Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Daftar Isi di Postingan dan Page WordPress

Jika Anda pernah mengunjungi sebuah situs dengan artikel panjang dan terdapat daftar isi dalam artikel tersebut pada bagian awal artikel tentu akan sangat memudahkan bagi Anda dalam menavigasi saat membaca artikel tersebut ke bagian yang ingin Anda baca. Selain memudahkan navigasi juga dengan menambahkan daftar isi pada artikel akan membantu meningkatkan SEO situs Anda, karena Google secara otomatis menambahkan link tersebut pada hasil pencarian.

daftar isi wordpress

Pada artikel sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial membuat daftar isi pada postingan manual yaitu dengan menuliskan HTML kustom, namun tutorial tersebut akan terasa sulit bagi banyak pemula WordPress yang tidak paham dengan baik mengenai HTML, plugin ini juga dapat menjadikan daftar isi dari sitemap daftar halaman dan atau kategori di seluruh situs Anda.. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk membuat daftar isi di posting dan halaman WordPress tanpa menulis HTML atau CSS.

Baca : Membuat Daftar isi Blog dengan PS Auto sitemap

Membuat Daftar Isi di Post dan Page WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan Plugin Table Of Content Plus. Setelah plugin di aktifkan, Anda perlu mengkonfigurasi pengaturan plugin. Cukup klik pada Settings »TOC+ di admin WordPress Anda.

table of content wordpress

Pada menu tab Main Options, Anda dapat memilih di mana dan kapan Anda ingin daftar isi Anda di munculkan. Posisi default adalah ‘sebelum heading pertama’. Ini berarti bahwa daftar isi akan ditampilkan sebelum tag heading pertama dalam posting atau halaman. Anda dapat mengubahnya ke atas, bawah, atau setelah heading pertama.

Pengaturan berikutnya adalah untuk mengatur kapan Anda ingin daftar isi dimunculkan. Secara default, plugin akan menampilkan daftar isi jika posting atau halaman memiliki lebih dari 4 tag heading. Anda dapat mengubah nilai angka yang lebih rendah atau lebih tinggi untuk berapa jumlah tag heading.

Plugin akan menampilkan Daftar Isi hanya pada halaman secara default. Namun jika Anda ingin mengaktifkan generasi otomatis daftar isi dari posting Anda juga, maka semua yang perlu Anda lakukan adalah mencentang kotak di samping Posting di bawah pilihan ‘Auto insert for the following content types’. Lihat artikel tentang Apa perbedaan antara Post dan Page dalam WordPress.

style daftar isi wordpress

Plugin Table Of Content hadir dengan beberapa default skin. Anda dapat memilih tampilan di bawah opsi Presetation. Ada juga dapat membuat style kustom Anda sendiri untuk Kotak Daftar Isi. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, klik tombol Save Options untuk menyimpan pengaturan Anda.

Cara Kerja Table Of Contents?

Plugin table of contets plus akan secara otomatis akan menghasilkan daftar isi dari artikel jika cocok dengan kriteria dalam pengaturan yang sudah Anda buat. Secara default akan menghasilkan TOC (Dafta Isi) jika halaman atau posting memiliki setidaknya empat tag pos. Heading Tag ini bisa berupa h1 h2 h3 h4 dll.

Jika Anda tidak ingin plugin untuk menghasilkan daftar isi dari sebuah artikel, maka Anda dapat menambahkan shortcode berikut untuk menonaktifkan daftar isi.

[No_toc]

Ingat, jika Anda merasa bahwa Anda secara konsisten menambahkan shortcode ini dalam posting Anda, maka mungkin layak untuk mengubah pengaturan plugin dan / atau menonaktifkan opsi auto-insertion. Alasan mengapa lebih baik menonaktifkan opsi tersebut dikarenakan menggunakan shortcode terlalu banyak pada posting bisa menimbulkan masalah.

Jika Anda menonaktifkan auto-insertion, maka Anda dapat menggunakan shortcode berikut untuk menyisipkan Daftar isi di posting atau halaman:

[Toc]

Jika mau, Anda juga dapat menampilkan Daftar isi dalam widget sidebar Anda. Silahkan masuk ke Appearance »Widgets lalu drag and drop TOC+ widget ke bagian area sidebar. Anda dapat mencentang ‘Show the table of contents only in the sidebar‘ untuk menampilkan daftar isi hanya dalam widget dan tidak ditampilkan dalam posting atau halaman. Silahkan lihat demo real nya disini.

Baca : Membuat Link Eksternal Otomatis Nofollow Di WordPress

Diatas adalah cara mudah membuat daftar isi dalam artikel di postingan atau halaman situs WordPress anda, silahkan dicoba dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Kahar Kher

    abang, aku masih tidak tahu mmengikuti cara membuat daftar isi

Must Read...!
Theme WordPress Caos Responsive Free

Caos adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang digunakan untuk tujuan blogging yang luar biasa...

8 Alasan Mengapa Bisnis Toko Online Anda Gagal

Ingin memulai sebuah jual beli online atau bisnis e-commerce bisa menjadi solusi bisnis yang...

Close