banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tutorial Tool Dasar Aplikasi Lightroom Android

Tutorial Dasar Aplikasi Lightroom Android – Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik di Android, namun Anda tetap harus mengetahui dasar aplikasi Lightroom untuk bisa membuat hasil editan yang keren. Karena secanggih apapun aplikasi yang digunakan, hasilnya tetap ditentukan oleh seberapa paham Anda dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Untungnya, aplikasi Lightroom Android tidak serumit versi PC-nya. Dimana Anda perlu mengerti tentang curva warna, lighting, dan lain sebagainya.

Sedangkan dalam versi aplikasi Android, curva tersebut lebih jarang digunakan karena sudah tersedia slider yang jauh lebih sederhana. Nah, dalam kesempatan kali ini mari kita belajar bersama tentang tutorial dasar aplikasi Lightroom Android dengan membahas tools-tools yang tersedia.

Baca : 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Mac OS

Tools Dasar Aplikasi Lightroom Android

Loading...

Sebenarnya, tools yang disediakan di aplikasi Lightroom Android maupun dalam versi PC tidak jauh berbeda. Tools di kedua versi tersebut juga memiliki fungsi masing-masing yang kurang lebih sama.

tutorial tool aplikasi lightroom

Itulah mengapa Lightroom Android dianggap sangat membantu para fotografer dan editor yang ingin mengedit foto raw mereka dengan cepat. Nah, berikut ini adalah tutorial dari beberapa tools dasar aplikasi Lightroom yang perlu Anda pelajari.

1. Crop

Crop merupakan alat yang digunakan untuk memotong dan misahkan bagian tertentu dalam foto. Biasanya, fitur crop bisa digunakan dalam bentuk kotak, lingkaran atau free shape.

Bagian foto yang masuk ke dalam bentuk kotak atau lingkaran tersebutlah yang akan tersisa. Sedangkan bagian yang ada di luar bentuk atau shape akan dihapus dan dibuang.

Crop ini berguna bila Anda ingin menghilangkan objek tertentu dalam foto atau ingin mengatur komposisi foto agar terlihat lebih menarik.

2. Auto

Selanjutnya ada Auto, alat dasar aplikasi Lightroom yang sangat membantu bila Anda ingin mengedit foto dengan cepat. Karena sesuai dengan namanya, dengan tool yang satu ini Anda bisa langsung mendapatkan hasil edit foto secara otomatis yang disesuaikan dengan kondisi cahaya dan vibe di dalam foto tersebut.

Terkadang, hasilnya memang tidak begitu bagus. Namun karena bisa selesai dengan cepat, tidak ada salahnya menggunakan alat ini sesekali saja.

3. Light

Light merupakan alat yang digunakan untuk mengatur pencahayaan dalam foto. Bila Anda geser slider Light ke kanan, maka foto tersebut akan semakin cerah. Sebaliknya, foto akan jadi semakin gelap bila Anda geser slider-nya ke kiri.

4. Exposure

Loading...

Berikutnya ada alat Exposure. Hampir sama dengan Light, tool yang satu ini juga mengatur tentang pencahayaan dalam foto.

Namun jika Light mengatur seberapa cerah foto secara keseluruhan, Exposure mengatur seberapa terang warna putih alias cahaya yang ada di dalam foto tersebut.

5. Contrast

Satu lagi tool yang mengatur pencahayaan adalah Contrast. Tool yang satu ini mengatur seberapa pekat atau kontras warna putih dengan warna hitam. Artinya, alat ini digunakan untuk mengatur seberapa kontras perbandingan antara bayangan dan cahaya dalam foto.

Baca : 10 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik dan Gratis

6. Highlight

Highlight merupakan tool dasar aplikasi Lightroom yang digunakan untuk mengatur bagian paling cerah di dalam foto. Ketika Anda menggeser slider Highlight ke kanan, maka sumber cahaya utama dalam foto tersebut akan semakin cerah.

7. Shadow

Sebenarnya, Shadow juga merupakan bagian dari tool yang mengatur pencahayaan. Tetapi, alat yang satu ini hanya mengatur seberapa gelap dan terang bayangan yang terlihat dalam foto Anda. Semakin di geser ke kiri, maka semakin gelap bagian foto yang tidak terkena cahaya.

8. White & Black

Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini digunakan khusus untuk mengatur putih dan hitam dalam foto Anda. Jika slider White & Black digeser ke kanan, maka warna putih di dalam foto jadi semakin dominan. Sedangkan bila digeser ke kiri, maka warna hitam lah yang akan semakin dominan.

Namun, tool yang satu ini juga bisa mempengaruhi kecerahan warna lain yang ada di dalam foto Anda.

9. Color

Selanjutnya ada bagian dari dasar aplikasi Lightroom yang paling sulit, yaitu Color. Sesuai dengan namanya, tools ini digunakan untuk mengatur komposisi warna alias color grading di dalam foto Anda. Menu Colors sendiri biasanya terdiri dari :

  • Temperatur, untuk mengatur warna lebih hangat (warm) atau dingin (cold)
  • Tint, untuk mengatur dominasi warna tertentu
  • Vibrance, untuk mengatur vibrancy warna dalam foto
  • Saturation, untuk mengatur ketajaman warna

Untuk bagian tools yang satu ini, Anda perlu bereksperimen untuk menemukan bagaimana settingan yang paling bagus untuk setiap foto. Karena settingan color bisa mempengaruhi suasana atau mood di dalam foto Anda.

Contohnya bila Anda ingin membuat foto pemandangan gunung terlihat lebih sejuk, maka ubah Temperatur menjadi lebih dingin. Dengan begitu warna foto akan jadi lebih kebiruan.

Baca : 8 Software Video Editing Gratis dan Terbaik

Seperti itulah tutorial dasar aplikasi Lightroom Android yang bisa Anda pelajari. Silahkan coba setiap tools agar mengerti apa fungsinya dan kapan kira-kira harus digunakan.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Berapa Potongan Biaya PayPal dan Cara Menghindarinya?

Berapa Potongan Biaya PayPal dan Cara Menghindarinya? - PayPal masih menjadi solusi terbaik untuk...

Panduan Install Ulang HP Android dengan Odin

Ketika HP bermasalah, melakukan install ulang HP Android adalah salah satu pilihan untuk menyelesaikan...

Close