banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menonaktifkan RSS Feed di WordPress

Apakah Anda saat ini sedang mencari cara untuk mematikan atau menonaktifkan RSS Feed di situs web Anda? RSS Feed digunakan untuk berbagi konten di antara pembaca dan membuat pengunjung berlangganan.

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication dan popularitas dari pengguna RSS ini telah menurun dari tahun ke tahun. Ini sebagian besar disebabkan oleh platform media sosial yang pada dasarnya melakukan pekerjaan yang lebih baik secara keseluruhan.

Sayangnya, WordPress tidak memiliki metode built-in yang mudah untuk mematikan fitur RSS feed ini. Untungnya, seperti kebanyakan hal di WordPress, ada plugin yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki masalah.

Atau, Anda juga dapat menggunakan kode untuk mencapai hasil yang serupa. Hari ini, saya akan menunjukkan cara menonaktifkan fitur RSS Feed di WordPress menggunakan dua metode.

Salah satu metode yaitu menggunakan plugin yang lebih mudah digunakan bagi pengguna pemula, dan metode yang kedua yaitu berbasis kode yang akan ditambahkan di file functions.php. Dan Anda dapat memilih salah satu metode mana yang Anda sukai setelah membaca artikel. Kedua metode ini akan bekerja dengan baik untuk menonaktifkan fitur RSS Feed ini.

Baca : Cara Mengatur Jumlah Artikel RSS Feed WordPress

Mengapa Menonaktifkan RSS Feed?

Meskipun RSS Feed tidak merusak situs web Anda tapi kadang cara ini digunakan oleh beberapa pengguna nakal untuk mencuri konten Anda dan disalin secara otomatis untuk di posting di blog mereka. Meskipun Anda tidak menggunakan RSS Feed ini lagi, masih ada cara yang lebih elegan yaitu membagikan kontena Anda pada pengunjung melalui platform media sosial seperti Facebook dan lainnya.

Hampir setiap situs web memiliki akun media sosial di Facebook, Twitter, atau Instagram yang memberi tahu semua pengunjung mereka bahwa mereka merilis konten baru. Ini menghilangkan kegunaan RSS feed sepenuhnya dan jika tidak ada manfaat atau kegunaan untuk fitur tersebut, mengapa masih menyimpannya?

Ingatlah bahwa jika karena alasan tertentu, Anda tidak menggunakan platform media sosial, RSS Feed masih bisa sangat berguna untuk situs web Anda. Hal ini juga berlaku jika akun media sosial Anda tidak memiliki banyak pengikut. Hanya memiliki halaman Facebook tidak akan menghasilkan apa-apa jika tidak ada pengikut yang akan membaca konten Anda.

Cara Menonaktifkan RSS Feed di WordPress

Hari ini, saya akan menunjukkan cara menonaktifkan RSS Feed di WordPress menggunakan dua metode. Cara pertama dan termudah adalah dengan menggunakan plugin Disable Feeds. Plugin ini bekerja langsung setelah aktivasi.

Metode kedua adalah menambahkan kode untuk menonaktifkan RSS Feed dengan mengirimkan kembali kesalahan kepada pengunjung. Ingatlah bahwa kedua metode ini cukup mematikan RSS Feed, tetapi tidak menghapusnya dari situs web.

Baca : Cara Mudah Menemukan RSS Feed di Website

Metode 1: Menggunakan Plugin

CATATAN: Plugin ini belum diuji dengan WordPress versi terbaru. Kami sedang dalam proses memperbarui artikel ini. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Untuk metode plugin, kita akan menggunakan plugin bernama “Disable Feeds.”

Langkah 1: Instal dan Aktifkan Plugin

Mari kita mulai dengan mengklik menu Plugins dan memilih opsi Add New di panel admin sebelah kiri.

Cari plugin di kotak pencarian dengan mengetikkan nama plugin “Disable Feeds”. Ini akan menarik plugin tambahan yang mungkin berguna bagi Anda.

Menonaktifkan RSS Feed WP 4

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan plugin Disable Feeds dan klik tombol “Install Now” dan aktifkan plugin untuk digunakan.

Klik tombol “Install Now“.

Menonaktifkan RSS Feed WP 5

Catatan: Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di sini. Plugin yang digunakan tersebut sudah usang tetapi masih berfungsi. Anda mungkin perlu langsung membuka halaman plugin untuk mengunduh dan menginstalnya seperti itu.

Jika Anda tidak ingin menyelesaikan metode pertama ini dan khawatir karena plugin tidak mendapatkan update dari pengembang, maka silahkan gunakan metode kedua di bawah ini.

Langkah 2: Akses Pengaturan di WordPress

Plugin ini berfungsi setelah aktivasi, tetapi Anda dapat mengubah pengaturan kapan saja. Di panel admin sebelah kiri, klik Settings dan pilih opsi Reading.

Menonaktifkan RSS Feed WP 6

Di bagian bawah, Anda akan melihat bagian Disable Feed. Secara default, plugin akan mengarahkan pengunjung ke konten serupa. Ini berarti bahwa jika pengunjung mengklik feed kategori, mereka akan berakhir di halaman kategori.

Ini memiliki opsi kedua yang dapat membuat kesalahan 404 halaman sebagai gantinya. Saya sarankan membiarkan opsi default aktif.

Langkah 3: Simpan Perubahan yang Anda Buat

Jika Anda memutuskan untuk mengubahnya, ingatlah untuk mengklik tombol “Save Change”.

Menonaktifkan RSS Feed WP 7

Selamat, Anda telah berhasil menonaktifkan RSS feed di WordPress. Ingatlah bahwa jika Anda mematikan ini, Anda harus memiliki cara lain untuk membagikan konten Anda dengan pengunjung, sebagai contoh yaitu membagikan ke media sosial.

Metode 2: Menggunakan Kode

Jika Anda tidak ingin menambahkan plugin lain ke situs web Anda, maka metode pengkodean adalah cara terbaik untuk Anda. Karena Anda akan mengedit file di bagian belakang situs web Anda, sebaiknya buat cadangan file functions.php tersebut jika terjadi kesalahan tinggal ganti saja.

Catatan: Pastikan Anda sudah masuk ke cPanel Anda.

Langkah 1: Temukan Opsi Manajer File

Mari kita mulai dengan masuk ke cPanel dan mengklik ikon File Manager. File Manager akan memungkinkan Anda untuk mengakses semua file yang terkait dengan situs web WordPress Anda.

RSS Feed menonaktifkan 2

Langkah 2: Temukan File functions.php

Anda perlu menemukan file functions.php di tema WordPress yang Anda gunakan. Klik pada direktori public_html, lalu klik folder wp-content.

Di dalam folder ini, Anda akan menemukan semua konten yang terkait dengan situs web Anda. Klik pada folder themes dan masukkan folder tema yang sedang Anda gunakan. Terakhir, klik kanan pada file functions.php dan pilih opsi Edit.

Menonaktifkan RSS Feed WP 3

Langkah 3: Edit File

Sebuah jendela pop-up akan muncul. Kotak ini akan memperingatkan Anda untuk membuat cadangan file Anda sebelum mengedit apa pun. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat mengembalikan situs web Anda seperti semula jika terjadi kesalahan.

RSS Feed 1

Klik pada tombol “Edit”. Tab baru akan terbuka yang berisi semua kode dari file.

function wp_disable_feeds() {
wp_die( __('No feeds available!') );
}

add_action('do_feed', 'wp_disable_feeds', 1);
add_action('do_feed_rdf', 'wp_disable_feeds', 1);
add_action('do_feed_rss', 'wp_disable_feeds', 1);
add_action('do_feed_rss2', 'wp_disable_feeds', 1);
add_action('do_feed_atom', 'wp_disable_feeds', 1);
add_action('do_feed_rss2_comments', 'wp_disable_feeds', 1);
add_action('do_feed_atom_comments', 'wp_disable_feeds', 1);

Langkah 4: Simpan Perubahan Anda

Setelah Anda memasukkan kode ke dalam file functions.php, klik tombol “Save Changes” untuk menyelesaikan.

Selamat, Anda telah berhasil menonaktifkan RSS Feed dengan kode. Jika Anda berniat untuk mengembalikan RSS Feed, cukup dengan menghapus kode ini kapan saja.

Pastikan Orang Tahu Tentang Konten Anda

Inti dari fitur RSS Feed adalah untuk mencoba dan memberi tahu pengunjung tentang konten baru Anda. Namun, platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah sepenuhnya menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan RSS Feed.

Itu adalah platform usang ketika Anda membandingkannya dengan kemampuan yang dimiliki seperti platform media sosial untuk berbagi konten baru. Platform ini memiliki miliaran pengguna yang berpotensi dapat Anda jangkau. Hanya mampu beriklan ke sebagian kecil dari persentase akan memiliki hasil yang luar biasa.

Baca : Cara Memperbaiki RSS Feed Error Pada WordPress

Kesimpulan

Karena RSS Feed merupakan fitur yang sudah usang, sebaiknya matikan. Ada beberapa cara berbeda untuk melakukan ini. Saya merekomendasikan metode plugin jika Anda sama sekali tidak terbiasa dengan pengkodean dan kesulitan mengakses file yang benar. Cara ini jauh lebih cepat dan mudah dilakukan.

Meskipun demikian, metode pengkodean bekerja dengan sempurna, dan jika pada suatu saat plugin di atas berhenti bekerja, menggunakan cara pengkodean adalah yang paling bagus.

Saya harap tutorial ini membantu Anda menonaktifkan RSS Feed di WordPress. Semoga bermanfaat 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *