Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mencari dan Mengganti Teks Secara Masal di WordPress

Saat Anda mempunyai blog dengan postingan yang sudah banyak tapi Anda ingin mengganti beberapa kata di situs WordPress Anda, baik itu di postingan atau halaman akan sangat terasa berat jika dilakukan dengan manual atau mengedit satu-persatu. Memang terdapat cara untuk melakukan pencarian dan mengganti teks melalui database dengan menulis beberapa kode SQL atau menggunakan phpMyAdmin. Tapi cara tersebut tentu akan membuat kesulitan dan ketakutan bagi para pemula yang tidak terbiasa dengan kode, jadi itu sebabnya saya akan memberikan tutorial cara yang lebih mudah untuk menemukan pencarian dan mengganti teks dengan plugin WordPress. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara cepat untuk melakukan search and replace di WordPress.

Baca : Merubah URL Link Konten WordPress Dengan Cepat

Search and Replace WordPress

Pertama-tama untuk menghindari kesalahan lebih baik dan disarankan untuk membuat backup database WordPress sebelum melakukan perubahan ke database WordPress Anda. Karena hal tersebut dapat membantu Anda memulihkan situs jika terjadi kesalahan yang kita tidak prediksikan sebelumnya.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Better Search Replace. Setelah aktivasi, Anda perlu masuk ke menu pengaturan plugin tersebut di menu Tools » Better Search Replace. Nanti Anda akan melihat halaman pengaturan tersebut seperti gambar dibawah ini.

search and replace wordpress

Cukup ketikkan teks di kolom search for yang ingin Anda cari dan kemudian ketikkan teks di kolom Replace With sebagai pengganti. Dalam contoh gambar diatas saya ingin mencari dan mengganti dua kata di postingan dengan mengetikkan “Tutorial WordPress” dan akan saya ganti dengan “Belajar WordPress“.

Setelah itu Anda harus memilih tabel yang ingin Anda cari dan ganti, karena saya ingin mengganti di postingan  saya memilih wp_post, seperti yang bisa Anda lihat di gambar tersebut.

Plugin tersebut juga dapat menjalankan pencarian dan mengganti untuk case sensitif. Selain itu plugin dengan plugin ini Anda dapat melihat berapa banyak sel yang dipengaruhi oleh pencarian Anda tanpa benar-benar mengganti teks.

Bila Anda sudah selesai dalam melakukan pencarian, klik tombol Run Searh/Replace untuk mengganti teks yang Anda inginkan.

Saat Anda melakukan penggantian teks di database dengan cara diatas, biasanya situs Anda akan terlihat hanya layar putih atau mengalami timeout saat melakukan search and replace. Untuk mengatasinya Cukup klik pada tab Settings di pengaturan plugin tersebut. Anda akan melihat opsi ukuran halaman maksimum. Silahkan kurangi ukuran halaman untuk menghindari timeout dan layar putih.

search and replace settings

Dan setelah semuanya berhasil Anda lakukan, sekarang lihat beberapa artikel Anda dan lihat hasilnya, maka semua yang ingin Anda ganti sekarang sudah sesuai dengan keinginan Anda. Saya berharap artikel ini membantu Anda menemukan search and replace di database WordPress dengan mudah tanpa kode. Jika Anda sudah selesai melakukan penggantian teks, Anda bisa meng-uninstall plugin tersebut. Semoga bermanfaat. 🙂

Baca : Memperbaiki Link Gambar Setelah Migrasi WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress BootFrame Core Responsive Free

BootFrame Core adalah Theme Wordpress Responsive Gratis, sebuah tema WordPress rapi dan modern, dengan...

Cara Mengatur Jumlah Artikel RSS Feed WordPress

Sebelum saya membahas ke topik inti dari artikel ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan...

Close