anda yang menginginkan tampilan dan nuansa Gnome 2.

gnome classic CentOS 7

CentOS 7 hadir dengan GRUB 2 yang memecahkan masalah dual boot dengan distro Linux lain yang telah menggunakan GRUB 2, seperti Ubuntu. Ini merupakan peningkatan dari CentOS 6.5 yang menggunakan GRUB Legacy dan merupakan solusi dari masalah ketika membuat dual boot. Sekarang Anda dapat melakukan instalasi tanpa khawatir dengan masalah GRUB.

CentOS 7 memiliki dukungan untuk sistem file xfs yang cocok terutama dalam tipe lingkungan terdistribusi. XFS dikenal karena kemampuannya menangani paralel I / O dibandingkan dengan ext4.

CentOS 7 juga akan dikirimkan bersama MariaDB, pengganti database MySQL.

Kesimpulan

CentOS 7 merupakan versi stabil dan sudah mendapat pembaruan yang sangat meningkat dari versi 6.5 dan sekarang lebih mudah untuk mengadopsinya sebagai OS Desktop dibandingkan dengan pendahulunya. Bagi Anda yang mungkin tidak bisa mengikuti rilis Fedora yang dilakukan setiap 6 bulan, CentOS 7 adalah pilihan yang bagus untuk Anda.

Baca : Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop

Dan itulah penjelasan lengkap tentang langkah-langkah cara install CentOS 7 yang bisa anda ikuti, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
7 Kamera CCTV Murah Terbaik untuk Keamanan Rumah 2020

Selalu waspada dan menerapkan keamanan adalah sebuah keharusan, kita semua tidak akan pernah tau...

10 Printer All In One Terbaik dan Murah di Tahun 2020

10 Printer All In One Terbaik dan Murah di Tahun 2020 - Jika Anda...

Close