Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Tepat Menggunakan Heading Tags SEO H1 – H6

Seperti yang kita ketahui dalam format penulisan di website atau blog terdapat heading tag (H1 sampai H6), heading tags ini penting digunakan dalam setiap dokumen web untuk struktur konten. Dengan menggunakan Heading Tags, kita dapat membedakan isi dari konten halaman sebagai penanda sebuah judul, sub judul maupun poin penting dari artikel.

heading tags seo

Heading tags harus Anda gunakan dalam konten karena ini mempunyai pengaruh terhadap SEO, jadi Anda jangan hanya menggunakan teks yang hanya di Bold. Memang pada dasarnya heading tags tidak mempunyai nilai yang besar untuk SEO tapi heading tags digunakan oleh Google untuk memahami topik utama dari isi postingan. Itu berarti Google memindai postingan Anda juga.

Baca : Tips dan Trik optimasi SEO WordPress

Apa itu Heading Tags (H1-H6) ?

Heading Tag didefinisikan dengan baik oleh W3Schools bahwa:

Tags <H1> sampai <h6> digunakan untuk mendefinisikan Postingan pada dokumen web.

“Menurut W3Schools – tag <h1> </ h1> digunakan untuk judul pertama yang mempunyai nilai paling penting untuk setiap dokumen web dan tag <h6> </ h6> digunakan untuk judul yang paling tidak penting atau memegang nilai yang sangat kurang dalam dokumen web dibandingkan dengan tag heading lain. “

Berikut beberapa Heading Tags:

  • <H1> beberapa teks di sini </ h1>
  • <H2> beberapa teks di sini </ h2>
  • <H3> beberapa teks di sini </ h3>
  • <H4> beberapa teks di sini </ h4>
  • <H5> beberapa teks di sini </ h5>
  • <H6> beberapa teks di sini </ h6>

Tag H1 harus digunakan untuk judul utama dan jika ada judul lain maka diikuti dengan tag H2, H3 dan seterusnya. Tag H1 biasanya mempunyai ukuran font paling besar daripada ukuran font yang dimiliki tag H2, H3 dan lainnya dan tag H6 mempunyai ukuran font yang terkecil.

Heading Tags datang dengan berbagai atribut untuk membuat website Anda lebih user-friendly tapi Search Engine menggunakan tag  ini semata-mata untuk mendefinisikan indeks struktur dan isi dari dokumen web termasuk postingan blog Anda. Dengan kata lain, Anda dapat mengatakan bahwa heading Tag digunakan untuk menunjukkan struktur dari dokumen web Anda.

Cara menggunakan Heading Tags untuk SEO?

Terlepas dari titik web desain pandang, ada beberapa hal yang harus Anda tahu tentang Heading Tag.

Tujuan menggunakan Heading Tags

Tujuan utama dari menggunakan Heading Tags adalah untuk mengkategorikan konten Anda dengan judul yang berbeda sehingga konten Anda menjadi lebih user-friendly dan orang-orang akan mendapatkan gagasan utama dari konten disitus web Anda lebih mudah dengan hanya membaca Sub-judul.

Sekarang kita tahu bahwa tag H1 adalah tag yang paling penting sehingga setiap kali Anda akan menggunakan tag H1 untuk halaman Web Anda, gunakan tag H1 ini pada judul utama dan buat judul utama ini dengan cara yang menggambarkan segala sesuatu tentang isi dari konten web Anda.

Hierarchy

Hierarchy atau Hirarki pada halaman web Anda harus seperti  berikut : tag <h1> digunakan pada judul utama yang diikuti oleh <h2>, <h2> diikuti oleh <h3>, <h3> diikuti oleh <h4>, <h4> diikuti oleh <h5> dan <h5 > diikuti oleh <h6>. Untuk SEO yang lebih baik dari halaman web Anda, Anda harus mengikuti hirarki dengan cara ini.

Heading Tags dan Kata Kunci

Kata kunci adalah yang paling penting yang selalu menjadi prioritas bagi setiap ahli SEO. Dalam hal ini, pertama kita melakukan penelitian kata kunci yang terbaik sesuai dengan halaman web dan kemudian mengelompokkan kata kunci tersebut ke dalam kata kunci fokus, kata kunci utama, kata kunci sekunder dan kata kunci tersier. Fokus Keyword selalu menjadi nomor satu untuk halaman web. Jadi masukkan fokus keyword ini pada Judul, tag Meta, dan tag h1 dari halaman web.

Frekuensi Menggunakan Heading Tag terutama tag h1

Sangat disarankan bagi siapa saja untuk menggunakan tag h1 per halaman web karena tag h1 harus seperti judul pada surat kabar dan konten lainnya harus terstruktur dengan subpos dengan mengikuti hirarki dari pos tag. Menggunakan subpos tergantung pada cara konten Anda terstruktur.

Aturan H1 Tag Dalam HTML5 Terbaru

Dalam versi sebelumnya dari HTML, hanya satu tag H1 yang diperbolehkan untuk desainer untuk digunakan per dokumen web dan  yang di lakukan oleh kebanyakan orang pada waktu itu adalah hanya menggunakan tag H1 untuk membungkus logo web dan memulai judul utama halaman web dengan tag H2. Tapi dengan bantuan versi update dari Html yaitu HTML5, kita dapat memiliki beberapa tag h1 pada halaman web sesuai dengan persyaratan dari halaman desain web seperti yang sudah saya sebutkan di point hirarki diatas.

Baca : 10 Tips Agar Konten Blog Anda di Baca Pengunjung

Diatas adalah panduan menggunakan Tags Heading yang tepat untuk struktur konten halaman Web Anda. Heading tag sangat penting dan harus tepat peletakkannya pada halaman untuk SEO posting blog Anda. Satu kesalahan yang umum di dilakukan oleh pemula blogger adalah penggunaan berlebihan H2 atau H3 tag & juga kadang hanya menggunakan tag H3 dan melewatkan tag H2 tag pada struktur kontennya. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Travel Eye Responsive Free

Travel Eye adalah Theme Wordpress Responsive Gratis dengan desain bersih dan profesional. Tema ini...

6 Plugins Terbaik Captcha Anti Spam WordPress

Tutorial Wordpress Kali ini Membahas Beberapa Plugins Anti Spam (Captcha) untuk website wordpress. Mungkin...

Close