vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Export Alamat Email dari WordPress

Daftar Email sangat penting untuk dimanfaatkan sebagai salah satu strategi marketing atau strategi pemasaran. Banyak blogger, toko online dan pebisnis online lainnya yang memanfaatkan kolom kosong untuk pengguna memasukkan alamat email miliknya dan alamat email tersebut dikumpulkan oleh website tersebut untuk kemudian sebagai jalan untuk menyebarkan artikel baru, promo dan penawaran-penawaran lain.

Export Emails

Memiliki banyak daftar email dari pengguna sangat di anjurkan oleh para master marketing. Karena email marketing dianggap cara yang efektif untuk mendapatkan pelanggan potensial di banding strategi pemasaran lain seperti iklan AdSense atau pasang iklan di facebook.

Dengan melihat beberapa keuntungan memiliki alamat email dari pengunjung, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan panduan untuk meng-export alamat email dari website WordPress Anda dengan mudah dan cepat.

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin mengeksport alamat email dari pengguna di situs Anda. Mungkin Anda memiliki newsletter atau layanan berlangganan yang ingin Anda pindah ke penyedia offsite lain. Atau mungkin Anda hanya perlu mengimpor alamat email ke dalam sebuah plugin yang berbeda. Atau mungkin alamat email tersebut ingin Anda jadikan sebagai tujuan promosi marketing via email seperti yang sudah saya jelaskan di awal paragraf dari artikel ini atau alasan-alasan lainnya.

Cara Export Email di WordPress

WordPress tidak memberikan fasilitas untuk mengekstrak alamat email dari pengguna dari kontak maupun dari komentar, tapi untungnya WordPress memiliki plugin-plugin yang akan membantu Anda dalam melakukan export emails dengan sangat mudah. Dalam tutorial ini saya akan memberika cara mudah untuk Anda dalam meng-export alamat email dari situs WordPress dengan menggunakan bantuan plugin yang bernama “Export Emails“.

Berikut langkah-langkahnya :

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall dan mengaktifkan plugins Export Emails. Jika Anda belum tau cara install plugin di WordPress, silahkan baca artikel Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

Setelah plugin Export Emails Anda aktifkan sekarang silahkan masuk ke halaman plugin melalui menu  Tools » Export Emails. Setelah anda masuk ke menu tersebut, Anda akan melihat dua kolom. Kolom pertama berisikan email dari pengguna terdaftar di situs WordPress Anda dan kolom kedua berisikan daftar email dari pengguna yang berkomentar di situs Anda.

export-emails-plugin tutorials

Dengan begitu Anda bisa menyalin semua email dengan mudah dari daftar pengguna situs yang terdaftar di blog Anda maupun email dari komentar dan menyimpannya. Tapi perlu Anda ingat bahwa dengan adanya plugin Export Emails ini  dapat membantu Anda mengambil email dengan mudah, Anda tetap harus bijak dalam menggunakan data email pengunjung, mintalah persetujuan terlebih dahulu, jangan menggunakan email tersebut untuk merugikan si pemilik email.

Penting : Plugin Export Emails ini sudah tidak diperbarui selama 3 tahun, tapi plugin ini masih bekerja dengan baik dengan WordPress versi terbaru. Jika Anda ingin menggunakan plugin alternatif lain, Anda bisa menggunakan plugin Comments Emails untuk mengekspor alamat email di situs WordPress Anda, kelebihan plugin ini Anda dapat mengekspor dalam file TXT atau CSV dan juga bisa menampilkan nama usernya.

Diatas adalah cara mudah untuk ekspor daftar email dari situs WordPress dengan plugin Export Emails. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Moon Responsive Free

Moon adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain untuk blogger dan juga photoblogging,...

Panduan File Permissions atau Hak Akses File WordPress

File permissions atau hak akses file yang diberikan kepada user untuk di izinkan membaca,...

Close