vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menghilangkan Admin Toolbar di WordPress

WordPress secara otomatis menampilkan menu toolbar di bagian atas halaman situs WordPress Anda ketika login. Menu toolbar ini tampil baik saat Anda sedang berada di bagian dashboard WordPress atau pada halaman depan frond end situs Anda.

Bagi para developer WordPress atau pengguna WordPress siapa saja, menu toolbar yang tampil dibagian depan situs bisa sedikit mengganggu dan juga menghilangkan sedikit desain theme, terutama jika anda memiliki beberapa styling CSS yang mungkin tidak terlihat jika admin toolbar ditampilkan. Dan bagi saya pribadi dengan tampilnya toolbar dibagian frond end ini memang sangat mengganggu.

Dan pada artikel ini saya akan menunjukkan cara untuk menghilangkan, menghapus atau menyembunyikan Admin Toolbar dari bagian front-end situs Anda. Saya akan memberikan panduan dengan dua cara, yaitu Anda dapat menghilangkan toolbar dari pengaturan WordPress melalui admin dan juga dengan menambahkan sedikit code pada functions.php. Tapi sebelum menuju pada tutorialnya sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu apa itu Toolbar WordPress.

Baca : Cara Disable Admin Toolbar WordPress

Apa itu Toolbar WordPress ?

Toolbar adalah menu yang berada di WordPress dan ditampilkan dibagian atas layar. Menu toolbar ini berisikan daftar link administartion dan berguna untuk menambahkan posting baru atau mengedit profil Anda dan menu tambahan dari plugin yang Anda install.

Menghilalngkan toolbar WordPress

Fungsi dari toolbar WordPress tersebut sebagai bar navigasi cepat yang berisi link ke WordPress informasi terkait, meninjau komentar, menambahkan tulisan, dan beralih antara panel admin dan situs Anda. toolbar ini juga memungkinkan pengguna untuk log out dari panel admin situs dan mengunjungi halaman admin kustomisasi panel.

Memang, toolbar WordPress memiliki berbagai manfaat untuk mengakses bagian-bagian penting dengan cepat, tapi menampilkan toolbar pada bagian depan situs WordPress menjadikan sebagian pengguna merasa terganggu, begitu juga dengan saya sebagai pengguna WordPress.

1. Menghilangkan Toolbar dari Admin WordPress

Untuk menghapus, menghilangkan dan menyembunyikan menu toolbar dari bagian depan situs WordPress Anda, Silahkan login ke admin area Anda dan klik menu Users  » Your Profile. Scroll ke bawah dan temukan bagian “Toolbar” dan hilangkan centang pada “Show Toolbar when viewing site“.

Menghilangkan toolbar WordPress admin

Dan setelah itu silahkan untuk menyimpang pengaturan yang baru saja Anda rubah dengan klik tombol “Update Profile”. Selanjutnya lihat situs Anda dibagian Front End atau bagian depan, maka sudah tidak menampilkan menu toolbar lagi dibagian atas dari situs Anda. Sementara toolbar tidak akan lagi ditampilkan pada front-end situs Anda, tapi akan tetap muncul di bagian backend dari situs Anda, karena untuk bagian back-end menu toolbar ini masih sangat di perlukan.

2. Menghilangkan Toolbar WordPress dengan Dengan Code

Cara yang kedua ini adalah cara yang lebih sulit daripada cara diatas karena Anda berhubungan dengan kode. Tapi jika Anda lebih suka menghapus toolbar dengan menggunakan code, silahkan satu copy code dibawah ini dan letakkan di functions.php theme WordPress Anda:

add_filter('show_admin_bar', '__return_false');

Setelah Anda selesai dan menyimpan file functions.php, silahkan untuk mengecek tampilan situs WordPress Anda bagian depan dan Code ini akan menghilangkan toolbar dari tampilan front-end situs Anda.

Baca : 10 Tool Terbaik Google untuk SEO Situs Anda

Dan itulah dua cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan, menyembunyikan atau menghapus menu admin toolbar di WordPress. Gunakan salah satu cara yang menurut Anda mudah, selamat mencoba semoga berhasil. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Wikicek

    ini penting juga gan….kebetulan baru belajar

Must Read...!
Theme WordPress Editorial Responsive Free

Editorial adalah Theme WordPress Responsive Gratis dengan desain modern ditujukan untuk situs web majalah...

5 Tips Brilian untuk Marketer dalam Meningkatkan Penjualan di 2017

Saat ini banyak sekali blogger baru bermunculan dan disamping itu juga terdapat banyak blogger...

Close