vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Mengganti Gravatar Bawaan di WordPress

WordPress memiliki Avatar atau gambar kecil sebagai icon profil pengguna WordPress, dan avatar ini di WordPress disebut sebagai Gravatar yang dikembangkan oleh automatic. Gravatar ini akan Anda dapatkan saat Anda menggunakan WordPress, namun gambar icon gravatar yang akan ditampilkan untuk Anda adalah gambar default atau bawaan.

Jika Anda ingin mengubah default Gravatar di situs WordPress Anda, maka disini saya akan menunjukkan cara untuk mengubah gravatar default dalam WordPress dan menggantinya dengan standar kustom gambar gravatar milik Anda sendiri. Dengan menambahkan gambar milik Anda sendiri untuk gambar gravatar, Anda akan membuat bagian komentar Anda lebih bernilai dan bermerek.

Baca : Cara Nonaktifkan Gravatars di WordPress

Mengapa Perlu Mengubah Gravatar Default?

Gravatar adalah layanan web yang dibuat dan dijalankan oleh perusahaan Automattic sang pendiri WordPress yang didirikan oleh Matt Mullenweg. Gravatar ini memungkinkan pengguna WordPress untuk membuat profil dan gambar avatar asosiasi ke alamat email mereka.

Gambar avatar ini kemudian ditampilkan pada semua blog WordPress di mana pengguna meninggalkan komentar atau menulis posting blog. Semua situs yang dibangun dengan WordPress secara otomatis sudah mendukung untuk Gravatars dan secara otomatis avatar pengguna ditampilkan ketika mereka menulis posting atau meninggalkan komentar.

Namun, jika pengguna tidak memiliki gambar gravatar, maka WordPress akan secara otomatis menampilkan gambar gravatar default. Pilihan gambar default gravatar WordPress ini sering disebut dengan nama “Mystery Man”, dan terlihat seperti gambar dibawah ini:

default mystery man

Jika Anda tidak ingin menggunakan icon “Mystery Man” sebagai gambar default, maka Anda dapat menggantinya dengan gambar logo milik Anda atau foto Anda sendiri.

Dan sekarang mari kita lihat bagaimana cara mengganti default gambar gravatar di situs WordPress Anda, sehingga Anda dapat menggunakan default kustom gambar gravatar.

Mengganti Gambar Gravatar default di WordPress

Langkah pertama adalah Anda perlu masuk ke area admin situs WordPress Anda dan masuk pada menu Settings »Discussion dan scroll mouse Anda ke bawah dan temukan bagian Avatar. Dibagian Avatars inilah di mana Anda dapat mengkonfigurasi dan mengubah pengaturan gravatar di situs WordPress Anda.

gravatar settings

Anda akan melihat bahwa ada beberapa pilihan yang tersedia di bawah pilihan default avatar. avatar ini digunakan ketika pengguna tidak memiliki gravatar yang terkait dengan alamat email mereka.

Silahkan alihkan pilihan dari “Mystery Person” gambar default dan ganti pada pilihan “Blank” atau “Gravatar logo”.

Selain itu juga ada beberapa pilihan lain yang disediakan oleh WordPress. Gambar ini secara otomatis ditampilkan dalam desain yang berbeda. Gambar-gambar unik ini dihasilkan secara matematis dari menggunakan nama atau alamat email komentar penulis.

Setelah Anda melakukan perubahan gambar default gravatar seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jangan lupa untuk mengklik tombol “Save Changes”.

Menggunakan Gambar Custom Standar Gravatar di WordPress

WordPress juga memungkinkan Anda untuk menggunakan standar gambar gravatar Anda sendiri. Berikut adalah bagaimana Anda dapat dengan mudah menambahkan bawaan kustom gambar gravatar Anda sendiri di WordPress.

Pertama, Anda perlu untuk menyiapkan gambar yang ingin Anda gunakan sebagai gravatar default. Gambar yang akan Anda gunakan harus berbentuk persegi, misal seperti ukuran 250 × 250 piksel.

Selanjutnya, Anda harus meng-upload gambar ini ke situs WordPress Anda dengan masuk ke Media »Add New dan upload gambar yang baru saja Anda buat tadi.

upload edit gambar

Setelah gambar Anda upload, silahkan klik pada link “Edit” yang berada di samping gambar.

Dan WordPress sekarang akan membuka gambar Anda untuk mengedit. Anda hanya perlu menyalin URL file dari gambar tersebut dan paste URL di editor teks biasa seperti Notepad.

copy file url gambar

Sekarang Anda perlu menambahkan beberapa kode untuk situs WordPress Anda. Silahkan tambahkan kode berikut ke file functions.php pada tema WordPress yang sedang Anda gunakan.

add_filter( 'avatar_defaults', 'wpb_new_gravatar' );
function wpb_new_gravatar ($avatar_defaults) {
$myavatar = 'http://example.com/wp-content/uploads/2017/01/default-gravatar.png';
$avatar_defaults[$myavatar] = "Default Gravatar";
return $avatar_defaults;
}

Jangan lupa untuk mengganti URL di baris $myavatar dengan URL yang sudah Anda simpan di notepad tadi.

Selanjutnya, silahkan Anda dapat masuk kembali ke menu Settings »Discussion dan Anda akan melihat avatar standar kustom Anda ditambahkan ke pilihan avatar default.

custom default gravatar

Dan silahakan pilih avatar gambar default kustom Anda tersebut, kemudian klik pada tombol “Save Changes”.

WordPress sekarang akan menggunakan gambar milik Anda untuk pengguna yang tidak memiliki gravatar mereka yang terkait dengan alamat email mereka.

custom avatar

Saya berharap artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu Anda dalam mengganti gravatar default pada WordPress. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

How to whitelist website on AdBlocker?
Must Read...!
Theme WordPress VW Restaurant Lite Responsive Free

VW Restaurant Lite adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang sangat ideal untuk restoran dan...

Windscribe VPN – Layanan VPN Gratis Berkualitas dan Aman

Pada artikel kali ini saya akan mengulas lagi sebuah layanan VPN (Virtual Private Network)...

Close