banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Daftar Plugin yang Dibutuhkan untuk Toko Online Anda

Pembuatan toko online dan pengelolaannya saat ini perlu didukung dengan adanya website bisnis. Pembuatan website pun kini semakin mudah dilakukan dengan adanya layanan WordPress. Tak dibutuhkan langkah yang rumit karena tinggal install plugin WordPress yang tepat untuk toko online. Berikut ini adalah daftar plugin yang akan dibutuhkan oleh toko online Anda:

7 Plugin yang Diperlukan oleh Toko Online

Plugin toko online WordPress

Anda bisa memilih salah satu plugin dibawah ini dan sesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh jenis toko online yang ingin Anda buat, ada beberapa memiliki fungsi yang sama namun ada yang memiliki fitur komplek dan juga fitur sederhana yang benar-benar dibutuhkan untuk toko online sederhana.

Baca : 5 Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia

WP Shopify

Jenis plugin pertama yang dapat dijadikan pilihan adalah WP Shopify. Plugin ini telah terintegrasi dengan Shopify yang merupakan web builder khusus bagi toko online. Biasanya jenis plugin ini akan digunakan oleh mereka yang sudah memiliki toko online dengan Shopify. Proses pengaturan dan pengelolaan di WordPress akan jauh lebih mudah jika sudah pernah mengelola toko online lewat Shopify.

Ada banyak sekali fitur menarik yang disediakan oleh plugin ini. Fitur yang dibutuhkan oleh toko online Anda bisa dipilih menggunakan shortcode yang sangat mudah dikustomisasi. Selain itu tersedia juga lebih dari 100 efek dan filter yang akan membuat tampilan toko online menjadi lebih menarik. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan user experience yang tinggi.

Keunggulan lain dari plugin ini adalah pengguna bisa mendapatkan toko online berbasis cloud. Dengan begitu pengguna tidak perlu melakukan upgrade serving ketika toko online sudah berkembang. WP Shopify akan melakukan upgrade dengan mudah menyesuaikan kebutuhan dari toko online yang Anda kelola.

WooCommerce

Plugin berikutnya yang juga dibutuhkan oleh toko online Anda adalah WooCommerce. Plugin jenis ini sangat populer di kalangan para pemilik toko online karena memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah WooCommerce menyediakan banyak sekali tema yang akan membantu meningkatkan tampilan dan user experience toko online Anda.

Selain itu, WooCommerce juga menyediakan banyak pilihan fitur yang cocok untuk pengelolaan sebuah toko online. Mulai dari fitur pembayaran yang sangat lengkap dari transfer bank, COD, kartu kredit, dan masih banyak lagi. Kemudian tersedia juga fitur-fitur dasar lain yang akan dibutuhkan oleh sebuah toko online.

Menariknya lagi WooCommerce telah terintegrasi dengan beberapa jenis perangkat marketing. Sebut saja Google Ads, Facebook, kemudian ada juga Mailchimp. Ini akan sangat mempermudah para pemilik toko online dalam melakukan marketing. Selain itu tersedia juga banyak sekali jenis ekstensi yang bisa diakses gratis maupun berbayar.

Easy Digital Downloads

Plugin berikutnya yang juga dibutuhkan oleh toko online adalah Easy Digital Downloads. Namun perlu dicatat bahwa plugin ini hanya bisa digunakan bagi toko online yang menjual produk digital. Jenis produk digital saat ini sangat beragam mulai dari e-book, audio, juga file berbentuk PDF.

Bagi Anda yang membuat toko online dengan produk-produk digital, jenis plugin ini akan sangat membantu. Easy Digital Downloads menyajikan banyak sekali kumpulan ekstensi lengkap. Ekstensi ini bisa digunakan untuk menjual produk digital sesuai kebutuhan. Selain itu perlindungan terhadap aktivitas download produk Anda juga akan sangat terjamin.

Salah satu poin menarik dari jenis plugin ini adalah adanya fitur terjemah atau translate bahasa. Ada banyak sekali pilihan jenis bahasa yang dapat digunakan. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menjangkau konsumen dari berbagai negara. Produk digital yang Anda jual akan jauh lebih mudah untuk dipasarkan ke berbagai lokasi.

Baca : 3 Jenis Hosting Yang Cocok untuk Toko Online

BigCommerce

Selanjutnya ada plugin BigCommerce yang menerapkan sistem Saas atau software as a service. Artinya, jenis plugin ini bisa digunakan dengan syarat Anda harus membayar biaya bulanan terlebih dahulu. BigCommerce menjadi jenis plugin yang cukup banyak diminati karena memfasilitasi toko online untuk menjual di berbagai jenis channel. Bahkan bisa menjual ke marketplace yang mendunia seperti Amazon.

Kelebihan dari BigCommerce adalah risiko terjadinya kesalahan sangat minim. Hal ini disebabkan oleh semua data yang terlibat akan tersinkronisasi secara otomatis. Tak hanya itu, plugin ini juga mendukung AMP atau Accelerated Mobile Pages. AMP tersebut akan membantu mengoptimalkan website toko online lewat mesin pencari mobile. BigCommerce sangat direkomendasikan bagi para pelaku usaha online dengan skala yang sudah besar.

WP EasyCart

Pembuatan toko online dan pengelolaannya juga bisa lebih mudah dengan plugin WP EasyCart. Jenis plugin ini tergolong sangat praktis dan fleksibel. Pemilik toko online bisa melakukan pengelolaan dan pengaturan lewat perangkat mobile. Jadi, proses penambahan produk maupun pengelolaan lainnya dapat dilakukan dengan mudah kapanpun dibutuhkan.

WP EasyCart ini menyediakan dua jenis layanan yaitu gratis dan berbayar. Untuk tipe layanan gratis, Anda bisa mencoba menjalankan website toko online dengan menggunakan metode pembayaran lewat PayPal Express. Selain itu, Anda juga bisa menikmati unlimited jumlah pesanan lewat layanan WP EasyCart gratis tersebut.

Jika Anda menggunakan WP EasyCart berbayar, maka akan ada lebih banyak kelebihan yang bisa dinikmati. Anda bisa menggunakan lebih dari 30 pilihan payment. Selain itu ada banyak juga pilihan ekstensi yang dapat dipakai. Jenis plugin ini cukup direkomendasikan untuk toko-toko online yang masih mulai merintis.

WP eCommerce

Plugin satu ini sangat cocok untuk para pemula yang masih belajar merintis bisnis online-nya. WP eCommerce menyediakan video tutorial yang akan menjadi petunjuk bagi para pelaku toko online pemula. Selain itu tersedia juga kustomisasi menggunakan CSS beserta HTML sehingga Anda bisa membuat tampilan website yang jauh lebih menarik.

Salah satu keunggulan dari WP eCommerce adalah adanya fasilitas keamanan SSL yang sangat terjamin. Keamanan transaksi pelanggan Anda dapat dijamin dengan sangat baik bersama layanan plugin satu ini. Sayangnya jika dibandingkan dengan plugin jenis lain, WP eCommerce ini memiliki layanan support yang kurang begitu memuaskan.

Selz WordPress eCommerce

Pilihan plugin berikutnya yang juga dibutuhkan oleh toko online adalah Selz WordPress eCommerce. Poin menarik dari plugin ini adalah bisa diakses dengan gratis sepenuhnya. Cocok sekali bagi para pelaku usaha online yang masih terbatas dari segi modal. Meskipun gratis, namun fitur yang ditawarkan sudah cukup lengkap dan sangat mempermudah jalannya toko online.

Selz WordPress eCommerce menawarkan dashboard multifungsi bagi toko online. Bisa digunakan untuk manajemen penjualan, marketing, hingga berkomunikasi dengan pelanggan. Kemudian tersedia juga fitur kustomisasi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Dari segi keamanan pun, plugin ini sudah menyediakan fasilitas SSL gratis sehingga keamanan transaksi bisa lebih terjamin.

Dikarenakan gratis, tentu ada banyak kelemahan yang dimiliki oleh plugin ini. Selz WordPress eCommerce tidak bisa memfasilitasi penggunanya untuk melakukan upgrade paket. Selain itu, fitur yang tersedia memang lengkap hanya saja masih lebih terbatas dibandingkan plugin lainnya.

Baca : 9 Platform Toko Online e-Commerce Terbaik

Membuat toko online kini semakin mudah dengan berbagai jenis pilihan plugin yang tersedia. Tentunya tipe plugin yang bisa dipakai perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar bisa memfasilitasi jalannya toko online dengan lancar. Selain itu, optimalkan semua fitur yang ditawarkan agar toko online Anda bisa memberi user experience yang terbaik.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris - Bahasa inggris adalah bahasa internasional dan banyak...

Apakah Blog Masih Menjanjikan di Tahun 2022?

Apakah Blog Masih Menjanjikan di Tahun 2022? - Banyak orang terutama bagi mereka yang...

Close