Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cerita Matt Mullenweg Sang Pendiri WordPress

Bagi Anda para blogger sepantasnya berterimakasih dan mengenal seseorang yang bernama Matt Mullenweg atau yang mempunyai nama lengkap Matthew Charles Mullenweg adalah sosok penting di balik platform WordPress, dimana platform WordPress telah menguasai seperempat pasar web di dunia saat ini, begitu juga blog centerklik yang sedang Anda baca ini juga menggunakan platform terbaik saat ini yaitu WordPress dengan self hosting.

matt mullenweg pendiri wordpress

Matt Mullenweg adalah Seorang pria yang dilahirkan dan dibesarkan di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 11 Januari 1984. Seperti halnya pendiri teknologi sukses lainnya seperti Bill Gates dan Steve Jobs, ternyata Mat Mullenweg juga punya satu kesamaan dengan pendiri raksasa teknologi Microsoft dan Apple tersebut, yaitu mempunyai nasib yang sama : drop out. Matt Mullenweg drop out dari jurusan Ilmu Politik University of Houston pada tahun 2004. Setelah itu ia bekerja di CNET perusahaan situs web media teknologi yang menerbitkan artikel berita, blog, dan podcast mengenai teknologi dan elektronik konsumen , ia bekerja di CNET hingga tahun 2005 akhir dan memutuskan keluar dari CNET. Setelah keluar dari perusahaan tersebut Matt pun mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Automattic, perusahaan di balik WordPress.com, Akismet, Gravatar, VaultPress, IntenseDebate, Polldaddy, dan masih banyak lagi.

Baca : Apa itu WordPress ? Sejarah Lengkap WordPress

Saat Automattic dan WordPress sukses mendapatkan perhatian dunia, matt sering didaulat untuk menjadi pembicara di konferensi dan kegiatan seperti Northern Voice in Canada, Global WorldCamp Events, SxSW, BlogWorld Expo, Greek Blogger Camp, Tahoo TechDev Talk, Web 2.0 Submit, YCombinator’s Startup School, dan Le Web.

Seorang Matt memang mempunyai jiwa entrepreneur yang tidak pernah puas dengan satu perusahaan saja, Matt tercata juga mempunyai sebuah perusahaan kapitalis ventura bernama Audrey Capital, di mana ia memberi masukan dan investasi pada banyak perusahaan rintisan (start-up). Menurut data dari Crunch Base, matt telah membukukan 34 investasi di 31 perusahaan rintisan yang berbeda. Meskipun Automattic adalah perusahaan fokus utamanya.

Hal yang paling unik dari seorang Matt adalah sebenarnya dia tidak mempunyai latar belakang IT yang sangat kuat. Di kota kelahirannya, dulu ia tercatat sebagai siswa sekolah tinggi (setara SMA) dengan spesialisasi pertunjukan dan seni visual dan mempelajari alat musik saxofon dengan genre jazz. Dengan demikian, jika Anda menggunakan WordPress premium atau WordPress Self Hosted, Setiap WordPress melakukan update terhadap platformnya, maka Anda dapat melihat nama tiap versi pembaruan WordPress menggunakan kode nama musikus jazz. Seperti, Miles Davis merupakan kode nama untuk WordPress 1.0 dan Billie Holiday kode nama untuk WordPress 4.3– Miles Davis dan Billie Holiday adalah musikus jazz, dan yang terbaru ini WordPress baru saja merilis versi 4.4 yang di beri nama Clifford, nama Clifford adalah untuk menghormati seorang musikus terompet beraliran jazz.

Matt pernah berkata : “Musik membantuku ketika aku sedang berkutat dengan coding … Aku mendengarkan satu lagu berulang-ulang, hingga seratus kali”.

Matt selain seorang pebisnis sukses dibidang teknologi dia juga seorang seniman sejati, dan dalam waktu luangnya, Matt juga ternyata sangat menggemari hobi fotografi.

Beralih ke data kekayaan seorang Matt, dengan keahlian dalam berbisnis seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tentu saja Matt memiliki banyak kekayaan berlimpah, dari data The Richest, diketahui bahwa kekayaan bersih Matt Mullewenweg bernilai sekitar US$40 juta. Sementara WordPress sendiri, berdasarkan data Forbes, bernilai US$1,16 miliar.

Bicara soal karier, tentu saja karier Matt terbilang sangat cemerlang. Sudah banyak penghargaan bergengsi sudah di raihnya, antara lain PC World’s Top 50 People on the Web, Inc.com’s 30 under 30, and Business Week’s 25 Most Influential People on the Web.

Berikut adalah beberapa kisah menarik dari seorang pendiri WordPress, saya berharap dengan cerita diatas Anda menjadi mencintai WordPress dalam penggunaan sebagai platform web baik untuk bisnis maupun blog pribadi. Semoga menginspirasi 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • di menu atas, start blogging ada cara install lengkap. silahkan di coba

Must Read...!
Theme WordPress Oria Responsive Free

Oria adalah Theme Wordpress Responsive gratis yang dikhususkan untuk situs blogging, dengan desain tema...

10 Alasan Situs Anda Perlu Untuk Lakukan Optimasi SEO

Sejak internet mulai berkembang banyak sekali bisnis online bermunculan dengan berbagai jenis bisnis, dan...

Close