Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Embed Video dan Foto Instagram di WordPress

Instagram saat ini juga merupakan media sosial yang sangat populer setelah facebook dan twitter, instagram dianggap sebagai sebuah metode sederhana untuk berbagi foto dan video. Dan sekarang dengan populernya instagram maka banyak para webmaster mengoptimalkan situs WordPress mereka dengan Instagram. Dengan memanfaatkan keduanya yaitu WordPress dan Instagram maka akan mendapatkan lebih banyak perhatian untuk kedua akun Anda tersebut. Untuk melakukan hal tersebut maka diperlukan bagi Anda untuk memasang Video di Instagram Anda kedalam postingan atau halaman WordPress.

Baca : Cara Memasang Embed Video Youtube di WordPress

Dengan cara ini, pengunjung dapat mengikuti video atau foto Anda di Instagram tanpa perlu melakukan login ke Instagram terlebih dahulu. Berikut 2 cara mudah untuk Embed Video dan Foto Instagram Anda di WordPress.

1. Gunakan Plugin Simple Instagram Embed

WordPress telah mengembangkan serangkaian plugin untuk embedding video dan foto Instagram, salah satunya adalah Plugin Simple Instagram Embed. Plugin user-friendly ini memungkinkan pengguna untuk menyisipkan link video atau foto di Instagram di setiap halaman WordPress atau postingan WordPress.

Untuk menggunakan plugin tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan Instal dan mengaktifkan plugin tersebut, langkah selanjutnya adalah mengatur Plugin Simple Instagram Embed dengan membuka menu Settings » Simple Instagram Embed.

pengaturan simple instagram embed

Dalam halaman pengaturan Anda diminta untuk memilih ukuran yang tepat untuk semua video embed dan foto pada menu drop-down. Terdapat 3 ukuran yang tersedia untuk pengguna yaitu : Large (w: 612 xh: 720 pixel), Medium (w: 480 xh: 600 pixel) dan Small (w: 350 xh: 470 pixel), silahkan pilih ukuran sesuai dengan keinginan Anda lalu centang pilihan “Include captions” untuk menambahkan keterangan foto. Dan terakhir klik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan plugin tersebut.

Baca : Cara Pasang Embed Status Facebook pada WordPress

Setelah pengaturan plugin diatas selesai Anda lakukan, sekarang mari kita lanjutkan untuk cara memasang embed video atau foto instagram ke postingan wordpress, pertama pastikan bahwa Anda sudah mempunyai akun Instagram. Login ke account Anda dan cari video atau foto yang akan anda tanam ke website WordPress Anda. Lakukan klik pada foto atau video tersebut, maka nanti akan terlihat informasi rinci muncul seperti di bawah ini.

Link untuk video atau foto ditampilkan pada address bar browser Anda. Copy link tersebut, sebagai contoh link embed adalah seperti berikut : https://instagram.com/p/3z5e7afdJi8/.

Setelah mendapatkan link seperti diatas, silahkan buka page / post yang ingin Anda tanamkan foto atau video tersebut. Paste link ke post atau page editor dan kemudian publish, dan silahkan lihat hasilnya.

embed instagram wordpress

2. Embed Instagram di WordPress Menggunakan Kode

Cara kedua dalam tutorial ini adalah dengan menggunakan fitur kode embed yang memang sudah disediakan oleh Instagram. Cara ini adalah cara yang saya sarankan untuk Anda semua daripada menggunakan plugin, karena Anda tidak perlu menginstal terlalu banyak plugin di situs WordPress Anda. Masuk ke akun Instagram Anda dan klik video atau foto yang ingin Anda tanamkan. Klik tombol di sebelah icon “comment” bar dan kemudian klik “Embed“.

copy embed code

Setelah muncul popup yang berisikan kode seperti contoh diatas, salin baris kode dengan mengklik tombol “Copy Embed Code“, Anda juga bisa mencentang pilihan “Include caption” jika Anda ingin menambahkan keterangan pada foto atau video tersebut.

Selanjutnya Paste kode embed ke halaman atau posting di situs WordPress Anda. Secara umum, ada banyak baris kode disisipkan ke editor wordpress, pastikan saat paste kode tersebut Anda memilih menu tab “text” disebelah menu tab “visual”. Dan terakhir klik publish lalu lihat hasilnya.

embed instagram wordpress

Berikut diatas adalah  tutorial 2 Cara Embed Video dan Foto Instagram di WordPress Site, semoga dapat membantu Anda dalam menanamkan foto maupun video dari instagram di situs WordPress Anda. Semoga bermanfaat.

Baca : Cara Embed Tweet di Post atau Page WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Muhammad Ridha Tantowi

    makasih gan! bergunaa

  • install nya di menu plugins > add new plugin, upload file zip tersebut dan aktifkan.

  • wordpress.com adalah wordpress gratisan jadi tidak bisa menginstall plugin. gunakan wordpress self hosted

Must Read...!
Theme WordPress Toivo Responsive Free

Toivo adalah theme wordpress responsive gratis, ini merupakan tema besar untuk bisnis, blogging, dan...

Cara Membatasi Jumlah Tags di Post WordPress

Wordpress mempunyai fitur bagus yang bernama "Tag", tag adalah cara yang bagus untuk mengatur...

Close